Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan mysqli dengan mysql beserta contohnya

MySQLi dan MySQL adalah dua teknologi yang digunakan untuk mengakses dan mengelola database MySQL. Namun, meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk mengakses database MySQL, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara kedua teknologi tersebut.

Perbedaan mysqli dengan mysql - sumber: Niagahoster.co.id

  • MySQLi adalah versi baru dari MySQL yang dikembangkan untuk PHP 5.x, sedangkan MySQL adalah versi lama yang dikembangkan untuk PHP 4.x.
  • MySQLi menyediakan dukungan untuk prepared statement dan binding parameter, yang memungkinkan Anda untuk mengeksekusi perintah SQL dengan lebih aman dan efisien. Sedangkan MySQL tidak memiliki dukungan untuk prepared statement dan binding parameter.
  • MySQLi menyediakan dukungan untuk multiple statement, yang memungkinkan Anda untuk mengeksekusi beberapa perintah SQL dalam satu kali koneksi. Sedangkan MySQL tidak memiliki dukungan untuk multiple statement.
  • MySQLi menyediakan dukungan untuk object-oriented programming, yang memungkinkan Anda untuk menulis kode yang lebih terstruktur dan mudah dibaca. Sedangkan MySQL hanya menyediakan dukungan untuk procedural programming.

Contoh:

MySQL:

<?php $conn = mysql_connect("hostname","username","password"); mysql_select_db("database_name",$conn); $result = mysql_query("SELECT * FROM table_name",$conn); while($row = mysql_fetch_array($result)) { echo $row['column_name']; } mysql_close($conn); ?>

MySQLi:

<?php $conn = new mysqli("hostname","username","password","database_name"); $result = $conn->query("SELECT * FROM table_name"); while($row = $result->fetch_array()) { echo $row['column_name']; } $conn->close(); ?>

Perlu diingat bahwa MySQL telah di deprecate dari PHP7.0 dan tidak direkomendasikan untuk digunakan lagi. Sebaiknya digunakan MySQLi atau PDO (PHP Data Objects) untuk koneksi dan pengelolaan database MySQL.