Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan helio dan snapdragon

Helio dan Snapdragon adalah dua jenis prosesor yang digunakan pada ponsel pintar.

Perbedaan helio dan snapdragon
Perbedaan helio dan snapdragon

Helio adalah prosesor yang diproduksi oleh MediaTek, perusahaan yang berbasis di Taiwan. Prosesor Helio dikenal dengan kinerja yang baik dalam hal efisiensi daya dan kualitas gambar. Beberapa varian Helio yang populer digunakan pada ponsel pintar adalah Helio G90T dan Helio P90.

Snapdragon adalah prosesor yang diproduksi oleh Qualcomm, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Prosesor Snapdragon dikenal dengan kinerja yang baik dalam hal kinerja komputasi dan konektivitas. Beberapa varian Snapdragon yang populer digunakan pada ponsel pintar adalah Snapdragon 865 dan Snapdragon 765G.

Secara umum, Helio lebih cocok digunakan pada ponsel dengan harga yang lebih terjangkau, sementara Snapdragon lebih cocok digunakan pada ponsel flagship dengan harga yang lebih tinggi. Namun, ini tidak berarti bahwa prosesor Helio tidak dapat digunakan pada ponsel flagship, begitu juga sebaliknya.

Beberapa contoh ponsel yang menggunakan prosesor Helio di antaranya:

  • Redmi Note 9 Pro yang menggunakan MediaTek Helio G90T
  • Realme Narzo 30 Pro yang menggunakan MediaTek Helio G95
  • Oppo A53 yang menggunakan MediaTek Helio P35

Beberapa contoh ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon di antaranya:

  • Samsung Galaxy S21 yang menggunakan Snapdragon 888
  • OnePlus 8T yang menggunakan Snapdragon 865 Plus
  • Vivo X60 Pro yang menggunakan Snapdragon 870

Perlu diingat bahwa ini hanyalah beberapa contoh saja dan tidak mencakup semua ponsel yang menggunakan prosesor Helio atau Snapdragon. Selain dari prosesor, masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja dan harga dari sebuah ponsel seperti RAM, kamera, baterai dan lainnya.