Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan amd catalyst dan crimson

AMD Catalyst dan AMD Crimson adalah dua driver grafis yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja kartu grafis AMD. Namun, meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk kartu grafis AMD, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara kedua driver tersebut.

Perbedaan amd catalyst dan crimson
Perbedaan amd catalyst dan crimson - sumber gambar jagatreview.com

  • AMD Catalyst adalah driver yang digunakan untuk kartu grafis AMD sebelum tahun 2015, sedangkan AMD Crimson adalah driver yang digunakan untuk kartu grafis AMD setelah tahun 2015.
  • AMD Catalyst lebih fokus pada kompatibilitas dan stabilitas, sedangkan AMD Crimson lebih fokus pada fitur dan kinerja.
  • AMD Catalyst menyediakan dukungan untuk perangkat lama seperti DirectX 9 dan OpenGL 2.1, sedangkan AMD Crimson menyediakan dukungan untuk perangkat baru seperti DirectX 12 dan OpenGL 4.5.
  • AMD Catalyst memiliki user interface yang lebih sederhana dan mudah digunakan, sedangkan AMD Crimson memiliki user interface yang lebih modern dan menyediakan lebih banyak pengaturan yang dapat diubah.
  • AMD Catalyst hanya menyediakan dukungan untuk sistem operasi Windows, sedangkan AMD Crimson menyediakan dukungan untuk sistem operasi Windows dan Linux.

Contoh:

Jika Anda menggunakan kartu grafis AMD Radeon HD 5000 Series, Anda akan menggunakan AMD Catalyst Driver. Namun jika Anda menggunakan kartu grafis AMD Radeon RX 400 Series atau yang lebih baru, Anda akan menggunakan AMD Crimson Driver.

Setiap driver akan memberikan kinerja yang berbeda pada setiap perangkat, jadi penting untuk selalu menjaga driver grafis Anda diperbarui agar mendapatkan kinerja terbaik dari kartu grafis Anda. Anda dapat mengunduh driver terbaru dari situs web resmi AMD.