Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Layoutinflater

LayoutInflater adalah komponen utama dari sistem layout Android. Merupakan sebuah kelas yang digunakan untuk memuat layout dari XML dan mengubahnya menjadi objek dalam Java. Ini berguna ketika Anda ingin membuat atau memodifikasi layout yang ada.

Layoutinflater
Layoutinflater

LayoutInflater menggunakan sebuah metode bernama "inflate" untuk mengubah layout XML menjadi objek dalam Java. Metode ini menerima parameter berupa layout XML, context, dan boolean yang dapat digunakan untuk menentukan apakah layout harus di-attach ke parent atau tidak.

LayoutInflater dapat digunakan untuk membuat layout yang berbeda dari layout XML. Misalnya, Anda dapat menambahkan View atau widget ke layout tanpa harus memodifikasi layout XML. Anda juga dapat menggunakan metode "inflate" untuk mengubah layout yang sudah ada menjadi objek yang berbeda.

Biasanya, LayoutInflater digunakan dalam aktivitas atau fragment untuk memuat layout yang dipilih. Hal ini dilakukan dengan memanggil metode "inflate" dengan parameter layout XML, context, dan boolean yang menentukan apakah layout harus di-attach ke parent atau tidak.

LayoutInflater memiliki beberapa metode lain yang dapat digunakan untuk memuat layout. Metode-metode ini berguna ketika Anda ingin menggunakan layout yang sudah ada dan hanya mengubahnya sedikit. Metode-metode ini juga berguna ketika Anda ingin menggunakan sistem layout yang lebih canggih, seperti RelativeLayout atau LinearLayout.

LayoutInflater memiliki beberapa metode lain yang dapat digunakan untuk memuat layout. Metode-metode ini berguna ketika Anda ingin menggunakan layout yang sudah ada dan hanya mengubahnya sedikit. Metode-metode ini juga dapat digunakan untuk membuat layout yang lebih canggih, seperti RelativeLayout