Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Cara Kerja DHCP

Pada artikel kali ini saya akan menguras sedikit mengenai Pengertian Dan Cara Kerja DHCP. Dibawah ini saya sudah menulis sedikit artikel tentang DHCP. Oke kalau begitu sobat langsung saja.

Pengertian Dan Cara Kerja DHCP
Pengertian Dan Cara Kerja DHCP

Pengertian Dan Cara Kerja DHCP

DHCP Adalah protokol komunikasi yang dinamis berfungsi memberikan alamat IP yang unik untuk setiap perangkat pada jaringan. Ketika sebuah perangkat jaringan bergabung atau meninggalkan jaringan yang berbasis IP, maka DHCP secara otomatis akan diperbarui atau merilis alamat IP baru.

DHCP berjalan dalam mode client/server, dimana server yang membuat sebuah pool alamat IP yang tersedia untuk jaringan. Sebuah server DHCP juga menyediakan gateway jaringan, subnet mask, nama alamat server dan jumlah waktu berlakunya sebuah alamat IP yang diberikan. Untuk dapat bergabung dengan jaringan, maka sebuah klien harus menggunakan parameter yang sudah ditentukan oleh DHCP.

DHCP memungkinkan administrator jaringan mendominasi dan mengotomatisasi tugas pengalamatan IP secara terpusat tanpa harus khawatir terjadinya duplikat alamat IP, sehingga mengelola administrasi jaringan menjadi lebih mudah.

Istilah-istilah yang berkaitan dengan DHCP:

  • IP Address/Protokol: Alamat yang digunakan untuk anggota jaringan, yang meliputi LAN Card, Access point, dan Website.
  • Scope: jangkauan IP Address yang akan dibagikan kepada anggota jaringan, nilai scope harus memiliki Network Identifications (NID) yang sama dengan IP Server/gateway dan Host Identifications (HID) beda dengan gateway.
  • Gateway: IP Address/anggota jaringan yang bertugas membagi IP Address, terkadang IP gateway menjadi IP server
  • Exclussion: istilah ini hanya muncul pada Sistem Operasi Server, yaitu jangkauan IP address dalam scope yant tidak akan didistribusikan karena akan digunakan untuk keperluan khusus.

Cara Kerja DHCP

Karena DHCP merupakan sebuah protokol yang menggunakan arsitektur client/server, maka dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat, yakni DHCP Server dan DHCP Client.

  • DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat “menyewakan” alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
  • DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar sistem operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 2000 Professional, Windows XP, Windows Vista, atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.

Kelebihan DHCP :

  1. Memudahkan dalam transfer data kepada PC client lain atau PC server.
    DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis dan konfigurasi lain. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks.
  2. DHCP memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang reusable, artinya alamat IP tersebut bisa dipakai oleh client yang lain jika client tersebut tidak sedang menggunakannya (off).
  3. DHCP memungkinkan suatu client menggunakan satu alamat IP untuk jangka waktu tertentu dari server.
  4. DHCP akan memberikan satu alamat IP dan parameter-parameter kofigurasi lainnya kepada client.

Kelemahan DHCP :

kelemahan DHCP ini diantaranya terhubungnya komputer yang tidak diinginkan masuk pada jaringan komputer. Sehingga komputer atau laptop yang tidak diinginkan tersebut dapat mengakses sumber daya yang ada pada jaringan. Untuk menghindari hal tersebut, setiap Client komputer yang ingin terhubung ke jaringan harus diidentifikasi ke absahannya. dengan menerapkan MAC address yang dimiliki oleh setiap NIC, dapat diketahui keabsahan komputer tersebut. sehingga jika ada MAC address yang tidak tidak terdaftar di komputer DHCP server, maka komputer tersebut tidak dapat mengakses jaringan.

Sekian dari saya yang mengenai tentang Pengertian Dan Cara Kerja DHCP semoga bermanfaat bagi sahabat semua 

Post a Comment for "Pengertian Dan Cara Kerja DHCP"