Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merk dan Harga Kabel VGA Terbaik

Kabel VGA (Video Graphics Array) adalah sebuah kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat video seperti komputer, laptop, atau konsol permainan ke monitor atau proyektor. Kabel ini mengirimkan sinyal video analog dari perangkat sumber ke perangkat yang menerima sinyal.

Merk dan Harga Kabel VGA Terbaik
Merk dan Harga Kabel VGA Terbaik

Kabel VGA terdiri dari 15 pin yang digunakan untuk mengirimkan sinyal video, serta ground. Dari 15 pin tersebut, 6 pin digunakan untuk sinyal warna (red, green, blue), 5 pin digunakan untuk sinyal synchronize (horizontal dan vertical), serta 3 pin lainnya digunakan untuk ground.

Kabel VGA dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat yang menggunakan resolusi tinggi seperti 1080p atau 4K, namun kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih baik jika menggunakan kabel HDMI atau DisplayPort yang mampu mengirimkan sinyal digital.

Meskipun kabel VGA sudah jarang digunakan, karena kebanyakan perangkat baru sudah menggunakan konektor HDMI atau DisplayPort, kabel VGA masih digunakan di beberapa perangkat lama atau perangkat yang tidak memiliki konektor lain selain VGA.

Kabel VGA dapat dibeli di toko elektronik atau online dengan harga yang cukup terjangkau. Panjang kabel yang tersedia bervariasi mulai dari 1 meter hingga 10 meter. Kabel VGA juga dapat digunakan dengan menambahkan adaptor VGA ke HDMI atau DisplayPort untuk menghubungkan perangkat yang tidak memiliki konektor VGA ke monitor atau proyektor yang memiliki konektor tersebut.

Secara keseluruhan, kabel VGA adalah kabel yang sangat penting bagi para pengguna perangkat video untuk menghubungkan perangkat sumber dengan perangkat yang menerima sinyal video. Meskipun kualitas gambar yang dihasilkan tidak sebaik yang dihasilkan dari kabel HDMI atau DisplayPort, kabel VGA masih digunakan di beberapa perangkat lama atau perangkat yang tidak memiliki konektor lain.

Merk Kabel VGA Terbaik

Beberapa merek kabel VGA yang dikenal sebagai kualitas terbaik dan harganya adalah sebagai berikut:

  • Belkin - mulai dari $10 hingga $20
  • AmazonBasics - mulai dari $8 hingga $15
  • Monoprice - mulai dari $6 hingga $20
  • Insignia - mulai dari $8 hingga $15
  • Tripp Lite - mulai dari $10 hingga $25
  • C2G - mulai dari $10 hingga $25
  • StarTech - mulai dari $10 hingga $30
  • Philips - mulai dari $10 hingga $20
  • Hosa - mulai dari $8 hingga $15
  • Cable Matters - mulai dari $8 hingga $20

Itu hanyalah beberapa contoh, masih ada banyak merek lain yang mungkin juga berkualitas baik. Namun, selalu disarankan untuk melakukan pengecekan ulasan dan ulasan pelanggan sebelum membeli, serta membandingkan harga dari beberapa toko online dan toko offline.

Harga yang tercantum di atas adalah harga rata-rata yang dapat berubah-ubah tergantung pada tempat dan waktu pembelian.