Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa itu Framework Javascript

Hallo semuanya apa kabar? Semoga kalian sehat-sehat ya. Disini saya akan memberikan infromasi tentang Framework Javascript Yang Harus Kamu Pelajari, Sebelum masuk ke pembahasan kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu framework dan Javascript terlebih dahulu?

Mengenal Apa itu Framework Javascript
Mengenal Apa itu Framework Javascript

A. Pengertian Framework

Web framework (WF) atau Web application framework (WAF) adalah sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang membantu membuat dalam pengembangan situs web secara mudah dan cepat. Di dalamnya tersedia fungsi-fungsi siap pakai untuk mengelola akses ke pangkalan data, pengelolaan templat, dan pengelolaan sesi. Walaupun ditargetkan untuk pengembangan laman web dinamis, ini juga bisa diaplikasikan ke laman web statis.

Framework-framework tersebut ada dari yang paling sederhana, hingga yang paling kompleks. Misalnya dengan menerapkan AJAX (Asynchronous JavaScript & XML), MVC (Model View Controller), atau ORM (Object Relational Mapping)

B. Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. JavaScript merupakan salah satu teknologi inti World Wide Web selain HTML dan CSS. JavaScript membantu membuat halaman web interaktif dan merupakan bagian aplikasi web yang esensial.

Awalnya hanya diimplementasi sebagai client-side dalam penjelajah web, kini engine JavaScript disisipkan ke dalam perangkat lunak lain seperti dalam server-side dalam server web dan basis data, dalam program non web seperti perangkat lunak pengolah kata dan pembaca PDF, dan sebagai runtime environment yang memungkinkan penggunaan JavaScript untuk membuat aplikasi desktop maupun mobile. (Source : Wikipedia)

Nah penjelasan diatas merupakan pengertian antara Framework dan Javascript sudah paham?

saya sudah merangkum beberapa Framework Javascript Yang Harus Kamu Pelajari simak baik-baik ya :

1.Angular Javascript

AngularJS adalah Framework untuk web front-end dan bersifat opensource berbasis JavaScript dan juga untuk mengembangkan aplikasi satu halaman. Framework Ini dikelola terutama oleh Google dan komunitas individu dan perusahaan. Dan bertujuan untuk menyederhanakan pengembangan dan pengujian aplikasi tersebut dengan menyediakan kerangka kerja untuk arsitektur model-view-controller (MVC) dan model-view-viewmodel (MVVM), bersama dengan komponen yang biasa digunakan dalam aplikasi web dan progresif. aplikasi web.

AngularJS digunakan sebagai frontend tumpukan MEAN, yang terdiri dari database MongoDB, kerangka kerja server aplikasi web Express.js, AngularJS itu sendiri (atau Angular), dan lingkungan runtime server Node.js.

2. React Javascript (Javascript Library)

React (juga dikenal sebagai React.js atau ReactJS) adalah library JavaScript front-end untuk membangun antarmuka pengguna atau komponen UI. Ini dikelola oleh Facebook dan komunitas pengembang individu dan perusahaan. React dapat digunakan sebagai basis dalam pengembangan aplikasi satu halaman atau seluler. Namun, React hanya berkaitan dengan manajemen status dan merender status itu ke DOM, jadi membuat aplikasi React biasanya memerlukan penggunaan pustaka tambahan untuk perutean, serta fungsionalitas sisi klien tertentu.

3. Vue Javascript

Vue.js (biasa disebut sebagai Vue; diucapkan /vjuː/, seperti view) adalah kerangka kerja JavaScript yang bersifat progresif, bersumber terbuka untuk membangun antarmuka pengguna. Integrasi ke dalam proyek yang menggunakan pustaka JavaScript lainnya mudah dilakukan dengan Vue karena ia dirancang untuk bisa berjalan hanya di beberapa bagian halaman web. Vue juga bisa berfungsi sebagai kerangka kerja aplikasi web yang mampu menjalankan aplikasi single-page yang canggih. Dengan menggunakan kerangka kerja Nuxt.js, Vue.js dapat direpresentasikan secara dini dari sisi server atau biasa disebut server side rendering.

4. Node Javascript

Node.js adalah platform perangkat lunak pada sisi peladen dan aplikasi jaringan. Ditulis dengan bahasa JavaScript dan dijalankan pada Windows, Mac OS X, dan Linux tanpa perubahan kode program. Node.js memiliki pustaka peladen HTTP sendiri sehingga memungkinkan untuk menjalankan peladen web tanpa menggunakan program peladen web seperti Apache atau Lighttpd.

Node.js pertama kali diciptakan dan diperkenalkan untuk pengguna pada sistem Linux pada tahun 2009. Node.js dikembangkan oleh Ryan Dahl dan disponsori oleh Joyent, perusahaan tempat ia bekerja

5. Meteor Javascript

Meteor, atau MeteorJS, adalah kerangka web JavaScript isomorfik yang bersifat terbuka(opensource) dan gratis yang ditulis menggunakan Node.js. Meteor memungkinkan pembuatan prototipe cepat dan menghasilkan kode lintas platform (Android, iOS, Web). Ini terintegrasi dengan MongoDB dan menggunakan Protokol Data Terdistribusi dan pola publish-subscribe untuk secara otomatis menyebarkan perubahan data ke klien tanpa mengharuskan pengembang untuk menulis kode sinkronisasi apa pun. Pada klien, Meteor dapat digunakan dengan kerangka kerja JS front-end yang populer, Vue, React, Svelte, Angular, atau Blaze.

Meteor dikembangkan oleh Meteor Software. Startup ini diinkubasi oleh Y Combinator dan menerima dana $11,2 juta dari Andreessen Horowitz pada Juli 2012. Meteor mengumpulkan tambahan $20 juta dalam pendanaan Seri B dari Matrix Partners, Andreessen Horowitz dan Trinity Ventures. Ini bermaksud untuk menjadi menguntungkan dengan menawarkan Galaxy, lingkungan hosting kelas perusahaan untuk aplikasi Meteor.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan jika kalian ingin mengunjungi artikel lain bisa kunjungi di website ini.

Post a Comment for "Mengenal Apa itu Framework Javascript"