Mana yang lebih baik: Linux, MacOS, ataupun Windows

Mana yang lebih baik: Linux, MacOS, ataupun Windows
Mana yang lebih baik: Linux, MacOS, ataupun Windows

Masa saat ini ini banyak tipe operating system( OS) yang terdapat. Kadang- kadang perihal ini malah membuat kita susah buat memilah mana yang terbaik. Sebab tiap OS tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya tiap- tiap. Seluruh opsi bergantung kita memakainya buat keperluan apa OS tersebut.

Tiap orang tentu memiliki opsi serta selera yang berbeda menimpa sitem pembedahan ini. Buat memilah mana yang sesuai digunakan, kita wajib memikirkan seluruh perihal. Tercantum bayaran, fitur yang hendak didapatkan, kemudahan dalam mengoperasikannya serta sokongan.

Pada postingan ini aku hendak membahas secara lengkap tentang 3 OS yang terkenal ialah Linux, MacOS, serta windows. Sebab memanglah 3 OS ini yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna laptop ataupun pc. Dengan membaca postingan ini hendak sangat menolong kalian buat memastikan opsi OS mana yang terbaik buat kalian pakai.

Terdapat banyak perihal yang hendak jadi perbandingan dalam postingan ini. Baik dari segi bayaran, fitur, kecepatan serta sokongan. Seluruh perihal baik kelebihan serta kekurangan yang aku ketahui dari ketiga OS tersebut hendak aku uraikan disini. Langsung saja berikut uraian lengkapnya.

Mana yang lebih baik: Linux, MacOS, ataupun Windows

#1 Windows

  • Digunakan oleh banyak orang di dunia, sehingga memiliki sokongan yang lebih luas.
  • OS- nya sangat gampang diinstall serta digunakan, tetapi tidak mengijinkan pengguna buat memodifikasi fitur- fiturnya.
  • Sebab digunakan oleh banyak orang, OS ini sangat rentan terhadap serbuan malware ataupun virus.
  • Sokongan aplikasi yang lebih luas.
  • Bila kalian penggemar permainan, windows merupakan OS terbaik sebab menunjang seluruh permainan keren dengan performa yang baik.
  • Tidak hanya itu, bila kalian pegawai kantoran tentu lebih memilah windows sebab sering di dengar dengan office.

#2 MacOS

  • Cuma bisa diinstall pada pc/ laptop merk Apple.
  • Menawarkan stabilitas ekosistem OS yang luar dapat sehingga OS ini tidak rentan terhadap crash ataupun kesalahan fitur lunak sebab cuma didesain spesial buat fitur apple.
  • Basis pengguna lebih rendah dari windows.
  • Fitur lebih mahal serta tidak menunjang aplikasi yang luas seperti windows.
  • Banyak orang yang berkata kalau MacOS tidak membagikan pengalaman gaming yang lebih baik dari windows( mayoritas permainan keren ada di windows).
  • Cenderung lebih aman dari serbuan malware serta virus dibanding windows.

#3 OS berbasis Linux

  • Linux bersfiat free, kalian bisa menginstallnya tanpa menghasilkan bayaran sepeserpun( kecuali kuota😁).
  • OS ini sediakan banyak aplikasi free yang dapat digunakan.
  • Tidak rentan terhadap serbuan malware ataupun virus semacam windows sebab masih tidak sering yang memakainya.
  • OS ini sangat normal sebab memakai energi pemrosesan yang lebih sedikit.
  • OS berbasis linux terdiri dari bermacam tipe( bergantung dari selera kalian).
  • Kurang sesuai buat gaming dibanding dengan windows serta Mac.
  • Krena bertabiat open source serta free, kalian memiliki kendali penuh terhadap OS. Kalian dapat modifikasi serta jalani apapun cocok kemauan.
  • Mayoritas linux digunakan buat sistem webserver, workstation, dll sebab lebih normal serta sifatnya yang open source.
  • Tidak seluruh orang dapat memakainya bila tidak terbiasa( walaupun saat ini telah lebih interaktif).
  • Install aplikasi tidak semudah di windows( pengguna klik 2x).

Sebagian perihal di atas merupakan kelebihan serta kekurangan secara totalitas dari ketiga OS tersebut. Bila dibanding langsung antara Linux vs MacOS vs Windows dalam sebagian perihal, hingga berikut ini hasilnya:

Dari Segi Kecepatan serta Optimasi

Dalam perihal kecepatan serta optimasi antara hardware serta aplikasi bagi aku MacOS merupakan yang terbaik. Sebab MacOS memanglah dibesarkan cuma buat fitur apple. Telah tentu OS ini memiliki stabilitas ekosistem yang bagus dibanding windows serta linux.

Sokongan Aplikasi

Walaupun widows merupakan OS yang berbayar, tetapi banyak orang memakai OS ini. Sehingga telah dapat ditentukan sokongan buat aplikasinya hendak lebih luas dibanding dengan MacOS serta Linux. Nyaris seluruh aplikasi yang yang mau kita pakai ada di windows tetapi belum pasti kebalikannya di MacOS serta Linux.

Manajemen Jaringan

Linux mempunyai keunggulan dalam bidang ini dibanding MacOS serta Windows. Sebab linux tidak rentan terhadap malware ataupun virus. Tidak hanya itu linux pula dapat dikustomisasi cocok dengan kemauan sang penggunanya serta linux bisa hidup terus menerus hingga hardwarenya rusak tanpa hadapi permasalahan. Tidak heran bila banyak superkomputer memakai linux buat workstation dll.

Keamanan

Dibidang keamanan MacOS serta Linux bersama bagus. Paling tidak mereka masih terletak di atas windows. Tetapi bila ditanya mana yang terbaik, aku pula tidak dapat memutuskannya. Sebab setahu aku MacOS sepanjang ini pula sangat ketat keamanannya.

Bayaran software

Banyak aplikasi yang ada di linux sifatnya free serta open source. Mulai dari permainan, aplikasi tiap hari semacam office, desain dll. Bila memakai windows ataupun macos kita wajib membayar mahal buat dapat memakai aplikasi office serta desain grafis. Di linux seluruh itu dapat didapatkan free( walaupun fiturnya tidak selengkap di windows serta macos).

Hardware

Buat sokongan hardware MacOS jadi OS yang sangat lemah dalam perihal kompabilitas dengan bermacam tipe hardware. Perihal ini diakibatkan sebab MacOS dikala ini cuma dapat berjalan normal di fitur yang mereka keluarkan ialah produk apple. Tidak semacam windows serta Linux yang dapat di intall dengan gampang di bermacam tipe hardware.

KESIMPULAN: Hingga dikala ini windows merupakan OS yang merajai pasar buat pc/ laptop. Perihal ini disebabkan antar wajahnya yang sederhana serta memanglah semenjak dahulu kita dilatih memakai pc windows. Sehingga seluruh orang dapat memakai OS ini dengan gampang.Buat pengembang serta programmer, linux merupakan opsi terbaik. Sebab tidak hanya free linux membolehkan kalian buat memodifikasi OS tersebut cocok kebutuhan. Sebaliknya buat kalian yang mau stabilitas performa hebat tetapi kurang fleksibel dalam perihal aplikasi, MacOS merupakan opsi yang terbaik buat kalian.Intinya windows merupakan OS terbaik buat kalian yang baru belajar pc( sebab sangat gampang dioperasikan), MacOS bagus buat kalian yang menginginkan kecepatan, serta Linux sesuai buat orang yang telah pakar pc.