Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis dan Harga USB Bluetooth

USB Bluetooth adalah perangkat yang mengubah perangkat USB komputer menjadi perangkat Bluetooth. Ini memungkinkan perangkat yang tidak memiliki fitur Bluetooth untuk terhubung dengan perangkat lain yang mendukung Bluetooth, seperti ponsel, speaker, atau headset.

Jenis dan Harga USB Bluetooth
Jenis dan Harga USB Bluetooth

Cara kerja USB Bluetooth adalah dengan mengubah sinyal USB menjadi sinyal Bluetooth. Ini memungkinkan perangkat yang tidak memiliki fitur Bluetooth untuk terhubung dengan perangkat lain yang mendukung Bluetooth. Misalnya, jika Anda ingin menghubungkan ponsel Anda ke komputer Anda untuk mentransfer data, Anda dapat menggunakan USB Bluetooth untuk mengubah komputer Anda menjadi perangkat Bluetooth sehingga ponsel Anda dapat terhubung dengannya.

Beberapa keuntungan dari menggunakan USB Bluetooth adalah:

  • Memungkinkan perangkat yang tidak memiliki fitur Bluetooth untuk terhubung dengan perangkat lain yang mendukung Bluetooth.
  • Memungkinkan transfer data tanpa kabel antara perangkat yang terhubung.
  • Dapat digunakan dengan berbagai perangkat seperti ponsel, speaker, headset, dll.

Sedangkan beberapa kekurangan dari menggunakan USB Bluetooth adalah:

  • Memerlukan perangkat tambahan (USB Bluetooth) untuk mengubah perangkat yang tidak memiliki fitur Bluetooth menjadi perangkat Bluetooth.
  • Kecepatan transfer data mungkin lebih lambat dibandingkan dengan menggunakan kabel.
  • Ada batas jarak antara perangkat yang terhubung menggunakan Bluetooth.

Untuk menggunakan USB Bluetooth, Anda harus memiliki perangkat USB Bluetooth dan perangkat yang mendukung Bluetooth. Anda harus menghubungkan USB Bluetooth ke perangkat Anda yang tidak memiliki fitur Bluetooth, kemudian mengaktifkan fitur Bluetooth pada perangkat yang ingin Anda hubungkan. Setelah itu, Anda dapat mencari perangkat yang ingin Anda hubungkan pada perangkat Anda yang tidak memiliki fitur Bluetooth dan menghubungkannya.

Secara umum USB Bluetooth sangat berguna untuk menghubungkan perangkat yang tidak memiliki fitur Bluetooth dengan perangkat lain yang mendukung Bluetooth. Namun, ada beberapa kekurangan seperti kecepatan transfer data yang mungkin lebih lambat dan batas jarak antara perangkat yang terhubung. Namun tetap menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menghubungkan perangkat tanpa kabel.

Jenis-jenis usb bluetooth

Ada beberapa jenis USB Bluetooth yang tersedia di pasaran, diantaranya :

  • USB Bluetooth Dongle: Ini adalah perangkat fisik yang dapat dihubungkan ke port USB komputer Anda. Setelah dihubungkan, dongle akan mengubah komputer Anda menjadi perangkat Bluetooth.
  • USB Bluetooth Adapter: Ini adalah perangkat yang mirip dengan dongle, tetapi biasanya digunakan untuk perangkat lain seperti TV atau sound system.
  • USB Bluetooth 4.0: Ini adalah versi terbaru dari USB Bluetooth yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan jarak jangkau yang lebih luas.
  • USB Bluetooth Audio: Ini adalah perangkat khusus yang digunakan untuk mengubah perangkat audio yang tidak mendukung Bluetooth menjadi perangkat Bluetooth.

Semua jenis USB Bluetooth memiliki fungsi utama yaitu mengubah perangkat yang tidak memiliki fitur Bluetooth menjadi perangkat Bluetooth. Namun, masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Seperti USB Bluetooth 4.0 yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dan jarak jangkau yang lebih luas.

Cara pakai usb bluetooth

Untuk menggunakan USB Bluetooth, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Hubungkan USB Bluetooth ke perangkat Anda. Ini bisa dilakukan dengan menghubungkan dongle atau adapter ke port USB komputer, atau menghubungkan perangkat khusus seperti USB Bluetooth audio ke perangkat audio yang tidak mendukung Bluetooth.
  2. Aktifkan fitur Bluetooth pada perangkat Anda. Ini dapat dilakukan melalui pengaturan atau dengan menekan tombol pada dongle atau adapter.
  3. Pada perangkat yang ingin Anda hubungkan (seperti ponsel, speaker, atau headset), aktifkan fitur Bluetooth dan cari perangkat yang tersedia untuk dihubungkan.
  4. Pada perangkat Anda yang menggunakan USB Bluetooth, cari perangkat yang ingin Anda hubungkan dan klik atau tekan tombol untuk menghubungkan.
  5. Setelah terhubung, Anda dapat menggunakan perangkat Anda untuk mentransfer data atau mengontrol perangkat lain.

Perlu diingat, beberapa perangkat memerlukan sandi atau kode untuk menghubungkan, pastikan untuk mengetahui kode tersebut sebelum menghubungkan. Dan juga pastikan perangkat yang akan dihubungkan sudah mendukung Bluetooth dan dalam jarak yang memungkinkan untuk dihubungkan.

Merek usb bluetooth terbaik

Ada banyak merek yang menawarkan USB Bluetooth yang baik, diantaranya :
  • TP-Link: Merek ini menawarkan berbagai jenis USB Bluetooth dongle yang berkualitas tinggi dan memiliki harga yang terjangkau.
  • Belkin: Merek ini menawarkan berbagai jenis USB Bluetooth adapter yang berkualitas tinggi dan memiliki harga yang terjangkau.
  • IOGEAR: Merek ini menawarkan berbagai jenis USB Bluetooth dongle dan adapter yang berkualitas tinggi dan memiliki harga yang terjangkau.
  • Kinivo: Merek ini menawarkan USB Bluetooth dongle yang berkualitas tinggi dan memiliki harga yang terjangkau.
  • Logitech: Merek ini menawarkan USB Bluetooth audio yang berkualitas tinggi dan memiliki harga yang terjangkau.
Kebanyakan dari merek-merek tersebut dapat diperoleh dengan mudah di toko elektronik atau online store.

Harga dari Merek usb bluetooth

Harga USB Bluetooth dari merek-merek terbaik bervariasi tergantung pada jenis dan fitur yang ditawarkan. Namun, harga yang saya sebutkan sebelumnya berdasarkan harga di pasar Amerika Serikat. Harga di Indonesia mungkin akan berbeda. Berikut adalah beberapa contoh harga yang mungkin dapat Anda temukan untuk USB Bluetooth dari merek terbaik di Indonesia:

  • TP-Link: Dongle USB Bluetooth yang ditawarkan oleh TP-Link dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 100.000 - Rp 200.000
  • Belkin: Adapter USB Bluetooth yang ditawarkan oleh Belkin dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 200.000 - Rp 300.000
  • IOGEAR: Dongle atau adapter USB Bluetooth yang ditawarkan oleh IOGEAR dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 200.000 - Rp 400.000
  • Kinivo: Dongle USB Bluetooth yang ditawarkan oleh Kinivo dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 150.000 - Rp 250.000
  • Logitech: USB Bluetooth audio yang ditawarkan oleh Logitech dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 400.000 - Rp 600.000
Namun, harga-harga diatas merupakan harga rata-rata yang dapat berubah sesuai dengan waktu dan lokasi. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan riset dan membandingkan harga dari berbagai toko elektronik atau online store untuk mendapatkan harga terbaik.