iPhone 14 Mungkin Mendapatkan Peningkatan Wi-Fi 6E

iPhone 14 – Seri iPhone 13 mendukung konektivitas Wi-Fi 6 yang cepat, salah satu standar internet wireless terbaru yang dapat kalian harapkan. Wi-Fi 6 memastikan kinerja yang lebih cepat, bandwidth yang lebih tinggi, dan latensi yang lebih rendah. Dikombinasikan dengan konektivitas 5G, ini akan meningkatkan pengalaman internet kalian secara keseluruhan. Dan internet yang lebih cepat adalah bagian dari pengalaman seluler yang lebih cepat secara keseluruhan yang diberikan oleh model iPhone 13. Tahun depan, Apple dilaporkan akan membawa dukungan Wi-Fi 6E ke seri iPhone 14, peningkatan signifikan pertama sejak iPhone 11. Dan ini adalah jenis peningkatan kecepatan internet wireless yang tidak boleh kalian abaikan.

Problem dalam Menggunakan Wi-Fi 6 

Tidak semua pembeli ponsel cerdas mungkin peduli dengan jenis dukungan Wi-Fi yang mereka dapatkan, selama itu berfungsi. Tetapi beberapa konsumen memang menginginkan internet yang lebih cepat di mana-mana. Kombinasi antara 5G dan Wi-Fi 6 akan menyelesaikan pekerjaan, tetapi dengan peringatan besar. kalian harus memiliki cakupan.

Tidak cukup bagi model iPhone 13 untuk mendukung 5G dan Wi-Fi 6 jika tidak ada jangkauan di wilayah kalian. Operator kalian harus memiliki menara 5G di wilayah kalian agar kalian dapat menikmati kecepatan internet seluler yang lebih cepat. Demikian pula, kalian harus menginstal router Wi-Fi 6 di rumah dan kantor dan memastikan bahwa ISP kalian memberikan kecepatan yang menjamin investasi perangkat keras Wi-Fi 6.

Hal yang sama berlaku untuk model iPhone 14 tahun depan yang kabarnya akan mendukung Wi-Fi 6E. kalian harus memiliki perangkat keras yang tepat dan untuk menikmati kecepatan data wireless yang lebih cepat.

Yang penting, Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E tidak hanya memberikan internet wireless yang lebih cepat. Mereka juga meningkatkan bandwidth, menurunkan latensi, dan menurunkan interferensi. Itu berarti kalian dapat mengirimkan lebih banyak data antar perangkat lebih cepat dari sebelumnya, dan inilah kualitas yang membuat Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E begitu menarik.

Ini bukan hanya tentang dapat melakukan streaming konten 4K di semua perangkat kalian tanpa gangguan. Ini tentang semua orang di rumah atau kantor yang dapat melakukannya secara bersamaan di perangkat yang selalu terhubung dengan jumlah yang terus meningkat. Dalam kasus iPhone 14, ini juga tentang masa depan ekosistem iPhone Apple.

iPhone 14  Wi-Fi 6E
image source macrumors.com

Pembaruan Wi-Fi 6E iPhone 14

Apa yang dibawa Wi-Fi 6E mungkin tidak dipedulikan kebanyakan orang. Ini mendukung frekuensi tambahan, dengan 6GHz bergabung dengan pita 2,4GHz dan 5GHz biasa yang umumnya dikaitkan dengan internet wireless. Ini semakin meningkatkan bandwidth yang tersedia untuk pertukaran data antar perangkat.

Analis terkenal Ming-Chi Kuo mengatakan dalam sebuah catatan kepada investor bahwa ponsel iPhone 14 akan mendukung Wi-Fi 6E. Selain itu, perangkat layar pertama yang dipasang di kepala Apple akan hadir dengan konektivitas Wi-Fi 6E. Itulah perangkat “Apple Glass” yang menurut rumor akan segera menghadirkan fitur virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Adopsi cepat Wi-Fi 6E oleh Apple akan meyakinkan pesaing lain untuk melakukan hal yang sama, terutama perusahaan yang mengembangkan perangkat keras AR dan VR. Facebook (Meta) adalah salah satunya.

Pengalaman Realitas Campuran Wireless

Tampilan yang dipasang di kepala akan menampilkan tampilan resolusi tinggi yang memancarkan konten tepat di depan mata pengguna. Mereka membutuhkan aliran data yang konstan untuk mendukung konsumsi konten yang imersif, terutama video game. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menghubungkan headset VR ke komputer melalui kabel fisik. Tapi itu tidak akan cukup baik untuk perangkat masa depan, terutama kacamata yang dapat menawarkan pengalaman realitas campuran (MR).

Di sinilah Wi-Fi 6E berperan. Ini bukan hanya tentang internet cepat, tetapi juga tentang mengirimkan banyak konten ke kacamata AR dan VR terdekat. Dan itulah tepatnya poin Kuo. Analis mengatakan bahwa Wi-Fi 6E sangat penting untuk transmisi wireless berkecepatan tinggi untuk perangkat AR dan VR.

Pengguna ingin mengirimkan konten realitas campuran ke kacamata dari perangkat seluler daripada PC tradisional. Itu sebabnya model iPhone 14 harus mendukung stkalianr wireless yang sama dengan kacamata masa depan Apple.

Dia mengatakan bahwa perangkat masa depan akan menawarkan dukungan untuk Wi-Fi 6/6E (2022), Wi-Fi 6E/7 (2023), dan Wi-Fi 7 (2024). Namun dia tidak memberikan contoh produk apapun. Juga, dia tidak menghubungkan peta jalan ke perangkat Apple sendiri.

Di luar iPhone 14

Memiliki dukungan Wi-Fi 6E di iPhone 14 dan semua perangkat Apple masa depan yang diluncurkan tahun depan juga membuka jalan bagi perkembangan yang berbeda. Apple telah lama dikabarkan bekerja pada iPhone yang tidak memiliki port atau tombol. Apple menghilangkan jack headphone 3.5mm pada tahun 2015, jadi yang tersisa hanyalah konektor Lightning.

Lightning melayani dua tujuan: Ini memberikan daya dan transfer data. Apple membuat banyak kemampuan pengisian wireless MagSafe iPhone, yang memecahkan bagian pertama. Beberapa orang mungkin hanya mengisi daya iPhone mereka secara wireless.

Namun kalian tetap membutuhkan kabel Lightning jika ingin mencadangkan iPhone atau iPad dengan komputer atau mentransfer file data berukuran besar. Di situlah Wi-Fi 6E akan berguna. Jika Apple berencana untuk mengandalkan standar wireless untuk mengirimkan data ke kacamata realitas campurannya, Apple juga dapat menghubungkan iPhone ke Mac dan PC untuk pencadangan yang cepat dan andal.

Ini hanya spekulasi. Tetapi intinya adalah bahwa Wi-Fi 6E mungkin merupakan peningkatan yang jauh lebih besar untuk seri iPhone 14 daripada yang mungkin kalian pikirkan.