Fungsi-Fungsi Windows Key

Fungsi-Fungsi Windows Key

Windows key merupakan sebuah tombol yang biasanya terdapat di daratan bawah keyboard dengan gambar logo Windows atau icon menyerupai jendela. Fungsi utama Windows yaitu memunculkan ‘Start Menu’. Tetapi ternyata bukan hanya itu, Windows key memiliki beragam fungsi lainnya yang mungkin jarang orang ketahui seperti ‘Shortcut’ atau jalan pintas. 

Sebenarnya windows key memiliki banyak ‘Shortcut’ yang bisa digunakan untuk memudahkan seseorang dalam mengoperasikan perangkat komputer atau laptop, seperti ‘Shortcut’ untuk membuka pengaturan atau bahkan untuk menampilkan informasi sistem. Berikut ini beberapa fungsi Windows key yang mungkin jarang diketahui.

1. Membuka file explorer

‘Shortcut’ untuk membuka file explorer merupakan salah satu shortcut Windows key yang paling sering dipakai. Jalan pintas ini kerap dipakai sebab keberadaan file explorer adalah salah satu perangkat lunak inti dalam sistem operasi Windows. Lantas bagaimana cara cepat membuka file explorer? Caranya yaitu dengan menekan kombinasi ‘Windows key + E’.

2. Membuka menu pengaturan

Tombol Windows key juga bisa dipakai untuk membuka menu atau laman pengaturan Windows. Lantas bagaimana cara cepat membuka menu pengaturan? Caranya yaitu dengan tekan kombinasi tombol ‘Windows key + I’. Dengan memakai jalan pintas tersebut, maka penggunanya bisa membuka laman atau menu pengaturan Windows dengan lebih cepat daripada melakukannya secara manual.

3. Mengatur split screen

‘Shortcut’ Windows Ki juga bisa melakukan atau mengatur split screen. Caranya juga sangat mudah yaitu pilih salah satu jendela program, setelah itu tekan kombinasi tombol ‘Windows key + panah kiri’. Kemudian jendela program yang akan mengisi setengah layar komputer atau laptop. Nah untuk mengisi setengah layar lainnya, kamu dapat memilih jendela program lain kemudian tekan kombinasi tombol ‘Windows key + panah kanan’.

4. Melakukan tangkap layar atau screenshot

Jalan pintas yang satu ini tentunya sangat berguna dan akan sering digunakan yaitu Windows key bisa melakukan tangkap layar atau screenshot. Agar bisa melakukan fitur ini, maka kamu bisa menekan kombinasi tombol ‘Windows key + prt sc sysrq’. Dengan demikian kamu dapat mengabadikan tangkapan layar Windows dengan ukuran penuh. Nah hasil tangkapan layar tersebut bisa dilihat di folder ‘Pictures’ kemudian pilih file screenshot.

5. Membuka panel clipboard

Clipboard merupakan papan klip yaitu area penyimpanan sementara untuk gambar dan teks yang di ‘Copy’ atau ‘Cut’. Keyboard ini sangat bermanfaat jika seseorang hendak melihat riwayat copy dan cut yang dilakukan sebelumnya. Lantas bagaimana cara memunculkan clipboard? Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan menekan kombinasi tombol ‘Windows key + V’ 

6. Membuka panel emoji

Emoji adalah salah satu fitur yang sangat dibutuhkan untuk mengekspresikan emosi ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang melalui pesan teks. Panel emoji sangat mudah ditemukan pada ponsel karena biasanya berada di bagian atas keypad. Lantas bagaimana caranya membuka panel emoji di komputer atau laptop? Caranya yaitu hanya dengan menekan kombinasi tombol ‘Windows key + Titik’. Dengan demikian kamu dapat mengakses email emoji dengan lebih efisien.

7. Membuka system properties

System properties adalah halaman Windows yang memuat informasi komputer atau laptop seperti kapasitas RAM, processor, dan nama komputer. Biasanya untuk menemukan laman system properties harus membuka dengan file Explorer setelah itu kamu akan menemukan folder ‘This PC’ di sebelah kiri dan pilih menu properties. Tapi ternyata ada cara yang lebih cepat yaitu dengan menekan kombinasi tombol ‘Windows key + Pause’.

Demikianlah beberapa fungsi Windows key yang mungkin jarang orang ketahui yang bisa membuat seseorang bekerja di komputer atau laptop dengan lebih cepat dan efisien. Semoga bermanfaat!