Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Framework Java Yang Harus Kamu Pelajari

Hallo semuanya apa kabar? Semoga kalian sehat-sehat ya. Disini saya akan memberikan infromasi tentang Framework Java Yang Harus Kamu Pelajari, Sebelum masuk ke pembahasan kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu bahasa pemrograman Java terlebih dahulu.

Framework Java Yang Harus Kamu Pelajari
Framework Java Yang Harus Kamu Pelajari

A.Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems, yang saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun”. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.( Source : Wikipedia)

Nah penjelasan diatas merupakan pengertian Java menurut Wikipedia sudah paham?

saya sudah merangkum beberapa Framework Java Yang Harus Kamu Pelajari simak baik-baik ya :

1.Spring

Spring adalah sebuah framework java yang bersifat opensource (terbuka) untuk platform Java. Fitur framework ini dapat digunakan oleh aplikasi Java apa pun, tetapi ada ekstensi untuk membangun aplikasi. Meskipun framework ini tidak memaksakan model pemrograman tertentu, framework ini telah menjadi populer di komunitas Java sebagai tambahan untuk model Enterprise JavaBeans (EJB).

2. Vaadin

Vaadin adalah Framework Java yang bersifat open source(terbuka). Framework mencakup satu set Komponen Web Framework web Java, dan satu set alat yang memungkinkan pengembang untuk mengimplementasikan antarmuka pengguna grafis (GUI) web modern hanya menggunakan bahasa pemrograman Java (bukan HTML dan JavaScript), hanya TypeScript, dan juga bisa digunakan kombinasi keduanya. Framework ini dikembangkan oleh Vaadin Ltd

3. Google Web Toolkit (GWT)

Google Web Toolkit adalah framework pengembangan perangkat lunak Java yang bersifat opensource. Web Toolkit digunakan oleh para pengembang web untuk membuat aplikasi-aplikasi Aplikasi ini dikembangkan berlisensi Apache, License versi 2.0. Google Web Toolkit adalah toolkit yang digunakan untuk membangun dan mengoptimalkan aplikasi dasar browser yang kompleks. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengembangan aplikasi web yang produktif berkinerja tinggi sehungga pengembang tidak harus menjadi ahli di browser quirks, XMLHttpRequest, dan JavaScript. Google Web Toolkit digunakan oleh banyak produk di Google, termasuk Google Wave dan versi baru AdWords. Toolkit ini banyak digunakan oleh ribuan pengembang di seluruh dunia.

4. Apache Wicket

Apache Wicket, biasa disebut sebagai Wicket, adalah framework aplikasi web berbasis komponen untuk bahasa pemrograman Java yang secara konseptual mirip dengan JavaServer Faces and Tapestry. Sejarah Apache Wicket Ini awalnya ditulis oleh Jonathan Locke pada April 2004. Versi 1.0 dirilis pada Juni 2005. Ini lulus menjadi proyek tingkat atas Apache pada Juni 2007

5. Hibernate

Hibernate adalah Framework Java serta alat pemetaan objek-relasional untuk bahasa pemrograman Java. Framework ini untuk memetakan model domain berorientasi objek ke database relasional. Hibernate menangani masalah ketidakcocokan impedansi objek-relasional dengan mengganti akses database langsung dan persisten dengan fungsi penanganan objek tingkat tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian.