Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghilangkan koma di excel beserta contohnya

Excel adalah aplikasi spreadsheet yang populer digunakan untuk mengelola data. Namun, kadang-kadang Anda mungkin menemukan bahwa beberapa data yang Anda masukkan dalam spreadsheet mengandung koma yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan koma di Excel:

menghilangkan koma di excel
menghilangkan koma di excel

  • Menggunakan fungsi SUBSTITUTE: Anda dapat menggunakan fungsi SUBSTITUTE untuk menggantikan koma dengan karakter lain atau dengan kosong. Contohnya, jika Anda ingin menghilangkan koma dari sel A1, Anda dapat menggunakan rumus =SUBSTITUTE(A1,",","").
  • Menggunakan fungsi REPLACE: Anda juga dapat menggunakan fungsi REPLACE untuk menghilangkan koma dari sel tertentu. Contohnya, jika Anda ingin menghilangkan koma dari sel A1, Anda dapat menggunakan rumus =REPLACE(A1,FIND(",",A1),1,"").
  • Menggunakan fungsi Text to Columns : Anda dapat menggunakan fungsi Text to Columns untuk memisahkan data yang mengandung koma dan menghilangkan koma tersebut. Untuk menggunakan fungsi ini, pilih sel yang ingin Anda edit, kemudian klik Data > Text to Columns. Pada jendela yang muncul, pilih Delimited dan klik Next. Pada jendela selanjutnya, centang kotak Comma dan klik Finish.
  • Menggunakan Find and Replace: Anda dapat menggunakan Find and Replace untuk mencari dan menghilangkan koma dari seluruh spreadsheet. Untuk menggunakan fitur ini, klik Edit > Replace. Pada jendela yang muncul, masukkan koma pada kotak Find what dan kosongkan kotak Replace with, lalu klik Replace All.

Contoh:

Jika kita memiliki data seperti ini :

NoHarga
11000
22000,5
33000,1
dan kita ingin menghilangkan koma di kolom harga, maka kita dapat menggunakan fungsi find and replace, cari koma dan replace dengan kosong. maka data akan menjadi seperti ini :
NoHarga
11000
220005
330001
Itu adalah beberapa cara untuk menghilangkan koma di Excel. Ingatlah untuk selalu melakukan backup data Anda sebelum mengedit.

semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara menghilangkan koma di excel beserta contohnya"