Cara Mengatasi Keyboard Laptop tidak Berfungsi Sebagian di Windows

Laptop menjadi salah satu kebutuhan tambahan yang di gunakan untuk mempermudah pekerjaan. Di jaman yang semakin maju laptop atau komputer menjadi satu pelajaran waktu di bangku smp sampai jenjang kuliah. Karena sangat di gunakan untuk isnstansi dan perusahaan, laptop menjadi utama untuk mengolah data dan angka. Maka sangat wajib sekali anda seorang pelajar memahami laptop dan sistem oprasi di dalamnya.

gambar Keyboard Laptop tidak Berfungsi
gambar Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Namun bagi anda yang masih memulai mengenal laptop terkadang memiliki kendala keyboard laptop tidak berfungsi, kebanyakan di sebagian tombol tertentu. Misal saya contohkan tombol huruf dan angka yang sering terjadi macet pada saat anda ingin mengetik dan itu secara tiba tiba. Kendala keyboard laptop tidak berfungsi sebagian baik di windows 10, 8 dan 7, berikut ini penjelasannya.

Penyebab beberapa Tombol Keyboard tidak berfungsi

Sebelum anda mengenal cara untuk mengatasinya, tidak salah mengtahui penyebab terjadinya beberapa tombol keyboard tidak berfungsi.

Tombol keyboard terkena air

Penyebab keyboard terkena air sangat patal sekali, biasanya tidak akan lama lagi keyboard anda yang tergenang air akan mati. Maka dari itu setelah terkena air keringkan air dengan kipas angin dan jangan nyalakan dulu laptop anda.

Jauhkan posisi laptop anda dari air minum agar tidak tersenggol dan membasahi keyboard. Untuk bagian kelistrikan sangat sensitif sekali dengan air maka akan terjadi konslet dan tombol tidak berfungsi.

Tombol keyboard terkenal kotoran

Kebersihan laptop anda juga harus di jaga, terutama dibagian keyboard banyak debu di celah tombol silahkan untuk dibersihkan agar tombol keyboard tidak macet.

Menjaga kebersihan menjadi nomor satu bukan hanya untuk diri kita sendiri, alat laptop juga harus di bersihkan agar terjaga awet.

Tombol keyboard terlalu lama akan macet

Untuk pembahasan yang satu ini untuk laptop yang lama sekali kendala pertama terjadi kerusakan di keyboard. Sering di gunakan maka keyboard laptop akan mengalami macet pada keyboard.

Hal seperti ini biasa dan banyak di alami oleh semua jenis laptop. Cara mengatasi bersihkan tombol keyboard anda, bila tidak juga berfungi gunakan keyboard usb.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Bermacam penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang harus anda ketahui, bukan hanya langkah sekali saja laptop keyboard anda berfungsi. Berkut ini bermacam cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi laptop tidak berfunsi.

Bersihkan debu pada bagian keyboard

Dengan cara yang pertama ini sangat lah simple anda bisa mencoba membersihkan celah pada tombol keyboard dengan alat pembersih selotip. Bersihkan bagian luar laptop terlebih dahulu dengan perlahan, setelah bagian luar sudah selsai bersihkan keyboard bagian bawah.

Perhatikan driver keyboard

Bila cara di atas tidak berhasil anda bisa memperbaiki driver laptop anda, mungkin kurang kompatibel dengan laptop yang anda gunakan. Berikut gambaran driver laptop untuk keyboard yang bisa anda gunakan dan di coba.

  1. Silahkan anda pergi ke start menu, lalu tekan tombol control panel
  2. Kelik keamanan system dan security, kemudian device manager
  3. Pilih bagian keyboard maka anda akan menumukan bagian driver untuk keyboard.

Untuk mengtahui apakah driver berfungsi atau tidak, maka akan bertanda segitiga bewarna kuning dan terdapat bagian seru didalamnya. Berarti driver anda harus segera di perbaiki dengan cara silahkan untuk update driver tersebut.

Sesuikan pengaturan keyboard

Untuk pengaturan keyboard juga harus anda perhatikan, bisa terjadi tidak sesui misalnya saja anda ketik tombol satu kali maka akan berulang kali keluar.

Sering juga terjadi macet cukup lama antra kerakter satu dengan yang lain. Berikut cara mengaturnya agar sesui dengan apa yang anda inginkan.

  1. Klik bagian start menu pilih control panel
  2. Langkah selanjutnya anda pilih ease of access dan dilanjutu dengan make the keyboard easir tu use
  3. Pada filter key pilih unchack all

Silahkan anda sesuikan apakah sudah berfungsi atau sebaliknya. Bila cara di atas tidak berfungsi laptop anda harus di tangani lebih lanjut ke service laptop.