Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengambil beberapa angka di excel beserta contohnya

Excel adalah aplikasi spreadsheet yang populer digunakan untuk mengelola data. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin mengambil beberapa angka dari sebuah sel atau kolom tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengambil beberapa angka di Excel:

angka di excel
angka di excel

  1. Menggunakan fungsi LEFT: Anda dapat menggunakan fungsi LEFT untuk mengambil sejumlah karakter dari awal sebuah string. Contohnya, jika Anda ingin mengambil 3 angka pertama dari sel A1, Anda dapat menggunakan rumus =LEFT(A1,3).
  2. Menggunakan fungsi RIGHT: Anda juga dapat menggunakan fungsi RIGHT untuk mengambil sejumlah karakter dari akhir sebuah string. Contohnya, jika Anda ingin mengambil 3 angka terakhir dari sel A1, Anda dapat menggunakan rumus =RIGHT(A1,3).
  3. Menggunakan fungsi MID: Anda dapat menggunakan fungsi MID untuk mengambil sejumlah karakter dari tengah sebuah string. Contohnya, jika Anda ingin mengambil 3 angka ketiga sampai kelima dari sel A1, Anda dapat menggunakan rumus =MID(A1,3,3).
  4. Menggunakan Text to Columns : Anda dapat menggunakan fungsi Text to Columns untuk memisahkan data berdasarkan angka yang diinginkan. Untuk menggunakan fungsi ini, pilih sel yang ingin Anda edit, kemudian klik Data > Text to Columns. Pada jendela yang muncul, pilih Fixed Width dan klik Next. Pada jendela selanjutnya, tandai/klik pada garis pemisah yang sesuai dengan angka yang ingin diambil dan klik Finish.

Contoh:

Jika kita memiliki data seperti ini :

NoKode
1A0123456789
2B098765432
3C098765432

dan kita ingin mengambil angka kedua sampai keempat dari kolom kode, maka kita dapat menggunakan fungsi mid, rumusnya =MID(A2,2,3) dan kita copy paste pada sel yang lainnya. maka data akan menjadi seperti ini :

NoKodeAngka
1A0123456789012
2B098765432098
3dan seterusnya

Itu adalah beberapa cara untuk mengambil beberapa angka dari sebuah sel atau kolom di Excel. Anda dapat menggunakan fungsi LEFT, RIGHT, MID, atau Text to Columns sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah untuk selalu melakukan backup data Anda sebelum mengedit dan pastikan untuk mengecek hasil dari rumus yang digunakan untuk menghindari kesalahan.

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan beberapa fungsi yang disebutkan sebelumnya untuk mencapai hasil yang lebih spesifik. Contoh jika anda ingin mengambil 3 angka terakhir dari sel yang memiliki angka di depan juga, anda dapat menggabungkan fungsi RIGHT dan LEN (panjang dari sebuah string) seperti ini =RIGHT(A1,3) atau =RIGHT(A1,LEN(A1)-2).

Secara umum, dengan mengetahui cara mengambil beberapa angka di Excel, Anda dapat dengan mudah mengelola dan menganalisis data Anda dengan lebih efisien.

Post a Comment for "Cara mengambil beberapa angka di excel beserta contohnya"