Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menampilkan database mysql dengan php beserta contohnya

Untuk menampilkan data dari database MySQL menggunakan PHP, Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

database mysql dengan php
database mysql dengan php

  1. Koneksi ke database: Anda perlu mengkonfigurasi koneksi ke database MySQL dengan menggunakan PHP. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi mysql_connect() atau mysqli_connect().
  2. Pemilihan database: Setelah terkoneksi dengan database, Anda perlu memilih database yang akan digunakan dengan menggunakan fungsi mysql_select_db() atau mysqli_select_db().
  3. Eksekusi query: Setelah terkoneksi dan memilih database, Anda dapat mengeksekusi query SQL untuk mengambil data yang dibutuhkan. Anda dapat menggunakan fungsi mysql_query() atau mysqli_query() untuk melakukan ini.
  4. Menampilkan data: Setelah query dijalankan, Anda dapat menampilkan data dengan menggunakan perulangan while atau foreach dan menggunakan fungsi mysql_fetch_array() atau mysqli_fetch_array() untuk mengambil data satu per satu.

Berikut ini adalah contoh kode untuk menampilkan data dari tabel "mahasiswa" pada database "akademik" menggunakan fungsi mysql_connect() dan mysql_query():

<?php $host = "localhost"; $user = "root"; $password = ""; $database = "akademik"; // Koneksi ke database $koneksi = mysql_connect($host, $user, $password); // Pemilihan database mysql_select_db($database, $koneksi); // Eksekusi query $query = "SELECT * FROM mahasiswa"; $hasil = mysql_query($query, $koneksi); // Menampilkan data echo "<table>"; echo "<tr> <th>NIM</th> <th>Nama</th> <th>Alamat</th> </tr>"; while ($data = mysql_fetch_array($hasil)) { echo "<tr>"; echo "<td>" . $data['nim'] . "</td>"; echo "<td>" . $data['nama'] . "</td>"; echo "<td>" . $data['alamat'] . "</td>"; echo "</tr>"; } echo "</table>"; // Menutup koneksi mysql_close($koneksi); ?>

Perlu diingat, saat ini mysql extension sudah tidak di support lagi dan diganti dengan mysqli atau PDO, jadi disarankan untuk menggunakan mysqli atau PDO untuk koneksi ke database.