Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 7/8/8.1/10 dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer)

Bootable usb adalah suatu cara yang digunakan agar usb / flashdisk dapat dipakai untuk booting komputer dan biasanya dipakai install sistem operasi jika kita hanya punya ISO file sistem operasi atau pada komputer tidak ada CD/DVD drive. Pembuatan bootable dapat melalui 2 cara, yaitu melalui software dan tanpa software melalui command prompt pada windows. Banyak software yang dapat dipakai untuk membuat bootable usb, salah satunya adalah YUMI (Your Universal Multiboot Installer). Pada postingan kali ini akan diperlihatkan bagaimana Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 7/8/8.1/10 dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer)

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk
Cara Membuat Bootable USB Flashdisk

YUMI (Your Universal Multiboot Installer), adalah software yang bisa digunakan untuk membuat Multiboot Bootable USB Flash Drive yang berisi beberapa sistem operasi, utilitas antivirus, kloning disk, alat diagnostik, dan masih banyak lagi. Walaupun universal USB Installer disediakan untuk membuat bootable sistem operasi linux, namun YUMI (Your Universal Multiboot Installer) memungkinkan untuk membuat bootable sistem operasi lainnya seperti windows. Berikut merupakan beberapa requirement untuk membuat bootable dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer):

-FAT32/NTFS format USB Flashdisk 

-Windows Vista/7/8/10

DOWNLOAD YUMI 

Berikut merupakan cara untuk membuat bootable usb dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer):

Pasang usb yang akan di jadikan bootable lalu buka YUMI yang sudah di download. Jika muncul security warning seperti gambar nomor 1, klik Yes lalu Pada tampilan awal, Klik I Agree


Berikutnya, di step 1 pilih usb flashdisk yang akan di jadikan bootable

Step 2, pilih sistem operasi atau aplikasi yang ingin dimasukan ke bootable usb

Step 3, Klik Browse lalu pilih file ISO yang ingin dijadikan bootable

Klik Create lalu Yes untuk mulai membuat bootable usb

Tunggu hingga proses pembuatan bootable selesai, lalu klik Next > Yes > Finish seperti gambar di bawah

Sekian postingan tentang Cara membuat bootable usb flashdisk windows 7/8/8.1/10 dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer), semoga dapat bermanfaat untuk teman – teman semuanya….