Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan RAM Laptop Untuk Merawat Kinerja

Cara Membersihkan RAM Laptop Untuk Merawat Kinerja

RAM atau memori Random Access Memory adalah jenis memori yang digunakan pada laptop. Ini menyimpan data yang sedang digunakan laptop dan memungkinkan laptop bekerja dengan lebih cepat. Dengan menjaga RAM laptop Anda bersih dan bebas dari sampah digital, Anda dapat meningkatkan kinerja laptop Anda. Di bawah ini adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan RAM laptop Anda agar tetap berfungsi dengan optimal.

Cara Membersihkan RAM Laptop
Cara Membersihkan RAM Laptop

1. Buka Task Manager.

Ini adalah alat yang disediakan oleh sistem operasi Windows yang membantu Anda mengontrol proses yang sedang berjalan di laptop Anda. Anda dapat menemukan Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc bersamaan.

2. Cari proses yang tidak perlu.

Di jendela Task Manager, Anda dapat melihat semua proses yang berjalan di laptop Anda. Pilih proses yang tidak perlu dan klik kanan pada proses tersebut. Klik "End Process" untuk menghentikan proses yang tidak perlu.

3. Matikan program yang tidak perlu.

Beberapa program dapat berjalan di latar belakang tanpa Anda sadari. Untuk menghemat penggunaan RAM, Anda harus mematikan program yang tidak perlu. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan alat bawaan Windows yang disebut "System Configuration".

4. Bersihkan Memory Cache.

Cache memori adalah file sementara yang disimpan di memori RAM. File-file ini digunakan untuk memudahkan aplikasi dan program yang sering Anda gunakan. Namun, jika Anda tidak membersihkan cache memori secara berkala, itu dapat menyumbat RAM. Untuk membersihkan cache memori, Anda dapat menggunakan alat seperti CCleaner.

5. Gunakan task scheduler.

Task Scheduler adalah alat bawaan Windows yang dapat membantu Anda menjadwalkan tugas yang akan dilakukan.

Demikian Artikel tentang Cara Membersihkan RAM Laptop Untuk Merawat Kinerja. semoga bermanfaat.