Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Versi VGA Laptop

VGA (Video Graphics Array) adalah teknologi yang digunakan untuk mengirimkan sinyal video dari komputer ke monitor. Versi VGA ditentukan oleh kemampuan resolusi dan jumlah warna yang dapat ditampilkan. Dalam konteks laptop, mengetahui versi VGA yang digunakan dapat membantu Anda dalam memilih aplikasi atau game yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

Cara Melihat Versi VGA Laptop
Cara Melihat Versi VGA Laptop

Untuk melihat versi VGA (Video Graphics Array) pada laptop, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Klik kanan pada desktop dan pilih "Properties" atau "Personalize" (tergantung pada sistem operasi yang digunakan).
  2. Pada jendela yang muncul, pilih "Device Manager" atau "Device and Printer" (tergantung pada sistem operasi yang digunakan).
  3. Dalam Device Manager, cari dan klik "+" di sebelah "Display adapters".
  4. Pilih "Intel HD Graphics" atau "NVIDIA GeForce" (tergantung pada jenis VGA yang digunakan pada laptop Anda).
  5. Klik kanan pada pilihan yang dipilih dan pilih "Properties".
  6. Pada jendela yang muncul, pilih "Driver" tab dan temukan "Driver Version" atau "Driver Date" yang menunjukkan versi VGA yang digunakan.

cara lain untuk melihat versi VGA laptop Anda, di antaranya adalah:

  • Melalui System Properties: Klik kanan My Computer atau This PC dan pilih Properties. Pada jendela yang muncul, pilih tab Device dan klik tombol Device Instalation Settings. Kemudian cari Display adapters dan klik untuk melihat detail. Anda akan melihat versi VGA yang digunakan oleh laptop Anda.
  • Melalui perintah di Command Prompt: Buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + X dan pilih Command Prompt (Admin). Kemudian ketik perintah "dxdiag" (tanpa tanda petik) dan tekan Enter. Dalam jendela yang muncul, pilih tab Display dan Anda akan melihat versi VGA yang digunakan oleh laptop Anda.
  • Melalui software system information: Ada beberapa software yang bisa anda gunakan untuk melihat informasi system seperti Speccy, AIDA64, dll. Anda bisa mencari dan menginstall software tersebut dan mengecek informasi VGA di dalamnya.

Setelah Anda mengetahui versi VGA laptop Anda, Anda dapat membandingkannya dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi atau game yang ingin Anda jalankan. Jika versi VGA yang digunakan oleh laptop Anda sesuai atau lebih tinggi dari spesifikasi yang dibutuhkan, maka Anda dapat menjalankan aplikasi atau game tersebut dengan baik. Namun jika versi VGA yang digunakan oleh laptop Anda lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan, Anda mungkin mengalami masalah performa atau masalah visual.

Itulah cara mudah untuk melihat versi VGA laptop Anda. Pastikan untuk selalu mengecek versi VGA sebelum menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan spesifikasi khusus.