Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Dowload Dan Install Xampp Di Windows 7

Hallo semuanya apa kabar? Semoga kalian sehat-sehat ya. Disni saya memberikan tutorial bagaimana Cara Dowload Dan Install Xampp Di Windows 7. sebelum masuk ke proses penginstallan kita harus tahu terlebih dahulu apa itu XAMPP & Fungsinya ? berikut adalah tutorial bagaimana Cara Dowload Xampp dan Install di windows 7 simak baik-baik ya :

Cara Dowload Dan Install Xampp Di Windows 7
Cara Dowload Dan Install Xampp Di Windows 7

1.Pengertian XAMPP, Apache dan MySQL

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak (software) komputer yang sistem penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP, dan Perl. Sementara imbuhan huruf “X” yang terdapat pada awal kata berasal dari istilah cross platform sebagai simbol bahwa aplikasi ini bisa dijalankan di empat sistem operasi berbeda, seperti OS Linux, OS Windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Apache adalah aplikasi web server yang bersifat gratis dan bisa dikembangkan oleh banyak orang (open source).

MySQL atau MariaDB merupakan aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. MySQL berperan dalam mengolah, mengedit, dan menghapus daftar melalui database.

2. Fungsi Xampp

Program aplikasi XAMPP berfungsi sebagai server lokal untuk mengampu berbagai jenis data website yang sedang dalam proses pengembangan.

Dalam prakteknya, XAMPP bisa digunakan untuk menguji kinerja fitur ataupun menampilkan konten yang ada didalam website kepada orang lain tanpa harus terkoneksi dengan internet, cukup akses melalui Xampp control panel, atau istilahnya website offline.

Nah berikut adalah tutorial cara dowload xampp dan install

1. Langkah pertama yang harus kalian persiapkan adalah download software xampp terlebih dahulu, jika kalian belum download bisa download dilink ini dowloadxampp

2. Setelah kalian dowload lalu buka aplikasinya disini saya akan menginstal Xampp dengan PHP version 7.4.5

3. Selanjutnya klik Next

4. Disini kalian klik Next saja

5. Disini kalian memilih foler directorynya ya, tapi biasanya langsung ke folder C lalu klik Next

6. Tunggu prosesnya hingga selesai ya

7. Setelah proses selesai klik Finish ya

8. Lalu kita coba jalankan Apache server dan Mysql Database

dengan Klik Start.

9. Selanjutnya kita masuk ke web browser lalu ketikan url localhost/phpmyadmin/ disini saya akan mencoba untuk masuk ke database Mysql ya

10. Jika tampilanya seperti gambar diatas maka kita sudah bisa menggunakan database mysql nya ya

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian semua.