Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cetak Rekening Koran Bank Mandiri

Cara Cetak Rekening Koran Bank Mandiri – Pada artikel ini admin TC akan berbagi tips tentang rekening koran mandiri. Baik itu syarat-syaratnya, manfaat dan cara mencetaknya secara online maupun offline. Dokumen yang dikeluarkan oleh pihak bank ini sangat penting untuk diketahui bagaimana cara untuk mendapatkannya. Jadi bagi nasabah bank Mandiri wajib mengetahui informasi ini dengan membaca hingga selesai.

Cara Cetak Rekening Koran Bank Mandiri
Cara Cetak Rekening Koran Bank Mandiri

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya yang juga mebahas topik serupa. Rekening koran adalah suatu dokumen yang berisi seluruh rincian transaksi pada suatu rekening bank dan dalam periode waktu tertentu.

Kegunaan Rekening Koran Mandiri

Dalam kondisi tertentu, nasabah harus memiliki dokumen ini. Beberapa manfaat dan kegunaan dari rekening koran bank mandiri antara lain :

» Membuat VISA

Salah satu fungsi dari rekening koran yaitu untuk proses pengajuan Visa. Seperti kita ketahui, Visa ini ibarat KTP ketika akan bepergian ke luar negeri. Pada saat pembuatannya, akan diminta beberapa persyaraan dan salah satunya rekening koran 3 – 6 bulan terakhir.

» Sebagai Bukti Hukum

Jika diperluan rekening koran bisa menjadi barang bukti yang sah atau legal sebagai pendukung dalam peradilan. Contoh yang sering terjadi yaitu tindak penipuan jual beli dan transaksi yang dilakukan secara online.

» Pengajuan Pinjaman dan Kartu Kredit

Rekening koran menjadi persyaratan penting ketika akan mengajukan pembuatan kartu kredit. Apalagi jika kalian seorang pengusaha dimana tidak ada slip gaji maka rincian transaksi pada rekening koran menjadi gantinnya. Selain itu juga biasa menjadi bahan persyartatan untuk mengajukan pinjaman dan KPR.

» Audit Keuangan

Audit keuangan suatu perusaahan sangat membutuhkan rekening koran. Karena di dalamnya terdapat seluruh rincian transaksi keuangan baik itu uang keluar maupun masuk. Selain untuk suatu perusahaan, sebenarnya keberadaan rekening koran dari bank mandiri penting sekali untuk mencocokan suatu transaksi.

» Dan Masih Banyak lagi

Masih banyak lagi fungsi dan kegunaan dari rekening koran dari suatu rekening bank, sesuai dengan keperluan setiap orang yang memerlukan.

Syarat dan Biaya Cetak Rekening Koran Mandiri

Apabila ingin mencetak rekening koran di kantor Bank Mandiri. Kalian wajib mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dan berapa biaya cetak / print per lembarnya. Beberapa syarat yang wajib disiapkan antara lain :

  1. Buku tabungan dan kartu debit bank Mandiri
  2. KTP/Paspor
  3. Menyiapkan biaya cetak Rp 2.500 per lembar

Mengingat ini merupakan dokumen yang penting, maka harus dilakukan sendiri atas nama pemilik rekening dan tidak disarankan untuk diwakilkan. Setelah mengetahui pesyaratannya silahkan ikuti langkah-langkah untuk mencetak rekening koran berikut ini.

Cetak Rekening Koran di Bank Mandiri (Offline)

  1. Kunjungi kantor unit kerja bank mandiri terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan
  2. Ambil antrian ke bagian customer service “CS” atau bisa minta bantuan satpam bank
  3. Setelah saatnya dilayani cs, informasikan bahwa ingin mencetak atau print rekening koran
  4. Silahkan sebutkan tujuan mencetak jika ditanya dan infokan juga periode yang akan diprint out
  5. Serahkan semua syarat yang diperlukan
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  7. Setelah berhasil dilakukan print out, silahkan bayar sesuai dengan jumlah lembar

Secara sederhana, yang harus dilakukan hanya langsung datang ke unit kantor cabang Bank Mandiri. Lalu meminta bantuan customer sevice untuk melakukan print out rekening koran. Maka dengan senang hati pasti akan dicetakkan dan hasil atau contohnya seperti di bawah ini.

Cetak Rekening Koran Bank Mandiri Secara Online

Jika kebutuhannya hanya untuk melihat rincian transaksi atau kebutuhan yang bukan formal dalam 1 bulan terkahir. Silahkan manfaatkan layanan internet banking mandiri pada menu mutasi rekening. Download mutasi sesuai periode waktu yang ingin dilihat lalu simpan file nya untuk kemudian bisa dicetak atau print.

Tetapi untuk cara ini nasabah wajib sudah mengaktifkan layanan internet banking pada kantor unit kerja terdekat. Jadi mau pilih cara yang mana? Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Cetak rekening koran mandiri di atm

Untuk mencetak rekening koran di ATM Mandiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masukkan kartu ATM ke mesin dan masukkan PIN Anda.
  2. Pilih menu "Transaksi Lainnya" atau "Other Transactions"
  3. Pilih menu "Rekening Koran" atau "Statement of Account"
  4. Pilih jenis rekening yang ingin dicetak (misalnya rekening tabungan, giro, atau kartu kredit)
  5. Pilih periode tanggal yang ingin dicetak. Anda dapat memilih tanggal mulai dan tanggal akhir atau memilih periode bulanan.
  6. Setelah memilih periode tanggal, tekan tombol "OK" atau "Benar"
  7. Tunggu sampai mesin mencetak rekening koran Anda
  8. Ambil rekening koran yang telah dicetak dan ambil kartu ATM Anda
Perlu diingat bahwa mungkin ada biaya untuk mencetak rekening koran di ATM, sehingga pastikan untuk mengecek dengan bank Anda untuk informasi lebih lanjut tentang biaya yang terkait. Selain itu, pastikan untuk mengecek rekening koran yang telah dicetak untuk memastikan bahwa semua transaksi yang dilakukan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan lengkap tentang cara cetak rekening koran mandiri beserta dengan syarat dan biaya yang harus dibayar. Berdasarkan tulisan di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan rekening koran sangat penting untuk beberpa keperluan. Kemudian proses print sangat mudah dengan biaya yang murah tentunya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.