Bisnis di Instagram? 4 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Agar Bisnismu Cepat Berkembang

Instagram menjadi salah satu media sosial yang kini sangat populer selain facebook dan twitter, platform media sosial yang digunakan untuk membagikan foto dan video sudah digunakan ratusan juta orang di dunia salah satunya di Indonesia.

Jumlah pengguna instagram di indonesia menjadi jumlah terbesar ke-4 di dunia setelah Amerika (110 juta pengguna), Brazil (66 juta pengguna), India (64 juta pengguna). Indonesia berada di posisi ke-4 pengguna instagram dengan jumlah sebesar 56 juta pengguna.

Sekarang ini instagram tidak hanya dimanfaatkan sekedar sebagai tempat membagikan foto dan video ketika liburan, atau foto – foto kegiatan yang dilakukan sehari hari.

Instagram kini sudah menjadi sosial media yang sangat bermanfaat bagi berbagai bidang, banyak sekali akun instagram dengan puluhan ribu bahkan jutaan pengikut karena berisi konten yang bermanfaat bagi kalangan tertentu atau penyuka hal tertentu, misalkan sebuah hobi atau sekedar hiburan.

Contoh bidang – bidang yang sudah memanfaatkan instagram diantaranya:

1. Bisnis

2. Jurnalis

3. Hiburan

4. Pariwisata

5. Olahraga

6. Komunitas

7. Hobi

9. Pemerintahan

10. dll

Itu artinya instagram sudah merambah hampir di segala bidang kehidupan, media sosial sudah menjadi hal yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita sekarang ini.

Semakin banyak pengguna instagram juga menunjukkan semakin banyaknya peluang yang bisa kita dapatkan dari kemajuan tersebut dalam berbagai hal salah satunya dalam hal bisnis. 

Banyak sekali pebisnis yang mulai menjalankan bisnisnya secara online melalui instagram, dan banyak pula yang justru berjualan atau berbisnis hanya memanfaatkan platform instagram saja.

Beberapa contoh bisnis yang saat ini banyak ditawarkan dan berjalan di instagram diantaranya:

1. Bisnis kosmetik

2. Bisnis paket wisata

3. Bisnis makanan

4. Bisnis fashion

5. Bisnis kerajinan

Serta masih banyak lagi bisnis yang bisa jilanankan melalui platform instagram, bisnis tersebut mudahnya kita anggap sebagai jualan lah, baik jualan produk ataupun jasa.

Jumlah pengguna yang mencapai puluhan juta juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis, karena di setiap bidang bisnis atau jualan tentunya memiliki saingan yang tidak sedikit jumlahnya.

Oleh karena itu, banyak hal yang harus kita perhatikan jika ingin akun instagram bisnis kita bisa dikenal dan diikuti oleh banyak pengguna di instagram. karena pengguna instagramlah yang nantinya akan menjadi target pasar dari bisnis yang kita miliki.

Membangun sebuah akun instagram sebagai tempat bisnis berbeda dengan akun pribadi apalagi jika kita bikin akun instagram bisnis dari 0, untuk mampu bersaing dengan bisnis serupa yang sudah jauh berkembang dan memiliki banyak pengikut dibutuhkan trik dan cara tertentu.

Selain trik optimasi tertentu, kesabaran dan ketekunan ekstra untuk membangun sebuah akun bisnis juga sangat diperlukan. karena untuk menemukan formula yang pas dibutuhkan waktu dan keseriusan yang besar.

Berikut beberapa hal yang penting kamu perhatikan untuk membangun akun instagram bisnis:

1. Nama Akun

Setelah memikirkan bisnis apa yang ingin kamu jalankan lewat instagram, hal pertama yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat akun di instagram sebagai tempat jualan kalian.

Nah, untuk membuat akun instagram ini, kamu harus memilih nama atau username yang sesuai dengan julanmu dan yang paling penting mudah diingat, contoh saja kamu jualan baju muslim, pilih username yang mudah diingat misalkan @bajumuslimku atau @muslimstore dan sejenisnya.

Jangan sampai kamu memilih username yang terlalu panjang atau rumit sehingga sulit diingat oleh calon pembeli kita contohnya @pusatbajumuslim123 dan sejenisnya, karena ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan akun bisnis yang kita bangun. 

Semakin simple dan mudah diingat makan akan semakin memberikan peluang akun bisnis kita mudah dikenal banyak orang.

2. Riset akun kompetitor

Sudah bisa dipastikan jika jumlah kompetitor yang menjual atau bergerak dalam bidang bisnis yang sama dengan bisnismu sangat banyak. cari beberapa akun kompetitor yang populer tersebut untuk selanjutnya kita analisa dan kita tiru apa yang mereka lakukan. 

Cara ini bisa kamu lakukan agar kamu bisa bersaing dengan mereka di instagram, beberapa yang bisa kamu analisa dari akun instagram kompetitor diantaranya adalah strategi mereka. perhatikan apa saja strategi yang jualan mereka yang bisa kita terapkan di bisnis kita dengan melakukan sedikit modifikasi. strategi yang dimaksud contohnya seperti give away, promo dan lain sebgainya.

strategi diatas bisa kita tiru tentunya bertujuan untuk menarik para calon pembeli untuk menjadi pengikut akun bisnis yang kita miliki. lakukan hal yang belum mereka lakukan yang bisa menjadi pembeda dan membuat bisnis kamu lebih menarik daripada kompetitor.

Selain itu beberapa hal secara teknis yang bisa kamu lihat di akun kompetitor diantaranya:

– Jumlah postingan setiap harinya

– Jam potensial untuk posting

– Hashtag yang digunakan

– Konten apa yang lebih menarik bagi calon pembeli (foto, video, atau IG TV)

Baca cara mencari hashtag yang powerfull di instagram

Setelah kamu menemukan semua hal tersebut dari akun kompetitor, yang selanjutnya kamu lakukan adalah membuat formula untuk akun bisnismu sendiri berdasarkan analisis yang kamu lakukan.

tentunya tidak mudah menemukan formula yang tepat, kamu butuh beberapa kali mencoba, seperti mencoba berbagai hashtag yang potensial, jam posting yang memiliki banyak interaksi dan konten yang disukai oleh calon pembeli kita.

3. Tampilan

Setelah melakukan analisis dan memetakan apa yang akan kamu terapkan pada akun instagram bisnismu, selanjutnya adalah soal tampilan, buat tampilan instagram kamu semenarik mungkin. karena yang pertama kali orang lihat ketika berkunjung ke akun bisnis kamu adalah tampilannya. 

Jika dari tampilan saja sudah tidak menarik, kemungkinan orang berpindah tanpa melihat postingan kita juga cukup besar. sajikan foto dan video yang mampu meningkatkan interaksi pengikut kita.

4. Tekun dan Sabar

Membangun sebuah bisnis membutuhkan ketekunan yang tinggi, setiap hari kamu harus menyajikan konten – konten yang menarik agar follower tidak lari dan berpindah. inilah yang biasanya sulit dilaukan. cepat menyerah karena akun tak kunjung berkembang serta jualan tak kunjung laku yang membuat usaha anda akan sia – sia.

Butuh waktu agar usaha yang kita miliki bisa dikenal oleh banyak orang, tetap rutin mengurus akun instagram bisnis kita, sabar, dan tentunya optimis apa yang kita lakukan tidak akan sia – sia dan akan menghasilkan hasil yang memuaskan.