ASUS VivoBook Ultra A412 – Laptop Stylish dengan Performa Terbaik di Kelasnya

seorang model memegang laptop asus ditangannya

Buat saya dan mungkin sobat yang bekerja di dunia digital, laptop sudah jadi barang wajib yang harus ada didalam tas ketika bepergian kemana-mana. baik saat travelling atau sekedar nongkrong di kafe bareng temen-temen buat bicarain soal kerjaan.



Banyak kebutuhan pekerjaan yang harus saya selesaikan menggunakan laptop, baik itu nulis artikel, bikin desain ataupun sekedar edit foto dan video pendek.


Karena terkadang inspirasi dan mood saya buat ngerjain sesuatu datang secara tiba-tiba, kalau nggak langsung dikerjain biasanya suka lupa, dan udah deh akhirnya kerjaan itu jadi tertunda-tunda terus.


Meskipun mungkin sobat disini ada yang lebih nyaman pakai smartphone buat nulis inspirasi atau ngerjain sesuatu karena lebih mudah dibawa kemana-mana dan ukurannya juga kecil, itu semua tergantung nyamannya kita masing-masing.


Tapi saya pribadi lebih suka pakai laptop karena ukuran layarnya lebih besar dan performanya lebih maksimal. selain itu juga beberapa pekerjaan kadang hanya bisa dilakukan di laptop, jadi mau nggak mau ya harus antisipasi deh.

Emang nggak berat bawa laptop kemana-mana?

Dulu memang sempet cape juga sih kemana-mana harus bawa tas ransel yang isinya laptop beserta perlengkapannya, karena sampai awal tahun 2019 saya masih pake laptop ukuran 14-inch yang ukurannya cukup besar dan juga lumayan berat.


Sobat tahu sendiri lah seberapa berat dan besarnya ukuran laptop 14-inc yang masih pakai model lama.


Kabar baiknya adalah pada pertengahan tahun 2019, ASUS merilis laptop baru yaitu ASUS VivoBook Ultra A412 yang saya rasa cocok jadi pengganti laptop lama saya.


vivobook ultra a412 diatas meja

VivoBook Ultra A412 hadir dengan desain stylish serta memiliki performa yang sangat baik sehingga mampu menunjang pekerjaan saya di dunia digital.


Salah satu hal yang saya suka dari laptop ini adalah dimensinya yang tidak tertalu besar meskipun memiliki ukuran layar 14-inch. panjangnya hanya 32cm dengan lebar 21cm ditambah lagi empat varian warna yang ditawarkan sekaligus membuat VivoBook Ultra A412 menyandang gelar “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook”.


Selain itu, VivoBook Ultra A412 juga menjadi salah satu laptop ringan dan tipis yang dimiliki oleh ASUS, bobot laptop ini hanya 1,5 kilogram dengan ketebalan 1,9 cm.


Ini akan sangat memudahkan sobat yang terbiasa membawa laptop kemana-mana karena tidak memakan banyak tempat dan bobotnya juga bisa dibilang cukup ringan.


Apalagi kalau travelling, sobat pasti suka bimbang mau bawa laptop atau enggak. karena takut menuhin tempat lah, bawanya berat lah dan lain sebaginya. Kalau punya VivoBook Ultra A412 dijamin sobat nggak bakal bimbang seperti itu lagi deh.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ASUS Indonesia (@asusid) pada



Laptop sekecil itu ukuran layarnya beneran 14-inch?

Sobat mungkin agak ragu dengan ukuran layarnya apakah bener berukuran 14-inch atau tidak, karena kalau dilihat sekilas dari luar sepertinya VivoBook Ultra A412 punya ukuran layar kurang dari 14-inch.


Nah inilah kelebihan lain yang dimiliki VivoBook Ultra A412, Hadirnya fitur premium NanoEdge Display membuat bezel pada layar laptop ini hanya berukuran 5,7 mm. Berkat bezel yang tipis tersebut dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen. 


Asus juga menghadirkan fitur preamium lain di VivoBook Ultra A412 yaitu fitur Ergolift Desain, fitur ini akan membuat sobat lebih nyaman saat bekerja menggunakan laptop ini seperti mengetik dan lain sebagainya, karena bodi utama VivoBook Ultra A412 akan terangkat membentuk sudut dua derajat.


Terangkatnya bodi utama VivoBook Ultra A412 berkat fitur Ergolift juga akan memberikan sedikit rongga dibawah laptop sehingga sirkulasi udara pada sistem pendinginnya akan lebih lancar saat sobat gunakan.


Canggihnya lagi, VivoBook Ultra A412 sudah dilengkapi dengan fitur keyboard backlit yang membantu sobat mengetik di ruangan yang gelap.


Udah itu saja? tentu tidak dong,,

tampilan windows hello di layar laptop asus vivobook ultra a412

Masih ada fitur fingerprint yang sudah terintegrasi dengan windows Hello. Jadi sobat bisa dengan mudah masuk kedalam akun windows 10 hanya dengan menempelkan sidik jari. Selain mempermudah, fitur ini juga membuat VivoBook Ultra A412 sobat menjadi lebih aman.

Paling cuma bagus luarnya doang, performanya gimana?

eits, tunggu dulu sob…


VivoBook Ultra A412 tidak hanya memiliki keunggulan dari segi desainnya tapi laptop ini juga di klaim memiliki performa terbaik di kelasnya. Seperti yang dikatakan Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia bahwa “VivoBook Ultra A412 hadir dengan bodi yang lebih ringkas namun tetap mengedepankan performa”. 


Ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-8 sangat mendukung laptop mungil ini menjadi laptop yang gesit dan powerfull. Varian tertinggi yang bisa sobat pilih dari VivoBook Ultra A412 dibekali Intel Core i7-8565U mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread. mantap kan?


NVIDIA GeForce MX250 menjadi penopang VivoBook Ultra A412 dalam hal grafis dengan VRAM sebesar 2GB, ini cocok untuk sobat yang sering menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa grafis untuk pekerjaan sehari hari. 


Sedangkan dalam hal memori VivoBook Ultra A412 bekerja semakin kencang dengan RAM DDR4 serta penyimpanan menggunakan M.2 SSD 512 GB yang membuat laptop ini menyala dalam hitungan detik.


Spesifikasi VivoBook Ultra A412 yang bisa Sobat pilih:

  • Core i3/4 GB/512 GB
  • Core i5/ 8 GB/ 512 GB 
  • Core i5 MX250 GPU/ 8 GB/ 512 GB 
  • Core i7 MX250 GPU/8 GB/ 512 GB


Soal konektivitasnya gimana?

ASUS tidak lupa memperhatikan VivoBook Ultra A412 dalam hal konektivitas, laptop ini dilengkapi dengan beragam port diantaranya USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port yang posisinya berada di bagian kanan dan kiri bodi laptop.


yang tidak kalah pentingnya yaitu opsi konektivitas nirkabel. Sebagai laptop ringkas yang mengedepankan mobilitas, VivoBook Ultra A412 dipasangi Koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2×2) dan juga Bluetooth 4.2 yang membuat sobat lebih leluasa terhubung dengan aksesoris tambahan lainnya dimanapun dan kapanpun.


Berikut adalah spesifikasi lengkap VivoBook Ultra A412:

Kurang apalagi coba VivoBook Ultra A412? desainnya stylish, tipis, ringan, fiturnya lengkap, teknologinya canggih, juga dilengkapi dengan performa yang sangat baik. kalau buat saya sih VivoBook Ultra A412 udah paket komplit deh.