Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu CMS ?

CMS (Content Management System) merupakan suatu aplikasi web yang dirancang untuk mengelola isi halaman web secara mudah. Para pengguna CMS tidak memerlukan pengetahuan yang handal tentang bahasa pemograman berbasis web, contoh : bahasa pemograman PHP, HTML, CSS, jQuery ,dll. karena cms sudah menyediakan fitur-fitur yang di sajikan didalamnya, contoh : konten halaman web, database, template/thema, dll.

Apa itu CMS ?
Apa itu CMS ?

Dengan Cms anda dapat membangun sebuah website seperti :
1. Website perusahaan, bisnis, organisasi atau korespondensi.
2. Portal
3. Galeri foto
4. Aplikasi E-Commerce / Toko Online
5. Mendominasi website pribadi / blog.
6. Dan lain-lain

Contoh Cms yang banyak digunakan :

1. Cms WordPress

Cms WordPress merupakan cms yang paling banyak di gemari atau paling banyak digunakan oleh penggembang website di seluruh dunia,

untuk mendapatkan cms ini anda dapat mendownload nya di situs resmi https://wordpress.org/

2. Cms Lokomedia

Cms Lokomedia merupakan cms yang dicipakan oleh anak bangsa, cms ini cocok digunakan untuk yang lagi nyusun tugas akhir pada program studi teknik informatika yang mengambil judul tentang aplikasi berbasis web.

3. Cms Concrete5

Cms Concrete5 adalah sebuah sistem manajemen konten (CMS) dengan sistem pendukung yang baik karena merupakan open source dan sudah definit bebas untuk menggunakan. Concrete5 memudahkan kita untuk membuat sebuah website standar, seperti situs review produk, dengan sekedar mengikuti langkah-langkah sederhana dan bahkan tanpa coding. Cara kerjanya nyaris sama dengan Impress page yang sama-sama menggunakan system drag and drop dalam membuat website.

4. Cms Drupal

Cms Drupal adalah sistem manajemen konten gratis yang lumayan populer. Hal pertama yang terpikirkan disaat mendengar nama drupal yang berhubungan dengan nyekrip atau ngoding. Memang benar dibutuhkan skill yang lebih jika kita ingin menggunakan CMS Drupal karena melentung banyak soal teknis disini dan tingkat kesulitan-nya melebihi wordpress dan joomla. Kita harus mengetahui dulu tentang HTML, PHP dan sebagian program web lainnya.

5. Cms Joomla

Cms Joomla juga dibangun untuk memprose atau menangani situs besar dan usaha kecil yang berkembang dengan memiliki banyak produk atau konten website. Joomla mendukung HTML5 dan memudahkan ketika dalam membangun website dengan mudah.

CMS Joomla juga merupakan rancangan untuk program perangkat lunak yang open source yang dapat di unduh dan gunakan secara bebas. Ada banyak dorongan yang tersedia dan memungkinkan kita untuk membantu dalam bangun aplikasi online. Joomla merupakan CMS yang populer dan banyak penggunanya.

Bisa dikatakan joomla merupakan CMS tanggung karena lebih sulit pemakaian-nya dan dengan fitur yang tidak banyak dibanding wordpress dan bertambah banyak fitur-nya dan mudah digunakan dibanding drupal. Karena menjadi CMS tanggung sehingga banyak pemakai yang cinta dengan Joomla karena powerfull, namun mudah digunakan. Joomla telah dibuat dengan sangat baik, CMS ini menyatukan kemanfaatan dari WordPress dan Drupal, dan juga menambahkan beberapa fitur sendiri sehingga mengangkat joomla menjadi juara kedua dalam daftar CMS website terbaik.

Demikian dula iya, semoga dengan postingan ini bisa membantu kalian semua.

Post a Comment for "Apa itu CMS ?"