6 Seo Keyword Tool untuk Blogger

Banyak sekali perusahaan yang menawarkan harga tinggi untuk mengoptimasi search engine optimization bagi pelanggannya. Namun ternyata ada beberapa SEO keyword tool gratis tersedia di internet yang bisa memberikan peluang untuk memenangkan urutan hasil pencarian Google.

6 Seo Keyword Tool untuk Blogger
6 Seo Keyword Tool untuk Blogger

6 Pilihan SEO Keyword Tool

Beberapa SEO keyword tool di bawah ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus menggunakan jasa orang lain. Tujuannya agar website dapat merajai hasil pencarian pada Google atau search engine lainnya. Berikut adalah ulasannya:

Google Keyword Planner

SEO keyword tool pertama yang bisa Anda gunakan gratis yaitu Google Keyword Planner dan merupakan bagian dari Google sendiri. Sebenarnya layanan ini memang difungsikan untuk menganalisa dan mencari kata kunci potensial dalam pemasangan iklan.

Banyak orang yang telah menggunakan layanan ini karena dipercaya memiliki akses data keyword yang lengkap. Hal ini membuat riset kata kunci bisa mendapatkan hasil lebih akurat. Selain itu, Google Keyword Planner juga didesain khusus bagi bisnis sehingga cocok dijadikan strategi marketing.

Google Search Console

Tool yang satu ini juga masih menjadi bagian dari platform Google. Anda dapat menggunakannya untuk memantau website guna menjaga performanya. Di samping itu, juga untuk mengatasi masalah situs web jika sedang mengalami gangguan dan hasil pencarian.

Beberapa layanan yang bisa didapatkan dari Google Search Concole adalah monitoring crawling bot Google dalam website, memantau trafik pencarian keyword, menerima pemberitahuan jika dijumpai aktivitas merugikan pada situs web, dan juga menunjukkan masalah AMP versi ponsel.

Ubersuggest

Tool ini menjadi salah satu deretan terbaik yang patut Anda coba. Ubersuggest menawarkan fitur lengkap, mulai dari laporan efektivitas SEO setiap halaman, performa domain, ide-ide konten menarik, rekomendasi penggunaan kata kunci dan adanya data baclink.

Terdapat fitur utama yang disediakan oleh Ubersuggest yaitu keyword ideas, memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci strategis. Kemudian content ideas dapat dimanfaatkan bagi user guna memperoleh seluruh konten terkait dengan keyword.

Keywordtool.io

Jika Anda sedang mencari long tail keyword, maka tool Keywordtool.io menjadi pilihan paling tepat. Platform ini dapat digunakan untuk menemukan kata kunci yang cukup panjang. Upaya ini sudah dilakukan oleh kebanyakan orang, karena dipercaya memiliki sedikit pesaing daripada kalimat pendek.

Menariknya lagi, Keywordtool.io tidak hanya merekomendasikan keyword untuk Google saja melainkan juga beberapa mesin pencarian lainnya. Riset kata kunci tersebut dibelakukan pada 7 media lainnya, mulai dari Amazon, eBay, Twitter, Blog, Youtube, Instagram dan Playstore.

Wordstream

Tool ini cukup populer bagi kalangan pengiklan di seluruh dunia dalam menjalankan digital marketing. Wordstream menyediakan fitur lengkap bagi para marketer yang bisa digunakan untuk berbagai media pengiklanan. Beberapa di antaranya yaitu software bisnis berskala kecil, menengah dan sekelas agensi.

Misalnya yaitu software khusus bagi penggerak UKM. Di dalamnya sudah dilengkapi beberapa fitur yang dapat digunakan untuk memantau proses pembuatan iklan, laporan performa dari pengiklanan terpasang serta optimisasi. Layanan tersebut sudah berbeda jauh fungsinya dengan menu agensi.

KWFinder

Menurut KWFinder sendiri, untuk mencapai urutan teratas pada mesin pencarian, Anda cukup menembak kata kunci yang tepat. Hal ini bisa didasarkan atas banyaknya keyword tersebut dicari oleh pengguna internet.

KWFinder didesain untuk memudahkan pemula dalam belajar dunia SEO. Tampilan menunya pun cukup sederhana sehingga mudah dipahami. Sementara cara kerjanya yakni hampir serupa seperti keyword tools pada umumnya dengan memasukkan kata kunci dan lokasi target.

Keenam SEO keyword tool di atas bisa Anda coba secara gratis demi melakukan upaya optimasi. Meskipun menggunakan jasa agensi dipercaya mendapakan hasil yang lebih maksimal, namun tidak ada salahnya jika mencobanya sendiri.