5 Hal Ini Bisa Membawamu Menjadi Seorang Fotografer Profesional


Fotografi merupakan seni, aplikasi, dan praktik menciptakan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya atau radiasi elektromagnetik lainnya, seorang fotografer tidak hanya sekedar menangkap momen dan menjadikan sebuah gambar, tetapi lebih dari itu tugas seorang fotografer adalah membuat sebuah gambar yang mampu menceritakan sesuatu ketika seseorang melihatnya gambar tersebut.


Era seperti sekarang ini, banyak yang menekuni fotografi awalhnya hanya sekedar hobi, namun seiring berjalannya waktu dan kemampuan mereka semakin baik. banyak yang akhirnya menjadikan fotografi sebagai sebuah pekerjaan.


Bahkan, saat ini sudah banyak sekali orang yang mencoba terjun di dunia fotografi khususnya anak muda. harga serta jenis kamera level entri yang semakin kesini semakin beragam, membuat siapa saja mudah untuk memiliki sebuah kamera.


Banyak hal yang harus kamu lalui hingga pada akhirnya bisa dikatakan sebagai seorang fotografer profesional. 


Beberapa hal berikut ini bisa membawamu menjadi seorang fotografer profesional :

1. Meilih jenis fotografi yang ingin ditekuni

Banyak sekali jenis fotografi yang bisa kalian pilih salah satu untuk ditekuni, seperti fotografi potrait, model, landscape, travel, wedding, prewedding, nature, animal, bangunan, makanan dan masik banyak lagi. pilih satu satu bidang saja agar kalian bisa lebih fokus untuk mempelajari dan mendalami sebuah jenis fotografi tersebut. 


2. Pelajari teknik fotografi lebih mendalam

Ketika kamu sudah menentukan satu bidang fotografi untuk kamu tekuni, maka setelah itu kamu bisa lebih mendalami teknik fotografi yang digunakan dalam bidang tersebut. karena dalam fotografi, kemampuan teknik seperti pencahayaan, komposisi foto dan lain sebagainya bisa jadi berbeda antar bisang fotografi.


penguasaan tehnik yang mendalam akan membuatmu lebih mudah menciptakan sebuah foto yang baik dalam segala kondisi.


3. Peralatan yang mendukung kemampuanmu

Peralatan juga merupakan hal yang sangat penting, kualitas kamera serta lensa yang baik juga akan mendukungmu menciptakan gambar – gambar yang baik pula. karena jenis kamera juga memiliki level seperti level entri, semi pro, dan juga kamera profesional. 


Harga kamera memang tidak bisa dibilang murah, tapi dengan harga yang tidak murah tersebut juga menjamin gambar yang dihasilkan akan lebih maksimal. namun, jika kamu merasa sudah menguasai tehnik dan alat yang biasa saja bisa menghasilkan gambar yang bagus, itu tidak menjadi masalah. karena yang paling utama adalah skill yang kamu miliki.


4. Belajar dari karya – karya fotografer profesional

Pelajari karya karya fotografer profesional sesuai bidangmu, ini akan semakin memperbanyak referensi kamu sebagai seorang fotografer dalam bidang tersebut. kamu bisa memperlajari karya tersebut melalui internet atau pameran – pameran foto yang diselenggarakan secara langsung.


5. Jam terbang

Jika beberapa hal diatas sudah kamu lakukan, jam terbang adalah hal yang juga akan semakin mengasah kemampuanmu. semakin sering kamu melakukan pemotretan maka kemampuanmu dalam bidang tersebut uga akan semakin bertambah.


calon klien juga akan lebih percaya kepada fotografer yang sudah memiliki jam terbang tinggi dengan karya – karya yang sudah dibuatnya sebagai sebuah portofolio.



Perbanyak relasi antar sesama fotografer untuk saling belajar mengenai fotografi dan berbagi pengalaman satu sama lain.