12 Trik Menangani Keyboard Notebook/Laptop Yang Rusak Dan Error

Saat pengguna pertama kalinya beli perangkat notebook atau PC di toko komputer. Maka performa notebook itu dapat di katakan cukup memberikan kepuasan dan baik.Karena semua elemen baru terinstal dari pabrikan baik dari sisi piranti keras (Hardware) atau software (piranti lunak).

12 Trik Menangani Keyboard Notebook/Laptop Yang Rusak Dan Error
12 Trik Menangani Keyboard Notebook/Laptop Yang Rusak Dan Error

Namun bersamaan dengan berjalannya waktu, piranti notebook kita mulai alami beberapa permasalahan terutamanya jika sudah jalan tahunan. Dimulai dari sistem operasi yang error karena terserang virus, computer ngelag karena penyimpanan kepenuhan. Sampai piranti keras (hardware) notebook yang rusak karena pemakaian atau factor umur, terhitung piranti keyboard notebook.

Jika yang hancur ialah keyboard notebook, tentu saja hal tersebut sebagai permasalahan yang besar sekali, ingat keyboard notebook benar-benar penting fungsinya. Disamping untuk menginput text saat membuat document, keyboard bisa juga di pakai untuk lakukan perintah tambahan yang melengkapi pemakaian mouse seperti perintah Enter, Copy, Paste dll.

Jika Sudah begitu tentu saja di perlukan langkah khusus supaya keyboard notebook kita kembali memiliki fungsi, baik memakai feature bawaan atau memakai alat tambahan. Sebelum kami menerangkan langkah memperbaiki notebook. Pada kesempatan ini kami akan mengulas apakah itu keyboard notebook dan pemicu keyboard notebook rusak.

Lalu apa yang dimaksud Keyboard Notebook ?

Keyboard Notebook yaitu fitur keras (hardware) notebook berupa papan tulis yang terbagi dalam sejumlah tombol serta berperan buat menginput data berbentuk huruf, symbol serta angka.Di mana output yang di menghasilkan berdasar penekanan tombol keyboard itu oleh pemakai.

Model – Model Keyboard

  1. Keyboard Maltron. Keyboard model ini punyai wujud dengan sektor yang celung ke, dengan arah supaya pemakainya dapat bertambah cepat dalam soal menulis dengan 10 jemari.
  2. Keyboard Klockenberg. Model keyboard ini punyai status sejumlah tombol yang terpisah 2 sisi yaitu kiri serta kanan.Ke dua sisi terpisah dengan miring ke bawah dengan pojok 15 derajat.
  3. Keyboard Dvorak. Keyboard model ini diluncurkan di tahun 1932’an yang punyai guna mekanis supaya tangan kanan punyai beban makin banyak dibandingkan tangan kiri.
  4. Keyboard Alfabetic. Keyboard model ini sebagai keyboard angkatan awalan yang punyai posisi tombol sesuai sama huruf abjad (A-Z), sebelumnya di ciptakannya keyboard Qwerty seperti sekarang. Keyboard model alfabetic waktu ini cuma terdapat di mainan beberapa anak.
  5. Keyboard Numerik. Keyboard model ini punyai posisi tombol berbentuk angka yang sama-sama bersisihan serta berfungi buat mempermudah saat memasukkan bilangan dalam skala besar.
  6. Keyboard Serial. Keyboard model ini di pakai buat computer model AT serta di colokan pada port seri.
  7. Keyboard PS/2. Keyboard model ini di pakai buat model computer ATX yang kebanyakan di pakai pada computer lama. Keyboard model ini di koneksikan ke port PS/2 Computer dengan warna ungu (apabila port PS/2 mouse hijau).
  8. Keyboard USB. Keyboard model ini punyai connector berupa USB serta dapat di colokan pada Port USB notebook/komputer. Keyboard model USB sebagai model keyboard yang terbanyak di pakai pemakai waktu ini.
  9. Keyboard Wireless. Keyboard model ini sebagai technologi baru di mana pemakai dapat memanfaatkan keyboard tak mesti mencolokan kabel ke port notebook. Karena keyboard wireless memanfaatkan signal inframerah, wifi serta Bluetooth jadi media perantaranya

Peranan Keyboard

  1. Menginput Teks. Dengan keyboard kita dapat memasukkan text pada document yang kita bikin.
  2. Scroll. Dengan keyboard kita dapat menggulir monitor saat buka program (document, browser dan lain-lain) ke bawah dan ke atas.
  3. Pilih Perintah. Dengan keyboard kita dapat memberikan perintah pada program yang kita pakai memakai gabungan tombol. Seperti perintah Undo (Ctrl+Z) untuk menggagalkan perintah, Enter untuk menyepakati, Esc untuk cancel dan lain-lain.
  4. Kursor. Kita bisa juga memakai keyboard sebagai cursor (petunjuk arah) yang gantikan peranan mouse saat mouse rusak. Seperti tombol arah (bawah, kanan, kiri, atas), tombol tab, home, page down dan lain-lain

Pemicu Keyboard Netbook Hancur

  1. Kerusakan Hardware. Pemicu pertama kali yang umumnya terjadi pada keyboard yang hancur ialah masalah pada piranti keras keyboard. Ini dapat di sebabkan karena faktor-faktor seperti keyboard terkena cairan (basah), elemen dalam keyboard telah banyak debu (kotoran), tombol lepas karena kerap di pencet, sampai karena temperatur notebook yang kepanasan yang membuat keyboard tidak terdeteksi dan hang.
  2. Kerusakan Software. Pemicu seterusnya yang membuat keyboard error ialah karena sudah berlangsungnya kerusakan pada file software driver yang terinstal pada sistem operasi hingga keyboard kita tidak teridentifikasi atau alami masalah. Yang dapat dikarenakan karena gempuran virus, malware, junk file dan lain-lain

Sesudah kita ketahui apakah itu keyboard, tipe, peranan dan pemicu keyboard notebook rusak. Kali ini kami akan menerangkan langkah menangani keyboard notebook hancur baik memakai feature bawaan atau tambahan. Hingga dapat di pakai sebagai langkah pertama saat sebelum kita putuskan beli keyboard baru. Adapun triknya seperti pada bawah ini.

12 Trik Menangani Keyboard Netbook/Laptop Yang Rusak Dan Error

Re-start Notebook

Trik pertama-kali yang akan kami terangkan buat mengatasi keyboard notebook hancur, error dan tak berfungsi yakni dengan merestart notebook kita. Langkah barusan efisien di pakai kalau penyebab keyboard error yakni sebab notebook mengalami hang karena kebanyakan melaksanakan perintah.

Trik Re-start Notebook sendiri ringan Cukup Click Tombol Start > Shutdown > Re-start dan Click tombol OK atau Pencet tombol Enter. Tapi kalau monitor notebook betul – betul hang, jadi kita dapat memencet tombol power / re-start yang berada di notebook sehingga sesudah notebook re-start dan hidup kembali jadi keyboard notebook kita bisa kembali berfungsi.

Matikan Num Lock

Trik ke dua yang bakal kami terangkan buat menangani keyboard notebook tak berfungsi yakni dengan mematikan tombol Num Lock. Masalah ini kebanyakan terjadi saat kita tengah memanfaatkan tombol gabungan saat jalankan perintah, lalu gak berniat menekan tombol Num Lock.

Maka perintah setelah itu yang kita pencet di keyboard, outputnya di monitor tidak sama dengan dan error karena Num Lock. Buat menanganinya kita dapat mematikan Num Lock dengan memencet tombol Fn, NumLk, atau Caps Lock sama dengan model keyboard yang di pakai hingga keyboard mempunyai hasil output yang betul.

Membersihkan Debu dan Kotoran

Trik Ke tiga yang bakal kami terangkan buat menangani keyboard notebook yang error dan hancur yakni dengan bersihkan kotoran atau debu.Masalah ini di karenakan kotoran serta debu yang melekat di keyboard bisa menghambat sensor yang berada di keyboard buat melakukan perintah. Mengenai trik membersihkannya seperti pada bawah ini.

Trik Bersihkan Debu dan Kotoran pada Keyboard Notebook

  1. Pertama – tama Persiapkan terlebih dulu perlengkapan nya seperti kain, air, microfiber, kuas, gel pencuci keyboard, vacuum keyboard, spray duster dll. Buat pemakai yang masih belum mempunyai alatnya dapat membeli di toko online seperti tokopedia, shopee, lazada dan yang lain pada harga beberapa puluh ribu rupiah.
  2. Sesudah seluruh alat tersedia. Lalu kita Pakai Kuas terlebih dulu buat bersihkan permukaan keyboard notebook kita terhitung bagian yang sukar di gapai.
  3. Setelah itu Celupkan Kain ke sedikit air dan elap secara perlahan-lahan ke sisi atas keyboard kita sampai rata dan bersih.Atau kita dapat juga memanfaatkan Cutton bud yang awal kalinya udah diberi Alcohol 70 % Lantas kita dapat Memanfaatkan Gel pencuci keyboard buat menanggulangi vlek yang bandel pada keyboard, seperti kerak, debu, tinta dan sebagainya.
  4. Setelah itu Basuh kembali keyboard memanfaatkan kain yang sedikit basah barusan

    Lalu kita Elap kembali memanfaatkan kain Microfiber hingga keyboard kembali kering

    Kalau kita pengin lebih kering dan bersih kita dapat memanfaatkan Mini USB vacuum cleaner yang bisa menyentuh antara tombol keyboard hingga debu serta kotoran yang ada dapat di sedot

    Selesai. Sesudah seluruh sisi keyboard bersih dan kering, lalu Hidupkan kembali notebook kita dan keyboard kembali berperan secara baik.

  5. Tapi Kalau keyboard belum berperan maksimal, jadi kita dapat bersihkan sisi dalam keyboard dengan lepaskan tombol dan papan circuit notebook. Tapi langkah barusan pribadi buat pemakai yang mempunyai pengetahuan di sektor IT

Baca Juga : 5 Trik Kuasai Bahasa Pemprograman Bagi Mahasiswa

Lakukan Sistem Restore

Trik ke-4 yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard hancur dan gak berperan yakni dengan lakukan sistim restore. Sistim restore sendiri yakni feature yang dipunyai bawaan Windows dan berperan buat kembalikan penyusunan sistim ke tanggal awal kalinya di mana sistim masih pada kondisi baik.

Disamping itu Sistim restore pun kerap di pakai pemakai buat beberapa kebutuhan, seperti menyingkirkan virus yang jalan pada sistim, menanggulangi soal booting, dan membetulkan windows di saat ada error spesifik terhitung error pada fitur keyboard kita. Mengenai trik lakukan sistim restore akan kami terangkan seperti pada bawah ini.

Trik Lakukan Sistim Restore di Windows 10 ke Tanggal Awal kalinya

  1. Pertama kali kita Click Tombol Start Windows. Lalu Tentukan File Explorer.
  2. Sesudah File Explorer terbuka. Lalu kita Click Kanan ikon This PC yang berada di atas kiri monitor.
  3. Lalu Tentukan Pilihan Properties > Sistim Protection
  4. Lantas kita Click Tombol Sistim Restore
  5. Setelah itu Munculah Jendela Sistim Restore dan Click Tombol Next
  6. Lantas Tentukan dan Click Poin Sistim Restore yang ada dan Click Next
  7. Kemudian Click tombol Finis
  8. Proses load sistim restore poin lantas jalan sampai selesai. Dan sesudah tuntas notebook akan
  9. secara automatis lakukan re-start
  10. Selesai. Sesudah notebook kembali hidup jadi kegunaan keyboard kita kembali betul dan dapat di pakai

Instal Ulangi Driver Keyboard

Trik ke-5 yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard notebook yang hancur dan tak berperan yakni dengan memasang ulangi driver keyboard notebook kita. Langkah barusan di pakai kalau notebook kita udah terkena virus yang membuat beberapa file instalan di notebook dihilangkan oleh virus terhitung file instalasi driver keyboard.

Automatis kalau file instalasi driver keyboard hancur atau lenyap jadi seluruh perintah yang di kerjakan keyboard tak bisa dibaca oleh sistim windows di notebook hingga keyboard tak berperan saat pemakai ketik. Mengenai trik memasang ulangi driver keyboard akan kami terangkan seperti pada bawah ini.

Trik Memasang Ulangi Driver Keyboard

  1. Pertama – tama Periksa terlebih dulu kehadiran driver keyboard, masihkah dapat dibaca sistim tak atau windows.Tekniknya yakni Pencet (Windows + R) secara bertepatan
  2. Sesudah Jendela Run terbuka lalu kita ketikkan devmgmt.msc pada kolom yang siap dan Click Tombol Ok
  3. Sesudah Jendela Piranti Eksekutif terbuka. Lalu kita Click ikon Keyboard. Kalau tampil tanda-pertanda-tandanya warna kuning jadi kita harus lakukan install ulangi driver keyboard itu

    Mengenai buat memasang ulangi driver keyboard kita dapat beli CD driver ataupun download di internet yang pasti mesti di samakan dengan macam keyboard dan notebook kita

  4. Sesudah file driver sukses di unduh lalu kita Instal File itu dengan meng-click 2x file itu. Lalu kita baca seluruh pengakuan yang ada dan Click tombol Next#
  5. Saat Proses Instalasi selesai kebanyakan kita akan lihat tombol Finis dan Click tombol Finis itu
  6. Sesudah driver notebook tuntas di install. Lalu kita Check lagi posisi driver keyboard di piranti eksekutif seperti trik di atas. Kalau warna kuning barusan udah lenyap jadi driver sukses atau sesuai dengan keyboard notebook kita
  7. Selesai. Sekarang Keyboard notebook kita kembali dapat di pakai secara baik

Lepas Battery Notebook

Trik ke enam yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard notebook hancur dan tak berperan yakni dengan lepaskan battery notebook kita. Perihal ini kebanyakan efisien buat menanggulangi beberapa tombol keyboard notebook yang tak berfungsi. Mengenai trik lepaskan battery notebook akan kami terangkan seperti pada bawah ini.

Trik Lepaskan Battery Notebook

  1. Pertama kali Matikan Notebook kita dengan Click tombol Start dan Tentukan Pilihan Shoot down dan Tentukan Turn Off
  2. Setelah itu Cabut Colokan Pengisi daya (Adapter) dari notebook kita
  3. Sesudah notebook kita mati. Lalu kita Balikan Notebook kita dan Geser penahan kunci battery ke kiri
  4. Lantas Cabut Battery notebook secara perlahan-lahan sampai dapat lepas
  5. Setelah itu kita Biarkan notebook kita yang udah pada kondisi mati sepanjang beberapa saat buat proses pendinginan
  6. Sesudah notebook di rasa dingin, lalu Saran kembali battery ke notebook kita dan kunci sampai dipasang prima
  7. Setelah itu Colokan kembali kabel adapter (pengisi daya) ke notebook kita
  8. Lantas Nyalakan kembali notebook kita
  9. Selesai. Sesudah notebook kembali menyalak jadi keyboard notebook kita kembali berperan

Periksa Connector Keyboard

Trik ke tujuh yang bakal kami terangkan buat membetulkan keyboard notebook yang hancur yakni dengan melihat ulang connector keyboard masihkah dipasang dengan lepas atau baik.Walaupun nampak biasa, tapi kalau connector lepas dari penguncinya jadi keyboard notebook kita jadi tak berperan lantaran input tak dapat masuk.

Buat menanganinya pastinya kita mesti membuka keyboard notebook kita yang kebanyakan melekat pada motherboard dan memasangkan kembali dengan kuat dan serasi.Oleh karena itu langkah barusan cuman dapat di pakai oleh pemakai yang mempunyai pengetahuan perihal IT.

Lantaran kalau penempatannya salah malahan membuat kerusakan yang lebih parah. Mengenai trik penempatan connector ke pengunci keyboard dapat dipandang di video panduan youtube dengan meng-click link berikut ini.

Pakai Keyboard External

Trik ke delapan yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard notebook yang hancur dan tak berperan yakni dengan memanfaatkan keyboard external. Langkah barusan tentu efisien kalau dalam rumah kita masih tetap ada keyboard dari computer sisa yang tak terpakai. Hingga cukup colokan keyboard ke port USB notebook, jadi kita lantas kembali dapat lakukan pengetikan buat bikin dokumen.

Tapi kalau kita tak mempunyai keyboard cadangan, jadi kita dapat beli keyboard external di toko computer, toko percetakan ataupun online shop pada harga yang banyak variasi. Dimulai dengan harga yang murah kira-kira 30 beberapa ribu buat keyboard (PS/2), 50 beberapa ribu buat keyboard (USB), sampai 80 beberapa ribu buat keyboard (wireless).

Pakai On Screen Keyboard

Trik ke sembilan yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard notebook yang error dan tak berperan yakni dengan memanfaatkan On Screen Keyboard. On Screen Keyboard sendiri yakni suatu feature bawaan yang dipunyai oleh sistim operasi windows yang berperan menjadi keyboard cadangan (virtual) yang di hadirkan di monitor notebook.

Selanjutnya kita di haruskan memanfaatkan mouse atau touchpad pada notebook buat meng-click tombol keyboard virtual di monitor. Walaupun nampak lebih repot dan merepotkan tapi langkah barusan efisien di pakai kalau pada kondisi tertekan, contoh-contohnya saat kita tengah ada di dalam tempat terpisah atau mungkin waktu larut malam hari.

Buat aktifkan Keyboard virtual sendiri tekniknya amat ringan, adalah Click Menu Start > Program > Asesoris > Accessibility > dan Tentukan Pilihan On Screen Keyboard. Tapi buat pemakai Windows 10 dapat dengan mengetikan keyboard di kotak pelacakan taskbar > lalu tentukan Pilihan On Screen Keyboard sampai keyboard virtual tampil di monitor.

Tukar Lay-out Keyboard

Trik ke sepuluh yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard notebook yang hancur dan tak berperan yakni dengan menukar lay-out keyboard. Perihal ini di karenakan walaupun keyboard masih dengan status aktif dan dapat di pakai, tapi input yang di menghasilkan tidak sama dengan lantaran posisi tombol input yang berantakan. Mengenai trik menanganinya dibawah ini

Trik Tukar Lay-out Keyboard Notebook

  1. Pertama kali kita Ketikkan Language pada kotak pelacakan yang berada di taskbar dan Enter Setelah itu kita Click hasilnya ( Clock, Region dan Language)

    Sesudah ada dalam halaman Clock, Region dan Language. Lalu kita Click tombol Change input modes di sisi kanan menu Language

  2. Kemudian Tampil 3 Bahasa yang wajib kita Tentukan salah satunya. Seperti English (Indonesia), English (United States) dan Bahasa Indonesia
  3. Sesudah di Tentukan dan di Click salah satunya bahasa. Lalu Click tombol Pilihan yang berada di sisi kanan bahasa
  4. Setelah itu di dalam menu Input Metode kita Click tombol Add an input metode

    Lantas Munculah beberapa opsi Lay-out keyboard seperti DVORAK, QWERTY, PUSUDB dan sebagainya

  5. Lantaran kita pengin memanfaatkan lay-out keyboard pada biasanya, jadi kita Tentukan pilihan lay-out QWERTY dan Click tombol Add buat menempatkan penyusunan keyboard notebook yang udah dilakukan
  6. Selesai. Sekarang lay-out keyboard kita kembali memanfaatkan QWERTY dan ouput keyboard notebook kembali betul dan tak error

Samakan Penyusunan Keyboard

Trik ke sebelas yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard notebook yang hancur yakni dengan sesuaikan penyusunan keyboard. Perihal ini di perlu kalau keyboard masih memanfaatkan feature bawaan namun tak berperan secara baik, contoh-contohnya repet terlambat atau ada selang yang lama di antara pemunculan sifat satu dan yang lain saat keyboard di ketikan. Mengenai trik sesuaikan penyusunan keyboard seperti pada bawah ini.

Trik Sesuaikan Penyusunan Keyboard

  1. Pertama – tama Click Menu Start dan Tentukan Pilihan Kontrol Panel
  2. Setelah itu kita Click menu Easy to Akses
  3. Lantas kita Click tombol Make the keyboard easier to use
  4. Lalu di dalam menu Setting filter key, kita Tentukan Uncheck All
  5. Setelah itu Check apa keyboard notebook udah berperan secara benar atau mungkin tidak
  6. Kalau keyboard udah berperan, jadi kita dapat Click tombol Setting Sticky Keys buat menonaktifkannya di dalam menu yang serupa

Tukar Keyboard Bawaan (Toko Servis)

Trik ke 12 yang bakal kami terangkan buat menanggulangi keyboard notebook tak berperan yakni dengan menukar keyboard bawaan. Buat pemakai yang mempunyai pengetahuan di sektor IT dapat beli keyboard bawaan sama sesuai merk notebook di online shop pada harga 200 beberapa ribu dan mesti dapat memasangkan sendiri.

Tapi kalau pemakai di rasa tidak pernah membuka isi bagian notebook, jadi alangkah lebih baik bawa notebook yang dipunyai ke tukang servis yang setelah itu operator dari sana akan menukar keyboard yang dipunyai secara benar dan kita di haruskan bayar cost penempatan sekalian keyboard anyar kira-kira 300 – 400 ribuan.

Kesimpulan

Demikian keterangan kami berkaitan apakah itu keyboard notebook, macam, kegunaan bersama pemicu keyboard notebook rusak. Disamping itu di terangkan juga cara-cara buat menanggulangi keyboard notebook yang tak berperan dan error.Seperti dengan Merestart Notebook, Mematikan NumLock, Bersihkan Debu dan Kotoran, Sistim Restore, Instal Ulangi Driver, Terlepas Battery Notebook, Periksa Connector Keyboard, Pakai Keyboard External, Pakai On Screen Keyboard, Tukar Lay-out Keyboard, Samakan penyusunan dan Tukar Keyboard Bawaan (Tukang Servis).

Dengan membaca keterangan di atas, pastinya sekarang kita jadi tambah tahu apakah itu keyboard bersama kegunaannya dan macam.Disamping itu dengan membaca keterangan di atas sekarang kita tak kebingungan kembali kalau mendadak keyboard notebook kita hancur, tak berperan dan error.Cukup hanya dengan menempatkan cara-cara di atas jadi keyboard notebook kita kembali berperan dan tak error lagi.