Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian DNS Server Dan Fungsinya

Internet menghubungkan milyaran pengguna yang dapat mengakses satu sama lain. Untuk mengakses pengguna lain kita menggunakan IP Address sebagai pengenalnya. Setiap komputer memiliki IP Address yang unik, jadi setiap komputer dalam 1 jaringan memiliki IP Address yang berbeda-beda. Nah di internet sendiri, untuk mengakses sebuah halaman website sejatinya kita akses adalah IP Address tujuan. Akan tetapi jika harus mengetikan IP Address tujuan akan terasa sangat rumit, sehingga munculah teknologi DNS.

Pengertian DNS (Domain Name System)

DNS adalah singkatan dari Domain Name System adalah sebuah teknologi yang berfungsi menerjemahkan IP Address menjadi nama host seperti (tutorialkomputerlengkap.com). DNS mengubah IP Address ke dalam sebuah alamat yang lebih mudah diingat, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses alamat tersebut.
Cara Kerja DNS
Cara Kerja DNS

Cara Kerja DNS

Seperti yang dijelaskan diatas untuk dapat mengakses komputer lain kita memerlukan IP Address untuk memanggilnya, nah karena untuk mengingat IP Address itu sangat sulit maka digunakanlahDari gambar di atas, kita bisa sedikit mendeskripsikan cara kerja server DNS sebagai berikut :

  1. DNS resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS. Jika alamat host yang dicari sudah ditemukan dan diberikan, maka proses selesai.
  2. DNS resolver melakukan pencarian pada data cache yang sudah dibuat oleh resolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya. Bila ada, kemudian disimpan dalam data cache lalu hasilnya diberikan dan selesai.
  3. DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yang telah ditentukan oleh pengguna.
  4. Server DNS ditugaskan untuk mencari nama domain pada cache-nya.
  5. Apabila nama domain yang dicari oleh server DNS tidak ditemukan, maka pencarian dilakukan dengan melihat file database (zones) yang dimiliki oleh server.
  6. Apabila masih tidak ditemukan, pencarian dilakukan dengan menghubungi server DNS lain yang masih terkait dengan server yang dimaksud. Jika sudah ditemukan kemudian disimpan dalam cache lalu hasilnya diberikan.

Jadi, jika apa yang dicari di server DNS pertama tidak ditemukan. Pencarian dilanjutkan pada server DNS kedua dan seterusnya dengan 6 proses yang sama seperti di atas.

 

Struktur DNS
Struktur DNS

Struktur DNS

DNS memiliki struktur ataupun susunan, dalam struktur dns ada beberapa level domain

1. Root Domain

Root domain adalah domain utama dari internet, root domain diwakili dengan tanda titik (.)

2. Top Level Domain

Top level domain adalah nama domain tingkat teratas, seperti .com . edu .gov dan masih banyak lagi. Top level domain adalah domain yang dapat dipakai oleh pengguna internet seperti contohnya adalah tutorialkomputerlengkap.com ini merupakan top level domain.

3. Second Level Domain

Second level domain adalah turunan dari top level domain atau dapat disebut anak dari top level domain. Second level domain ada didalam Top Level Domain, contohnya seperti mail.google.com atau alamat situs yang masih menggunakan .blogspot.com

4. Third Level Domain

Third level domain adalah turunan dari second level domain.
Itulah tadi sekilas pembahasan tentang DNS (Domain Name System). semoga membantu.

Prinsip dasar DNS
Domain Name System (DNS) adalah distributed database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address.

Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.