Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Installasi Eclipse IDE untuk pemrograman android

Android ialah sistem operasi mobile opsensource yang tumbuh dengan cepat. Sistem operasi Android didasarkan pada bahasa pemrograman Java. Kita dapat menentukan tools pengembang software berbasis android yang kita mau buat berbagi perangkat lunak. Ketika ini sebenarnya sudah ada Android Studio sebagai Integrated Development Environment (ilham) resmi dari Google, tapi dalam tutorial ini kami menggunakan inspirasi Eclipse. Anda dapat menentukan versi Eclipse yg anda ingin gunakan mirip Eclipse Juno, Kepler atau Luna. Di saat artikel ini ditulis, versi Eclipse terbaru merupakan Eclipse Luna SR2 4.4.2. Buat membuatkan perangkat lunak android di Eclipse, kita membutuhkan Android SDK dan Android Development Tools (ADT) sebagai plugin buat Eclipse.

Panduan Cara Installasi Eclipse IDE untuk pemrograman android
Panduan Cara Installasi Eclipse IDE untuk pemrograman android

Android SDK secara sederhana artinya tools barah (Application Programming Interface) yang diharapkan buat mulai menyebarkan perangkat lunak di platform Android memakai bahasa pemrograman Java. Sedangkan ADT (Android Development Tools) artinya plugin yang didesain buat wangsit Eclipse, sederhananya ADT inilah yang menghubungkan Andoid SDK yg sudah kita miliki dengan Eclipse yg kita pakai menjadi kawasan coding perangkat lunak nantinya.
Dalam tutorial ini kami menggunakan Eclipse JEE Luna versi 4.4.1. Dari beberapa forum pengembang aplikasi yang kami baca, hanya Eclipse Juno yang telah include ADT. Sebagai akibatnya Jika Anda ingin memakai Eclipse versi Juno, maka Anda mampu melewati tahap instalasi ADT.

Tanpa berlama-lama lagi kita mulai tutorial instalasi Android SDK dan ADT Plugin di Eclipse Luna. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download Eclipse
IDE yang saya gunakan sampai saat ini masih Eclipse, tepatnya eclipse IDE for java developer. Untuk mendownload eclipse dapat melalui URL berikut ini

eclipse adalah sebuah software portable, jadi setelah didownload kamu tidak akan menemukan installer hanya adalah file2 pendukung eclipse dan tinggal klik sudah jalan.

eclipse ide

pertama kali jalan akan ada window untuk set Workspace, workspace ini adalah folder dimana nantinya project2 android yang dibuat akan ditempatkan.

setelah set workspace maka akan muncul welcome page

welcome page

Selanjutnya artinya installasi Android Development Tools atau biasa disingkat ADT, buat cara installasi ADT ini bisa dilakukan menggunakan dua cara yaitu online dan offline, tetapi aku rekomendasikan buat installasi secara online dikaranakan waktu nanti terdapat update kita dapat mengupdatenya secara otomatis melalui fitur updatenya eclipse.

untuk installasi ADT dapat melalui Help > install new software

kemudian tambahkan repository baru dengan menekan tombol add

repository ini mengarah ke repository adt, yang beralamat di

1 https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/

tunggu sampai muncul window baru yang menampilkan pilihan developer tools seperti gambar dibawah ini

setelah muncul next2 dan tunggu sampai selesai

akan muncul jendela yang intinya adalah pertanyaan apakah anda yakin akan install ini, klik oke saja dan eclipse akan minta restart ulang. Kemudian jika berhasil akan muncul icon seperti ini

langkah selanjutnya adalah set location android SDK, masuk ke Window > Preferences lalu pada bagian android, masukkan path dimana lokasi android SDK terinstall

set sdk

kemudian coba buka SDK Manager, melalui Window > Android SDK Manager sehingga tampilannya seperti berikut

android sdk manager

Tidak perlu semuanya diinstall tetapi hanya api2 yang tak jarang digunakan saja, versi saya waktu aku develop apps android selalu memakai build target versi android terbaru, untuk waktu ini versi teranyar ialah Android 4.4 (kitkat) atau barah 19. Maka download arsip buat api 19, mirip SDK Platform, Arm Eabi V7a (image buat emulator) itu saja sudah cukup, atau Jika internet engkau berlebihan silahkan bisa download semuanya.

android sdk manager

Dan yang tidak kalah penting adalah pada bagian extras, download semua jika internet kamu unlimited dan kencang

android sdk manager

kemudian step akhirnya adalah kita akan coba membuat sebuah android virtual device (AVD), masuk ke Window > Android Virtual Device Manager

android device manager

contoh sederhana setting untuk android virtual device seperti dibawah ini

android virtual device

Sehabis selesai tinggal di run.. Serta tunggu sampai jalan.. Saat menunggu tergantung dengan spesifikasi komputer.. Paling cepet 2 menitan… versi laptop aku

emulator android

Buat berita, emulator android membutuhkan resource memory yang cukup akbar, minimal RAM buat android merupakan 2GB spesifikasi ini hanyalah saran tetapi lebih baiknya lebih dari 2GB berdasar pengalaman aku mulai nyaman waktu machine yang digunakan menggunakan RAM 8GB :)) tapi itu cuma memangkas waktu load emulator dan waktu installasi perangkat lunak ke emulator, tidak menghasilkan emulator lebih smooth. Buat emulator yg lebih smooth mampu menggunakanGenymotion.

cara membuat avd di eclipse juno

Untuk membuat AVD (Android Virtual Device) di Eclipse Juno, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Eclipse Juno dan buka menu "Window" > "Android Virtual Device Manager".
  2. Pada jendela AVD Manager, klik tombol "New" untuk membuat AVD baru.
  3. Isi nama AVD, pilih jenis target Android yang ingin digunakan, dan pilih ukuran layar.
  4. Pilih opsi "Use Host GPU" jika ingin mengaktifkan GPU host untuk meningkatkan kinerja AVD.
  5. Klik tombol "Create AVD" untuk menyimpan pengaturan AVD baru.
  6. AVD baru akan muncul di daftar AVD yang tersedia. Klik tombol "Start" untuk menjalankan AVD.
Sebagai catatan, pastikan kamu sudah menginstall SDK Android dan menambahkan platform yang diinginkan di AVD Manager sebelum membuat AVD. Selain itu, pastikan juga Eclipse sudah terinstall ADT (Android Development Tools) sebagai plugin.


Post a Comment for "Panduan Cara Installasi Eclipse IDE untuk pemrograman android"