Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Windows 10 Tidak Muncul Pada Loader GRUB Kali Linux (Dual Boot)

Mempunyai dua sistem operasi merupakan keinginan sebagian orang yang sudah lama menggunakan windows atau pun mahasiswa baru yang mulai mengenal Linux, apalagi aplikasi yang di sediakan os ini mampu membobol wifi seseorang dengan teknik tertentu.


Walaupu os linux ringan, namun banyak di antara kita yang tidak melihat dari spesifikasi laptop yang di gunakan, baik itu dari segi versi bios, type harddisk, dan os yang di gunakan seperti (windows 7,8 atau 10).

Sebelum nya saya telah membuat artikel tentang tutorial lengkap menginstall os dual boot windows 10 dengan kali Linux work 100%. disana sobat bisa mempelajari nya terlebih dahulu, namun jika salah satu os anda tidak tampil pada GRUB loader kali Linux ataupun loader windows disini kita akan kupas masalah tersebut.

Penyebab Dualboot Tidak Muncul Pada Loader Kali Linux Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan windows 10 tidak tampil pada loader grub, pertama yaitu dari tipe bios yang hanya support UEFI, berikut contoh nya: 


Bios ini hanya bisa di install os yang bertipe EUFI sedangkan kali linux masih bertipe EFI, lantas bagaimana solusi nya?


Install EUFI GRUB

  1. Silahkan buka windows 10 sobat, kemudian hapus partisi tempat penyimpanan kali linux nya, disini kita akan mengulangi langkah penginstalan.
  2. Kemudian buat kembali partisi kosong untuk penyimpanan os linux nya.
  3. Jalankan aplikasi bootable anda punya (seperti rufus, unetbootin, UUI dan lainnya).
  4. Lakukan seperti biasa sobat lakukan, setelah selesai download EUFI.
  5. Extrak file rarnya dan pastekan di flashdisk tempat penginstalan.
  6. Reboot komputer dan lakukan penginstalan seperti biasa.
  7. Done, windows 10 anda sudah tampil di loader grub kali linux anda.

Penutup

Sekian tutorial dari saya, apabila tidak berhasil atau ada pertanyaan lain silahkan tanyakan di kolom komentar.

Post a Comment for "Mengatasi Windows 10 Tidak Muncul Pada Loader GRUB Kali Linux (Dual Boot)"