Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Workspace yang Aman

Menciptakan ruang kerja yang aman

Selain menjaga kesehatan komputer Anda, penting untuk memikirkan kesehatan Anda sendiri. Menggunakan komputer melibatkan banyak gerakan berulang seperti mengetik dan menggunakan mouse. Seiring waktu, gerakan ini bisa mulai berdampak negatif pada tubuh Anda, terutama pergelangan tangan, leher, dan punggung Anda.

Membuat Workspace yang Aman
Membuat Workspace yang Aman

Menatap monitor untuk jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan ketegangan mata. Untuk meminimalkan risiko ini, Anda harus meluangkan beberapa saat untuk memastikan ruang kerja Anda diatur dengan cara yang nyaman dan sehat.

Menghindari ketegangan dan cedera

Ergonomi Komputer adalah ilmu desain peralatan dan bagaimana penggunaan dan penempatan peralatan yang spesifik dapat mengurangi ketidaknyamanan pengguna dan meningkatkan produktivitas. Beberapa peralatan dirancang dengan perhatian khusus pada ergonomi, seperti keyboard ergonomis dan kursi ergonomis.

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menghindari cedera di ruang kerja Anda.

  • Sesuaikan kursi Anda: Pastikan kursi Anda disesuaikan agar Anda dapat duduk dalam posisi alami dan nyaman. Banyak kursi kantor dirancang khusus untuk mendukung punggung bawah dan mempromosikan postur tubuh yang baik.
  • Jaga agar keyboard tetap nyaman: Cobalah menempatkan keyboard pada posisi yang memungkinkan Anda menahan pergelangan tangan lurus dan rileks untuk menghindari ketegangan pergelangan tangan. Banyak meja memiliki nampan keyboard yang bisa menjaga keyboard tetap pada ketinggian yang lebih tinggi. Anda juga bisa membeli keyboard ergonomis yang didesain untuk meminimalkan ketegangan pergelangan tangan.
  • Jaga agar mouse tetap dekat dengan keyboard: Jika memungkinkan, letakkan mouse di sebelah keyboard. Jika mouse terlalu jauh, mungkin tidak nyaman atau canggung untuk mencapainya.
  • Letakkan monitor pada jarak yang nyaman: Posisi ideal untuk monitor berukuran 20 sampai 40 inci dari mata Anda. Ini juga harus pada tingkat mata atau sedikit lebih rendah.
  • Hindari kekacauan: Area komputer dapat dengan cepat menjadi berantakan dengan kertas, aksesoris komputer, dan barang lainnya. Dengan menjaga agar area ini tidak berantakan, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan mencegah ketegangan dan cedera.
  • Sering-seringlah beristirahat: Penting untuk beristirahat saat Anda bekerja di komputer Anda. Untuk menghindari ketegangan mata, sebaiknya Anda berpaling dari monitor sesekali.
    Anda juga bisa berdiri dan berjalan berkeliling untuk menghindari duduk dalam posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Program seperti Workrave secara otomatis bisa mengingatkan Anda untuk beristirahat.