Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Sistem Operasi

Apa itu sistem operasi?

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting yang berjalan di komputer. Ini mengelola memori dan proses komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Ini juga memungkinkan Anda berkomunikasi dengan komputer tanpa mengetahui cara berbicara bahasa komputer. Tanpa sistem operasi, komputer tidak ada gunanya.

Memahami Sistem Operasi
Memahami Sistem Operasi

Tugas sistem operasi

Sistem operasi komputer Anda (OS) mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras di komputer. Sebagian besar waktu, ada beberapa program komputer yang berbeda yang berjalan pada saat bersamaan, dan mereka semua perlu mengakses unit pemrosesan komputer (CPU), memori, dan penyimpanan komputer Anda. Sistem operasi mengkoordinasikan semua ini untuk memastikan setiap program mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Jenis sistem operasi

Sistem operasi biasanya datang pre-loaded pada komputer manapun yang Anda beli. Kebanyakan orang menggunakan sistem operasi yang disertakan dengan komputer mereka, namun memungkinkan untuk melakukan upgrade atau bahkan mengubah sistem operasi. Tiga sistem operasi yang paling umum untuk komputer pribadi adalah Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Sistem operasi modern menggunakan antarmuka pengguna grafis, atau GUI (diucapkan lengket). GUI memungkinkan Anda menggunakan mouse Anda untuk mengeklik ikon, tombol, dan menu, dan semuanya ditampilkan dengan jelas di layar menggunakan kombinasi grafis dan teks.

Setiap GUI sistem operasi memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda, jadi jika Anda beralih ke sistem operasi yang berbeda mungkin terasa asing pada awalnya. Namun, sistem operasi modern dirancang agar mudah digunakan, dan sebagian besar prinsip dasarnya sama.

Microsoft Windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980an. Selama bertahun-tahun, ada banyak versi Windows yang berbeda, namun yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009), dan Windows Vista (2007). Windows hadir pre-loaded pada kebanyakan PC baru, yang membantu menjadikannya sistem operasi paling populer di dunia.

Mac OS X

Mac OS adalah jalur sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Muncul dimuat di semua komputer Macintosh baru, atau Mac. Semua versi terbaru dikenal sebagai OS X (diucapkan OS Ten), dan versi spesifiknya termasuk El Capitan (diluncurkan pada tahun 2015), Yosemite (2014), Mavericks (2013), Mountain Lion (2012), dan Lion (2011) .

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Mac OS X memiliki kurang dari 10% sistem operasi global-jauh lebih rendah daripada persentase pengguna Windows (lebih dari 80%). Salah satu alasannya adalah komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih memilih tampilan dan nuansa Mac OS X daripada Windows.

Linux

Linux (diucapkan LINN-ux) adalah keluarga sistem operasi open-source, yang berarti mereka dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Ini berbeda dengan perangkat lunak berpemilik seperti Windows, yang hanya bisa dimodifikasi oleh perusahaan yang memilikinya. Keunggulan Linux adalah gratis, dan ada banyak distribusi-atau versi yang berbeda-Anda dapat memilihnya.

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Linux memiliki kurang dari 2% sistem operasi global. Namun, sebagian besar server menjalankan Linux karena relatif mudah untuk menyesuaikan.

Sistem operasi untuk perangkat mobile

Sistem operasi yang telah kita bicarakan sejauh ini dirancang untuk berjalan di komputer desktop dan laptop. Perangkat mobile seperti ponsel, komputer tablet, dan MP3 player berbeda dari komputer desktop dan laptop, jadi mereka menjalankan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat mobile. Contoh sistem operasi mobile termasuk Apple iOS dan Google Android. Pada gambar di bawah ini, Anda bisa melihat iOS yang berjalan di iPad.

Sistem operasi untuk perangkat mobile umumnya tidak sepenuhnya ditampilkan seperti yang dibuat untuk komputer desktop dan laptop, dan sistem tersebut tidak dapat menjalankan semua perangkat lunak yang sama. Namun, Anda masih bisa melakukan banyak hal dengan mereka, seperti menonton film, menjelajah Web, mengelola kalender Anda, dan bermain game.