Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menginstall OS Windows Atau Linux Menggunakan VirtualBox

Dalam menginstall sebuah sistem operasi ada banyak cara yang bisa kita lakukan, semua tergantung dari keperluan kita sendiri. jika dibutuhkan untuk sistem operasi utama maka kita menginstallnya dengan harddisk, jika digunakan sebagai tester seperti linux maka bisa menggunakan bootable, namun cara ini agak rumit dan membutuhkan biaya jika anda tidak mempunyai sebuah flashdisk.

Dengan aplikasi virtualbox kita bisa menjalankan atau menginstall sebuah sistem operasi di dalam sistem operasi utama.

aplikasi ini dapat di minimize maupun full screen jadi anda dapat membuka aplikasi lain seketika anda membuka virtualbox.

Install OS Menggunakan VirtualBox

Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mendownload software virtualbox yang bias di dapatkan disini.

Setelah selesai mendownload install seperti biasa menginstall aplikasi lain.

Berikut tampilan halaman depannya, dimana kita temui yaitu menu file yang di dalam nya kita bisa merubah Bahasa, settingan kapasitas memori yang di gunakan dan lainnya, dan ada menu machine kemudian help yaitu sebagai bantuan.

Sekarang kita klik new, disini kita melihat sebuah pesan yang mana kita dituntut untuk memasukkan nama dari system operasi yang akan kita gunakan. di karenakan pada contoh ini saya menggunakan windows 7, maka saya akan mengisi deskripsinya dengan windows 7.

Kemudian tipe, yaitu jenis system operasi nya, apakah itu windows 7, 8, 10 ataupun Linux yang berbasis Ubuntu atau debian.

Kemudian masukkan versi nya.

Selanjutnya kita disuruh untuk menentukan ukuran RAM yang akan kita gunakan, disini system memberi saran yaitu sebesar 2 GB.


Disini kita diminta untuk menentukan dimana tempat kita menginstall system operasi, silahkan pilih "Buat harddisk virtual sekarang".


Kita diminta apakah tipe file nya, karena kita menggunakan file iso silahkan pilih "VDI (VirtualBox Disk Image).


Kemudian pilih "Dialokasikan secara dinamik" artinya yaitu system akan mengambil secara otomatis kapasitas dari harddisk sesuai dengan keperluan.


Beri nama penyimpanan.

Nah disini kita melihat ada tulisan windows 7 yang sudah kita konfigurasi tadi, selanjutnya kita start dan diminta memilih file iso. klik mulai


Lakukan penginstalan seperti biasa.


Done.

Post a Comment for "Cara Menginstall OS Windows Atau Linux Menggunakan VirtualBox"