Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Koneksi Database MySql XAMPP ke Visual Basic 6.0

Menghubungkan database Mysql ke vb 6.0 sangatlah mudah, akan tetapi banyak di antara kita yang masih bingung di karenakan pada dasarnya ODBC yg di gunakan sebagai menghubung antara Mysql ke Visual basic 6.0 ini tidak ada pada windows. oleh karena itu harus di install terlebih dahulu.


baiklah berikut cara mengkoneksikan mysql ke vb 6.0 :

Menghubungkan Database Mysql dengan Visual Basic

Ada beberapa hal yang harus di lakukan terlebih dahulu supaya database bisa terhubung. iyadong gak mungkin juga langsung bisa terkoneksi, seperti om jin yang hanya mengarahkan tangannya  ke suatu arah langsung terkabul hehe.  

1. DOWNLOAD XAMPP

Pertama kali kita harus mempunyai Aplikasi XAMPP. jika belum punya silahkan download terlebih dahulu. XAMPP adalah singkatan dari ( X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl )  fungsinya yaitu agar kita bisa terhubung ke database MySql.

2. DOWNLOAD ODBC

Selanjutnya download ODBC dari situs resmi nya. Pilih sesuai versi laptop anda x32 atau x64 bit sesuaikan dengan versi laptop anda. kemudian install seperti biasa.

3. JALANKAN ACTIONS

Buka Aplikasi Xampp Contol Panel yang telah di download tadi kemudian klik start pada Apache dan MySql agar bisa masuk ke menu admin.

4. MEMBUAT DATABASE

Buah sebuah database, karena disini saya cuma menjelaskan tentang koneksikan tabase mysql, silahkan baca artikel Cara Membuat Database MySql.

5. MENGKONEKSIKAN DATABASE

  • Buka Control Panel >> Ubah Category Menjadi Small Icons >> Administrative Tools.

  • Data Sources (ODBC) >> Pada User DSN Klik Add >> MySql ODBC 5.3 ANSI Driver >> Finish.


  • Data Source Name : isi dengan Nama terserah Anda >> Description : Kosongkan >> TCP/IP Server : "localhost" >> User : "Root" >> Password : isikan dengan password yang di inginkan. sebaiknya di kosongkan saja. >> Database : Pilih nama database yang telah di buat tadi, contohnya : barang >> kemudian Test, jika sukses klik OK.



  • Buka Aplikasi Visual Basic 6.0
  • Grag Componen Adodc ke Form Kerja.  >> Klik Kanan >> ADODC Properties.
  • Pilih Build Pada  Use Connection String >> Microsoft OLE DB Provider For ODBC Drivers >> Next.
  • Pada  Use data source name klik tanda panah ke bawah >> Pilih nama database yang telah di buat, contoh di atas : barang >> Test Connection >> jika sukses klik oke.
  • Kemudian copy semua yang ada pada Use  Connection String >> Apply >> OK.
  • Pastekan ke source code form dan implementasikan sesuai project anda.
  • Selesai.
Sekian Project Penjualan Vb 6.0 Menggunakan Database MySql. yang dapat anda pelajari yang menggunakan database Mysql.