Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Main Game Berat Dengan PC Kentang

Jika, anda melihat judul di atas yang terbenak dalam pikiran anda tentunya hal yang tidak mungkin bukan? Tapi, dalam dunia teknologi hal seperti ini tidak ada yang tidak mungkin, semuanya bisa, tentunya dengan beberapa trik khusus. Beberapa game berat memang membutuhkan VGA card dengan kualitas dan performa yang extreme dan tentu dengan harga yang sudah pasti mahal.

Cara Main Game Berat Dengan PC Kentang


Siapa yang tidak ingin memiliki komputer dengan prosesor dan VGA highend untuk aktifitas gaming. Sayangnya, saat ini perangkat keras tersebut tidak dibanderol dengan harga murah. Ya, pikiran kita sama walaupun saya memang pecinta dunia teknologi dan sangat suka dengan GPU extreme seperti itu. Tapi, Saya masih memikirkan bagaimana mendapatkan sesuap nasi untuk hari esok. Harga VGA card dengan tipe extreme seperti itu memang hanya cocok untuk orang yang mungkin memiliki persediaan bahan makanan hingga tujuh turunan atau memiliki perusahaan yang memproduksi makanan sendiri hehehe.

Bagi anda seorang gamer yang sering membaca atau menonton berbagai review tentang game-game terbaru dengan grafisnya mumpuni, pastinya sangat ingin sekali memainkannya. Namun apalah daya, spesifikasi komputer yang dimiliki adalah PC kentang. Jadi bagaimana cara bermain game berat di PC kentang?

Mungkin yang anda punyai hanya segelintir komputer lama  dengan CPU rendah, atau mungkin hanya sebuah Laptop kentang. Tidak masalah, karena kali ini KK akan memberikan solusi jitu bagi anda yang ingin tau cara bermain game berat di komputer spek kentang. nda bisa menggunakan berbagai software atau hardware yang dapat menunjang niat anda dengan budget yang minim diantara adalah:

HARDWARE

Perkuat Processor Anda

Biasanya game berat tidak terlalu membutuhkan resource VGA card yang tinggi untuk memainkannya. Tapi, juga processor (CPU) komputer memiliki peranan aktif untuk merender gambarnya. Nah, jika Anda ingin mengupdgrade komputer Anda untuk bermain game tapi tidak sanggup untuk memenuhi semua perangkat komputer gaming yang super mahal tersebut. Sebaiknya cadangkan dulu VGA Card Anda, upgrade processor dan RAM saja terlebih dahulu.

Belilah VGA bekas

Nah, inilah salah satu trik khusus saya untuk mendapatkan VGA murah tapi dengan kelas high end. Saya melakukan tukar tambah VGA card saya yang hanya pada kelas entry level dengan VGA card kelas high end dengan harga yang setara VGA card mainstream. Trik ini sebaiknya jangan dilakukan jika Anda masih awam dalam dunia teknologi khususnya perangkat komputer. Anda harus mengetahui jenis VGA card yang cocok dan kompatible dengan perangkat komputer anda lainnya. Jangan sampai anda membeli VGA card kelas high end tapi ternyata motherboard dan power supply Anda tidak memiliki port atau power yang cocok untuk VGA card tsb. Karena VGA card kelas high end biasanya menggunakan slot PCI Express X16 dan konektor power minimal 6 pin sebanyak dua buah.

Setting game ke mode medium atau low

Cara berikut tidak perlu melakukan upgrade perangkat komputer, tapi Anda hanya cukup menurunkan kualitas dan performa game berat tersebut. Jika, Anda hanya ingin memainkan game tersebut untuk mengetahui cerita tanpa menikmati grafiknya cara inilah adalah cara terbaik.

SOFTWARE

3D Analyze

Salah satu software yang banyak digunakan para gamer adalah  3D Analyzer, software ini bertugas agar penggunanya dapat memainkan berbagai game yang di mana game tersebut tidak bisa running pada komputer Anda lantaran PC tidak bisa memenuhi minimum specification dari game tersebut. Pada umumnya, saat dijalankan game yang berat akan mengelabuhi virtual VGA dan processor PC yang tidak memenuhi syarat. Nah, dengan memakai 3D Analyzer inilah nantinya akan mengelabuhi minimum specification game tersebut. Sebagai contoh, apabila VGA Anda adalah VGA Intel, maka program 3D Analyzer ini akan mengubahnya menjadi nVidia. Pada intinya 3D Analyzer ini bekerja dengan cara mengambil memory dari RAM dan kemudian dijadikan sebagai virtual VGA.

Tidak tanggung-tanggung, banyak pengguna 3D Analyzer ini yang ternyata mampu menjalankan game-game berat pada komputer dengan spek rendah. Beberapa game berat yang dapat dijalankan di antaranya adalah:
  1. Act of War: Direct Action
  2. Empire Earth 2
  3. Tom Clancy’s Rainbow Six: Lockdown
  4. Tony Hawk’s American Wasteland
  5. Battlefield 2
  6. Battlefield 2: Special Forces
  7. Hitman: Blood Money
  8. Resident Evil 4
  9. Worms 4: Mayhem
  10. Pro Evolution Soccer
  11. Test Drive Unlimited dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunduh program 3D Analyze ini pada situs softpedia secara gratis. Dengan ukuran file hanya 874MB dan dapat dijalankan pada OS Windows XP, Vista dan 7. Pengembang 3D Analyze ini adalah Tommti Systems.

Razer Game Boster

Cara bermain game berat selanjutnya di komputer spek rendah adalah dengan menggunakan software Razer Game Boster. Berbeda aplikasi, maka berbeda pula cara kerjanya. Cara kerja software Razer Game Boster ini adalah dengan mematikan sementara proses pada sistem operasi Windows yang dianggap tidak perlu saat hendak menjalankan game berat. Inilah yang membuat akhirnya komputer akan meningkatkan respon terhadap aplikasi yang dalam hal ini khususnya game karena dianggap butuh sumber daya besar. Razer Game Boster sangat jitu untuk mengoptimalkan komputer Anda dalam menjalankan game. Efek patah-patahnya pun dapat dikurangi ditambah lebih responsif. Selain itu, program ini juga ringan dan tidak memakan resources. Anda bisa mengunduh Razer Game Boster pada situs resminya di sini. 

Versi terbarunya adalah 3.6.0 untuk sistem operasi Windows XP, Vista, 7 dan 8. Ukuran filenya hanya sebesar 16.9MB dan tentunya tersedia gratis. Namun, sebelumnya Anda harus membuat akun Razer Game Booster terlebih dahulu, dengan klik Register dan kemudian masukan email serta password. Terakhir masuk ke Inbox Email yang telah didaftarkan untuk proses verifikasi.

CahcheBoost

CahcheBoost, software yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan game berat di komputer. Program ini berfungsi untuk mengatur system cache pada sistem komputer sehingga berdampak peningkatan kecepatan akses sistem operasi Windows. Selain itu, program ini juga bekerja merampingkan system cache yang semakin banyak menumpuk sehingga dapat mengoptimalkan kinerja memory. Maka hasilnya kinerja komputer Anda akan lebih maksimal dan mampu untuk menjalankan berbagai game dengan system requires lebih.

CahcheBoost dapat Anda unduh pada situ CNET.com dengan biaya USD 29.95 dan gratis untuk masa trial. Anda bisa menjalankan aplikasi ini pada OS Windows dan ukuran file hanya sebesar 1.89 MB.
Nix∆hm∆di
Nix∆hm∆di Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Posting Komentar untuk " Cara Main Game Berat Dengan PC Kentang"