Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mempercepat Kinerja Laptop Yang Sudah Mulai Lambat

Perangkat teknologi memang memiliki peranan yang cukup vital dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja laptop. Sebuah laptop dapat membantu menyelesaikan pekerjaan kantor atau pun pekerjaan rumah anda. Ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana menjadikan laptop perangkat portable yang paling banyak digemari dikalangan pebisnis.

Cara Jitu Mempercepat Kinerja Laptop


Namun, bagaimana jika laptop tersebut sudah mulai melambat atau lemot? Proses booting pun membutuhkan waktu lama untuk dapat mengakses windowsnya. Belum lagi ketika anda ingin mulai bekerja dan membuka sebuah aplikasi pada jendela explore. Nah, bagaimana jika hal itu terjadi pada laptop anda? Dan, bagaimana cara mempercepat kembali kinerja laptop yang sudah melambat itu? Sebuah laptop yang dulunya super cepat dalam mengolah aplikasi dan sekarang sudah mulai lambat loading pasti memiliki sebab akibat.

Berikut penyebab dari laptop yang lambat:
  • Spesifikasi laptop yang memang kurang memadai dari segi hardware.
  • Cek virus yang masuk ke laptop.
  • Hardware yang sudah mulai bad biasanya terjadi pada hardisk.
  • Software yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.

Cara Mengatasi Laptop yang Lambat Loading

Perhatikan Spesifikasi Laptop Anda

Spesifikasi sebuah laptop mulai dari hardware hingga softwarenya memang harus diperhatikan dengan teliti. Jangan sampai Anda menginstal sebuah aplikasi yang memang tidak sesuai dengan spesifikasi dari laptop anda. Misalnya saja sebuah aplikasi Animasi Rendering atau game yang memiliki graphic yang besar.

Mengatasi virus yang masuk

Untuk mengetahui keberadaan virus pada laptop anda memang agak sulit bagi orang awam. Dan, biasa orang menganggap laptop yang lambat adalah penyebab dari virus. Virus biasanya berkembang biak pada setiap folder atau bahkan merubah folder anda menjadi induknya. Untuk mengeceknya silahkan buka task manager anda dengan menekan CTRL+ALT+DEL. Silahkan anda cek proses atau service yang mencurigakan. Biasanya sebuah virus akan Nampak dengan nama-nama file yang aneh. Atau sebaiknya Anda gunakan anti virus untuk membasminya.

Hardisk Yang Sudah Mulai Bad Sector

Seringlah melakukan cek hardisk minimal sekali seminggu untuk mengetahui keadaan kesehatan dari hardisk Anda. Cara paling mudah untuk mengecek hardisk dan tanpa menggunaka software adalah dengan membuka CMD kemudian mengetikkan CHKDSK pada drive yang akan dicek.

Hindari Software dan Aplikasi Lainnya Yang Tidak Saling Mendukung.

Software yang membutuhkan resource tinggi seperti RAM dan VGA akan sangat mempengaruhi kinerja laptop. Bahkan jika anda memaksakan untuk menggunakan aplikasi tersebut akan membuat laptop tsb hang,  dan fatalnya lagi akan berimbas pada kerusakan hardware laptop anda nantinya.

Gunakan Disk Defragmenter

Fragmentasi pada data membuat drive anda bekerja lebih keras, tentu hal tersebut membuat performa komputer turun. Maka dari itu, anda disarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi.

Anda bisa menggunakan tool ini dengan cara klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.

Gunakan Disk Cleanup

Tool ini berguna untuk menghapus file-file sementara pada setiap drive anda. Jadi anda bisa memilih drive mana saja yang ingin dibersihkan dari file-file sementara. Untuk menggunakan tool ini, silakan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.

Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin

File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja sebuah laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan shortcut Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.

Uninstall program yang tidak penting

Untuk apa menginstal program yang tidak digunakan. Sayang jika menginstal program yang hanya membuat penuh ruang hard disk anda.

Untuk uninstall program, anda bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ penting.

Sebenarnya masih banyak macam hal yang mempengaruhi dan memperlambant kinerja laptop. Tetapi saya rasa hal yang telah saya jelaskan diatas sudah lebih dari cukup. Mungkin itu saja yang ingin saya bagikan hari ini. Semoga tutorial cara mempercepat kinerja laptop diatas bermanfaat untuk anda
Nix∆hm∆di
Nix∆hm∆di Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Mempercepat Kinerja Laptop Yang Sudah Mulai Lambat"