Cara Menghapus Driver AMD Radeon Sampai Bersih

Kali ini KK akan menghadirkan tutorial bagaimana cara untuk menghapus driver Radeon Software Crimson. artikel ini KK tulis berdasarkan pengalaman sebelumnya yaitu gagalnya penginstalan driver AMD Catalyst karena masih adanya driver Radeon Software Adrenalin.

AMD Radeon Software Driver


Ini terjadi dikarenakan saat Admin KK menginstal driver Radeon Software Adrenalin, Admin lupa menghapus driver AMD Catalyst. Jadi menghapus driver versi sebelumnya merupakan langkah yang sebaiknya dilakukan oleh pengguna sebelum menginstall driver yang baru agar memperoleh hasil instalasi yang sempurna tanpa cacat.

Lalu apa saja langkah yang harus dilakukan untuk melakukan penghapusan driver AMD Radeon™ Software Crimson? Simak selengkapnya pada pembahasan berikut ini!
  • Pertama klik Start dan pilih menu Control Panel/Programs and Features
  • Pilih menu Programs - Uninstall a Program
  • Kamu akan masuk pada tampilan yang memperlihatkan daftar aplikasi yang sudah terinstall pada PC atau laptop. Klik dua kali pada aplikasi yang bertulisan AMD Install Manager
  • Silakan centang semua pilihan yang ada dan klik tombol Uninstall untuk melakukan penghapusan AMD Radeon™ Software Crimson.

Setelah klik tombol Uninstall silakan tunggu proses penghapusan driver AMD Radeon™ Software Crimson hingga selesai. Sama halnya seperti pada proses instalasi, beberapa dari Anda mungkin akan merasakan layar yang berkedip atau “Flickering” selama proses berlangsung. Namun hal ini adalah sesuatu yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Setelah proses selesai, klik tombol Restart Now untuk menyelesaikan proses penghapusan driver.

Terjadi Masalah Saat Proses Instalasi/Uninstall, Apa yang Harus Dilakukan?

Sama seperti software lainnya driver pun kadang memiliki masalah seperti halnya driver error di kala penggunaan, gagal saat melakukan instalasi driver terbaru, gagal saat proses uninstall driver melalui cara biasa, dan masalah lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan grafis Radeon™. AMD sendiri sudah menyediakan solusi untuk mengatasi hal ini dengan merilis software bernama AMD Clean Uninstall Utility.

Ini merupakan cara terampuh, bisa dibilang ini adalah cara menghapus Driver AMD sampai ke akar-akarnya. Dengan menggunakan software AMD Clean Uninstall Utility ini, seluruh driver dan aplikasi terkait akan dihapus “paksa” hingga bersih! Hal ini membantu menghilangkan masalah yang mungkin ditemui oleh pengguna secara cepat dan praktis hanya dengan menggunakan satu aplikasi yang mudah sekali untuk digunakan.

Pertama-tama, silakan download AMD Clean Uninstall Utility melalui link berikut.

Catatan:

AMD Clean Uninstall Utility hanya dapat digunakan untuk Sistem Operasi Microsoft Windows 7 ke atas.

Kemudian silakan klik dua kali untuk membuka aplikasi AMD Clean Uninstall Utility yang telah diunduh. Biasanya penggunaan pada Windows 7, User akan otomatis diarahkan pada Safe Mode, klik ok dan ok saja sih

Akan muncul pop-up pemberitahuan atau peringatan. Klik OK untuk meneruskan proses penghapusan total seluruh komponen driver yang telah ter-install pada laptop atau PC.

​​​​Setelah klik “OK” AMD Clean Uninstall Utility akan di minimized ke bagian area notification (system tray) dan proses penghapusan driver akan berjalan di background.

Setelah uninstall selesai, sebuah pesan berisi tulisan “The AMDCleanUpUtility has successfully completed” akan muncul menyatakan bahwa proses telah sempurna dilaksanakan. Klik “View Report” untuk melihat daftar komponen yang sudah sukses di uninstall, atau klik “Finish” untuk keluar dari AMD Clean Uninstall Utility.​​​

Untuk menyempurnakan proses uninstall silakan klik tombol “Yes” untuk reboot PC atau laptop.

Jika terdapat masalah saat kamu menjalankan AMD Clean Uninstall Utility kamu bisa melakukan recover system ke kondisi sebelumnya memakai system restore point (AMD Cleanup Utility Restore Point) yang telah diciptakan secara otomatis oleh AMD Clean Uninstall Utility sebelum melaksanakan proses pembersihan driver.

Setelah proses permbersihan selesai, kamu bisa kembali mencoba melakukan instalasi ulang driver pada PC atau laptop dan diharapkan tidak akan lagi terjadi error atau masalah seperti yang kamu alami sebelumnya.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Cara Menghapus Driver AMD Radeon Sampai Bersih"