7 Merk Router WiFi Terbaik dan Tercepat

Dibandingkan dengan menggunakan paket data biasa, beberapa orang menilai bahwa menggunakan WiFi justru lebih baik. Pasalnya WiFi cenderung membuat kegiatan berinternet menjadi lebih cepat. Namun sayangnya, memilih merk router WiFi yang bagus bukanlah hal mudah, terutama bagi orang awam.

Router WiFi



Ini tidak mengherankan mengingat router ini hadir dalam berbagai pilihan yang mungkin saja membingungkan. Untuk meminimalisir kebingungan tersebut, berikut ada tips dalam memilih sekaligus rekomendasi beberapa router WiFi yang bisa dijadikan pilihan. Ayo disimak.

Tips Memilih Router WiFi

1. Perhatikan Kemampuan Networknya

Anda harus memperhatikan kemampuan network pada saat membeli router WiFi. Sekedar informasi, untuk router keluaran lama memakai sistem wireless 802.11ac dan router keluaran baru memakai sistem wireless 802.11n. Tentunya router yang keluaran terbaru mempunyai kinerja yang lebih bagus dibandingkan dengan keluaran lama.

Walaupun demikian, router keluaran lama juga mempunyai kelebihan seperti harganya yang lebih murah. Selain itu, router lama juga masih bisa tersambung dengan teknologi yang paling baru. Jadi, dalam hal ini silahkan pertimbangkan dengan baik kira-kira router manakah yang paling mendekati kebutuhan dan kondisi budget Anda.

2. Perhatikan Antenanya

Pada router terdapat dua antena, yakni antena eksternal dan antena internal. Masing-masing antena ini mempunyai fungsi yang begitu penting karena bisa meningkatkan jangkauan router. Anda bisa mengetahui antena ini dari deskripsi produk. Hanya saja sebagai pertimbangan, antena eksternal lebih bagus dibandingkan dengan antena internal.

Pasalnya, antena eksternal tersebut mempunyai jangkauan yang lebih luas dan mampu memancarkan sinyal hingga ke berbagai ruangan rumah, sekalipun terhalang oleh tembok. Selain itu, antena eksternal juga bisa membuat koneksi internet lebih stabil dan beberapa diantaranya ada yang bisa dilepas.

3. Pertimbangkan Router yang Mudah Dipindahkan

Lokasi pemasangan router tentunya akan mempengaruhi ketepatan serta kinerjanya. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih lokasi yang tepat untuk memasangnya. Router ini sendiri bisa Anda pasang dalam posisi horizontal, vertikal maupun dengan menempelkannya pada dinding atau menempatkannya di atas meja.

Hanya saja jika Anda ingin produk yang selalu bisa menyesuaikan posisi dengan kekuatan koneksi internet, sebaiknya pilih yang mudah untuk dipindahkan. Dengan demikian, Anda bisa terus terhubung dengan internet dengan nyaman dan lancar setiap saat.

4. Perhatikan Jumlah Band yang Diperlukan

Router saat ini menggunakan dua jenis band utama, yakni 2,4 GHz dan 5 GHz. Masing-masing jenis band tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk band 2,4 GHZ, ini mempunyai spektrum sinyal yang lebih luas, namun frekuensinya tersebut cukup padat sehingga berpotensi sering terjadi gangguan komunikasi.

Band ini juga bisa terganggu oleh peralatan rumah tangga yang biasa digunakan sehari-hari seperti bluetooth, microwave dan oven. Sementara untuk band 5 GHz, hampir tidak ada gangguan radio sehingga hambatan dalam berinternet bisa dihindari. Sayangnya, band ini jangkauannya lebih sempit.

Mengenai jumlah band mana yang harus dipilih, tentunya ini menyesuaikan dengan kondisi area penginstalan. Kira-kira lingkungan sekitar berpengaruh banyak terhadap koneksi internet atau tidak. Jika memang iya, Anda bisa memilih band 5 GHz. Begitu pula sebaliknya.

Rekomendasi Merk Router WiFi yang Bagus

1. Xiaomi Mi Router 4 Dual Band Wireless WiFi Gigabit

Keunggulan yang ditawarkan oleh router ini ialah mampu menampung hingga 128 pengguna internet karena mempunyai kapasitas RAM 128MB dan ROM 16MB. Selain itu, router ini juga mempunyai lubang di bagian bawahnya yang akan sangat membantu dalam membuang panas berlebih saat dipakai.

Dengan mengandalkan prosesor MediaTek MT7621A MIPS, Anda bisa menikmati akses internet yang lancar dan cepat dengan kecepatan maksimal yang ditawarkan hingga 1167Mbps. Inipun masih ditambah dengan antena 4 high-gains untuk menjangkau area yang lebih luas. Router ini sendiri dapat diakses serta diatur dengan MiWiFi App.

2. TP Link Ultimate TL-WR1043ND

Kecepatan yang ditawarkan oleh produk router satu ini mencapai 300Mbps. Dengan kecepatan tersebut, tentunya Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam menyelami dunia internet termasuk saat streaming dan video call. Router ini juga menjanjikan koneksi yang stabil dengan 3 antena berteknologi Signal Sustain Technology atau SST.

Selain itu, produk ini juga mempunyai keamanan yang mudah untuk dienkripsi, yaitu Anda hanya perlu menekan tombol Quick Security Setup atau QSS. Dengan berbagai kelebihan tersebut, pastinya produk ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk Anda menghadirkan jaringan internet berkualitas sekalipun terhubung dengan berbagai perangkat.

3. Totolink N300RT Wireless Router

Ini memang merupakan produk yang sengaja dirancang untuk jaringan jarak jauh. Dengan dilengkapi WDS dan repeater, router ini mempunyai cakupan area yang lebih luas, koneksinya tetap stabil dan juga kuat.

Untuk Anda yang suka download pun, router ini memungkinkan Anda untuk melakukannya dengan cepat karena kecepatan yang ditawarkan mencapai 300Mbps. Selain itu, kekuatan jaringan internet router ini juga dilengkapi dengan MIMO. Dijamin Anda pun tidak akan mengalami kendala dalam berinternet.

4. Tenda AC6 1200

Produk ini bahkan mempunyai 4 antena eksternal sekaligus yang menjanjikan koneksi internet yang cepat. Tenda AC6 1200 juga sudah didukung dengan teknologi yang hemat daya, sehingga konsumsi dayanya cenderung rendah sekaligus juga ramah terhadap lingkungan.

Kaitannya dengan konsumsi daya tersebut, router ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan jadwal WiFi secara otomatis. Nah, untuk koneksi internet yang ditawarkan bahkan mencapai 1200Mbps. Pastinya, dengan kecepatan ini Anda bisa streaming sepuasnya tanpa gangguan serta mendownload apapun dalam waktu yang lumayan singkat.

5. D-Link DIR-612 Wireless Router

Jika Anda mencari router yang bisa dipasang di ruangan besar, mungkin bisa menjatuhkan pilihan pada produk ini. Pasalnya, produk ini sudah dilengkapi dengan repeater mode yang membuatnya mempunyai kemampuan tersebut. Selain itu, setiap sudut ruangan yang terjangkau juga akan menerima koneksi internet dengan kapasitas yang sama.

Ada pula NAT Firewall di dalamnya yang bisa membuat Anda lebih tenang terhadap potensi penyusupan ataupun eksploitasi atas koneksi internet. Mengenai kecepatan, router ini menawarkan kecepatan hingga 300Mbps yang pastinya akan sangat membantu sekali menjalankan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan internet.

6. Huawei WS 330 Smart

Router satu ini tipis, ringkas serta ringan sehingga cenderung fleksibel dan bisa ditempatkan di mana saja baik itu dinding, meja atau manapun. Walaupun bentuknya seperti itu, router ini juga menawarkan kecepatan yang mengagumkan yang mencapai 300 Mbps.

Anda bisa lebih nyaman lagi menikmati internet karena koneksinya jarang terputus. Untuk jangkauannya sendiri bisa mencapai jarak 20 meter. Tentunya dengan berbagai kelebihan tersebut router ini sangat cocok untuk Anda yang lebih suka dengan perangkat yang mudah diletakkan di mana saja.

7. Linksys Cisco WiFi Router E1200

Router ini juga menawarkan jangkauan koneksi yang luas dan juga cepat. Dengan demikian, para penggunanya tidak perlu khawatir aktifitas di internet akan menjadi ngadat. Router ini sudah dilengkapi dengan antena MIMO sehingga juga pas untuk digunakan baik di rumah maupun di kantor.

Lebih lanjut lagi, produk inipun menawarkan perlindungan keamanan yang membuat orang lain tidak dapat mengakses jaringan internetnya dengan bebas. Anda yang sudah punya anak juga bisa mengaktifkan sistem perlindungan parentals control agar bisa mengawasi aktifitas online anak-anak dari mana saja.

Kesimpulan
Setelah melihat merk router WiFi yang disebutkan di atas, adakah diantaranya yang menarik perhatian Anda? Merk manapun yang Anda pilih, pastikan untuk memilihnya sesuai dengan tips yang telah dibagikan ya, supaya Anda benar-benar mendapatkan router yang ideal untuk lingkungan Anda dan mampu memenuhi kebutuhan. Jangan lupa siapkan budgetnya juga ya. Semoga bermanfaat.

Post a comment for "7 Merk Router WiFi Terbaik dan Tercepat"