Perbedaan VGA GTX Ti dan Non Ti

Penggunaan vga tambahan memang sangat diperlukan bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan performa maksimal ketimbang menggunakan IGPU (Internal Graphic Processor Unit) gampangnya kita kenal dengan sebutan VGA onboard/ meskipun sudah bukan berada di motherboard lagi.


Perbedaan VGA GTX Ti dan Non Ti

Bagi pengguna graphics card besutan Nvidia, mungkin sudah tidak asing lagi dengan versi GT, GTX dan Quadro yang mempunyai fungsi yang sama tetapi dengan tujuan penggunaan yang berbeda, salah satunya adalah versi Nvidia Geforce GTX yang memang di khususkan untuk penggunaan gaming berat.

Dari versi GT contohnya seri  GT 1030 sebagai keluaran terbaru untuk saat ini masih bisa kok kalian ajak gaming hanya saja performa nya masih kalah jauh jika dibandingkan versi GTX generasi sebelumnya dikarenakan tujuan utamanya memang ditujukan untuk pasar menengah kebawah (Gpu Low end) dengan penggunaan sebatas gaming/editing ringan, office dan lain sebagainya.

Sedangkan versi GTX, kita bisa menggunakannya untuk hal-hal yang tidak bisa ditangani oleh versi GT, hanya saja Nvidia bisa membuat para pengguna awam merasa kesulitan untuk memilih karena sering mengeluarkan versi kartu grafis untuk versi dan seri yang sama tetapi dengan performa yang berbeda contohnya 1050 dan 1050 Ti.

Perbedaan spesifikasi dari Geforce GTX versi Ti dan non Ti.

Bagi kita-kita yang notabenenya baru belajar merakit, ingin membeli part komponen secara terpisah atau atau sekedar ingin tahu saja, pasti pernah merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan dua seri dan type VGA biasa yang mempunyai tampilan body sama persis, konektor display output yang tersedia juga sama banyaknya, sekilas tidak ada yang berbeda hanya costum dan nama nya saja.

Terus, apakah hanya dari selisih harga saja yang lebih mahal atau ada faktor lainya misalnya performa yang lebih tinggi atau hanya sebagai versi premium/limited edition? untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat ulasannya berikut ini.

1. Pemberian nama yang berbeda
Penambahan nama akhiran juga digunakan sebagai penanda bahwa seri ini merupakan seri khusus jika dibandingkan dengan seri sejenis lainnya, yang mana makna Ti (singkatan dari Titanium) digunakan sebagai versi yang mempunyai base clock dan bus clock yang lebih tinggi.

2. Jumlah Cuda Cores
Adanya peningkatan yang signifikan pada jumlah cuda cores yang dimiliki untuk seri Ti. Bagi yang belum tahu, cuda cores (stream processor bagi pengguna graphics card AMD) sering digunakan untuk membuat pekerjaan dalam bidang rendering dan video editing menjadi lebih cepat ketimbang hanya mengandalkan cores processor saja, bagi yang ingin tahu lebih jauh fungsi lain dari cuda cores bisa lihat di website yang membahas secara detail di lifewire.

3. Performa
Untuk segi performa, versi Ti mempunyai kemampuan yang lebih dikarenakan mempunyai base clock, bus clock dan jumlah cuda cores yang lebih besar ketimbang versi non Ti, hal tersebut juga akan berdampak bila kalian menggunakan versi Ti untuk kegiatan gaming, yang mana akan mendapatkan FPS (Frame Per Second) yang sedikit lebih tinggi.

4. Harga
Dari selisih harga, versi Ti sedikit lebih mahal (30% bahkan lebih), hal tersebut karena sebanding dengan fitur dan performa lebih yang ditawarkan untuk versi satu ini.

Memang betul versi Ti bisa memperoleh performa yang lebih tinggi dikarenakan spesifikasi yang telah di tingkatkan, contohnya saja perbandingan harga dan performa dari 1050 vs 1050 Ti, dari hasil perbandingan spesifikasi secara keseluruhan dan pengujian yang telah dilakukan oleh Overclocker ternama, bisa dibuktikan bahwa 1050 Ti sedikit lebih unggul dari segala aspek, terutama dari FPS yang lebih tinggi, selain itu harga nya juga terpaut lumayan jauh.

Perbadingan GTX Ti dan non TI

Sebagai contoh perbandingan mari kita simak spesifikasi GTX 1050 dengan GTX 1050 Ti

GeForce GTX 1050 Ti sendiri datang dengan 768 CUDA Core dan beroperasi dengan Base Clock di angka 1345 MHz dan Boost clock hingga 1455 MHz. Chip GPU juga akan didampingi oleh memori GDDR5 berkecepatan 7000 MHz dengan kapasitas 4096 MB dan antarmuka 128-Bit. Menariknya, GeForce GTX 1050 Ti memiliki nilai graphics card power hanya sebesar 75 Watt dan dapat beroperasi normal dengan power supply 300 Watt.

Sedangkan GeForce GTX 1050 (non Ti)  sendiri datang dengan 640 CUDA Core dan beroperasi dengan Base Clock di angka 1290 MHz dan Boost clock hingga 1392 MHz. Sama dengan varian Ti-nya, GPU GP107 akan didampingi oleh memori GDDR5 berkecepatan 7000 MHz dengan antarmuka 128-Bit. Namun, sedikit berbeda dengan memori yang diusung oleh GTX 1050 Ti, GTX 1050 hanya mengusung memori sebesar 2048 MB. GeForce GTX 1050 memiliki nilai graphics card power hanya sebesar 75 Watt dan dapat beroperasi normal dengan power supply 300 Watt.

Pada spesifikasi diatas GTX (non-Ti) mengalami sedikit pemangkasan dari seri Ti, nah kalian bisa lihat dan simpulkan sendiri performa yang akan diperoleh, apakah layak dengan budget yang kalian miliki untuk memilih salah satunya atau tidak.

Kesimpulan
Nah sekarang kalian sudah paham kan perbandingan diantara keduanya, jadi bisa lebih menyesuaikan lagi kebutuhan dengan uang yang akan di keluarkan itu sebanding atau tidak, apabila mempunyai budget lebih dan ingin performa lebih bisa memilih seri Ti sedangkan bila ingin lebih hemat lagi dari segi pengeluaran bisa menggunakan versi non Ti (dengan konsekuensi performa sedikit dibawahnya), Sekian dulu dari admin mengenai perbedaan VGA GTX Ti dan non Ti.

Post a comment for "Perbedaan VGA GTX Ti dan Non Ti"