5 Merk Motherboard Seri Z270 Terbaik

Seiring berjalannya waktu, perkembangan juga terjadi di ranah teknologi. Banyak teknologi-teknologi yang berkembang untuk memudahkan manusia dalam melakukan sesuatu secara lebih efisien. Banyak pula teknologi yang telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat luas, salah satunya adalah komputer.

5 Merk Motherboard Seri Z270 Terbaik

Komputer merupakan salah satu barang yang dapat ditemukan hampir di setiap rumah masyarakat dari berbagai kalangan. Banyak hal-hal yang bisa diselesaikan dengan komputer, termasuk kebutuhan akan hiburan. Komputer juga memiliki berbagai komponen penting di dalamnya. Salah satunya ialah motherboard. berikut ini merupakan rekomendasi merk motherboard terbaik dan tips merawatnya.

Tips Merawat Motherboard PC Kesayangan Anda

Sebelum kami sebutkan berbagai rekomendasi merk motherboard dengan kualitas terbaik, ada beberapa tips untuk merawat motherboard yang bisa Anda lakukan untuk menjaga performa dan kualitasnya yaitu sebagai berikut ini.

1. Membersihkan Motherboard
Seringkali banyak debu yang melekat pada motherboard, terlebih jika sudah lama tidak dibersihkan. Membersihkan motherboard tidak hanya agar motherboard menjadi bersih saja, tetapi juga membuat sirkulasi udara pada motherboard semakin baik. Hal tersebut dapat menghindarkan motherboard mengalami overheat. Untuk itu, bersihkanlah motherboard secara berkala.

2. Pertimbangkan Penggunaan UPS
Pasti Anda pernah mengalami rasanya kesetrum meski dengan daya yang kecil ketika menyentuh CPU. Hal tersebut disebabkan karena arus listrik yang mengalir ke PC Anda tidak stabil. Uninterruptible Power Supply (UPS) adalah solusi dari masalah agar arus listrik yang mengalir ke PC Anda menjadi lebih stabil.

Salah satu dampak buruk dari arus listrik yang tidak stabil adalah rawannya kerusakan yang terjadi pada komponen-komponen di dalam PC Anda seperti motherboard, VGA, hardisk, dan lain-lain. Agar motherboard pada PC Anda bisa berumur panjang, sebaiknya menggunakan power supply yang masih layak untuk digunakan.

3. Berhati-Hati Saat Membongkar CPU
Anda mungkin malas membawa CPU ke tukang service, sehingga Anda butuh untuk membongkarnya sendiri di rumah. Jika Anda belum mahir, namun ingin mencoba untuk membongkar PC Anda, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati.

Seringkali para pemula yang notabenenya belum mengenal keseluruhan bagian dalam CPU dengan benar, secara tidak sengaja akan melakukan kecerobohan yang membuat komponen di dalam CPU tergores. Selain itu, ketika Anda hendak memperhatikan motherboard, perhatikan dengan seksama dan jangan sampai ada baut yang tertinggal di dalamnya, karena dapat menyebabkan korsleting.

4. Jangan Biarkan PC Anda Mati Dalam Waktu yang Lama
Mungkin sebagian orang menganggap bahwa tidak menyalakan PC sama saja mengistirahatkan PC. Hal itu ada benarnya, karena PC Anda juga butuh diistirahatkan selepas digunakan dalam waktu yang lama. Namun, jika PC tidak dinyalakan dalam waktu yang lama juga akan berdampak buruk pada kondisi PC Anda.

Hal tersebut dapat memperlemah komponen-komponen yang ada di dalamnya. Maka dari itu, hidupkanlah PC Anda secara berkala untuk menjaga kualitas komponen di dalamnya, termasuk motherboard agar selalu tetap terjaga.

5 Rekomendasi Merk Motherboard Terbaik

1. MSI Z270 SLI Plus
MSI Z270 dianggap masuk ke dalam kategori motherboard kekinian yang digemari oleh banyak gamers. Motherboard yang satu ini juga sudah termasuk ke dalam Intel generasi yang paling baru, yakni i7. Pada bagian socketnya, motherboard ini dilengkapi dengan LGA 1151. Motherboard ini juga sudah disematkan fitur-fitur canggih seperti VR Boost dan VR Ready.

Uniknya, motherboard yang satu ini merupakan motherboard yang cocok untuk digunakan di ruang sempit karena MSI Z270 masih menggunakan Advanced Technology eXtended (ATX) yang memiliki dimensi lebar 24.4 cm dan panjang 30.5 cm. Chipset yang digunakan yakni X299. Untuk bisa membawa pulang motherboard ini, Anda setidaknya perlu menyiapkan budget sekitar 1,5 jutaan.

2. Asus Prime Z270-A

Merk motherboard terbaik selanjutnya yaitu besutan Asus yakni Prime Z270-A. Motherboard ini telah dilengkapi dengan fitur OverClocking (OC) yang memungkinkan para penggunanya untuk memaksimalkan performa motherboard. Motherboard ini sudah terkoneksi dengan sistem pendingin double M2 yang membuat suhunya akan senantiasa stabil.

Prime Z270 menggunakan Advanced Technology eXtended (ATX) dengan dimensi lebar 9.6 inch dan panjang 12 inch. Pada bagian chipsetnya motherboard ini menggunakan Z270 Express. Kekurangan dari motherboard ini ialah belum terdapatnya fitur Bluetooth dan juga WiFi. Budget yang diperlukan untuk bisa membawa pulang motherboard ini cukup terjangkau, yakni sekitar 2 jutaan.

3. AsRock Z270 Killer

Banyak yang bilang bahwa motherboard yang satu ini merupakan motherboard yang cocok untuk digunakan para pemula. Pasalnya dengan harga terjangkau, AsRock Z270 mampu mengcover persyaratan spesifikasi berbagai game dengan tanpa lag. Untuk jenis motherboardnya ialah Advance Technology eXtended (ATX) dengan versi memiliki banyak ekspansi slot serta ukuran yang lebih besar.

Kartu grafis bawaan pada terdapat pada motherboard merk AsRock Z270 ialah Nvidia Quad CrossFirex SLI. Pada motherboard ini juga terdapat 2 buah port USB V3.1 type C dan port V2, selain itu juga terdapat port HDMI bawaan. Jika Anda ingin membawa pulang motherboard yang satu ini, setidaknya Anda harus menyediakan budget sekitar 2 sampai 4 jutaan.

4. Gigabyte Aorus Z270X Gaming 9

Merk motherboard terbaik yang satu ini menggunakan Intel Kaby Lake pada bagian processornya, dan processor tersebut telah mendukung terhadap core i7 generation. Selain itu, motherboard ini menggunakan chipset Intel Z270, kemudian chipset tersebut didukung dengan Intel 100-series. Aorus Z270X menyediakan jenis DDR4 pada bagian memorinya.

Pada motherboard ini ada 3 slot yang bisa digunakan untuk jenis memori DDR4 dengan kapasitas masing-masing maksimal 64 GB, sedangkan pada bagian grafisnya menggunakan kartu grafis intel Thunderbolt. Kombinasi dari spesifikasi tersebut tentunya akan memanjakan para penggunanya untuk bermain game kesukaannya. Harga yang dipatok untuk motherboard ini berkisar 2,8 juta hingga 4 jutaan.

5. Asus RoG Crosshair VI Hero

Motherboard yang satu ini dikategorikan sebagai motherboard gaming yang memiliki spesifikasi hardcore. Untuk ukuran spesifikasi yang terdapat pada motherboard ini, harga RoG Crosshair cukup terjangkau di kelasnya yakni berkisar 5 jutaan. RoG Crosshair dikenal memiliki spesifikasi yang menawan, sehingga tak heran banyak gamer professional memilih menggunakan motherboard ini.

Selain itu, motherboard ini telah dilengkapi dengan fitur OverClocking (OC) yang memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan performa PC nya. Untuk kestabilan suhunya, suhu motherboard ini juga pastinya terjaga karena telah ditambahkan Pin Fan Header yang memungkinkannya untuk memaksimalkan Power Fan yang telah ada.

Pada bagian chipsetnya, RoG Crosshair menggunakan AMD X370. Selain itu, tersedia juga DDR4 sebanyak 4 slot pada sektor penyimpanannya. Untuk harganya sendiri, motherboard ini menyediakan berbagai varian produk dengan harga yang berkisar dari 3,4 juta sampai 7 jutaan.

Sebagai salah satu teknologi yang sering Anda gunakan, komponen pada PC harus Anda perhatikan. Rekomendasi merk motherboard terbaik di atas bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan saat akan memilih motherboard yang tepat. Pemilihan yang tepat juga akan meningkatkan kinerja dan performa PC yang Anda gunakan, serta meningkatkan kenyamanan Anda saat menggunakannya.

0 Response to "5 Merk Motherboard Seri Z270 Terbaik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel