Menyelamatkan File Yang Telah Terhapus di Komputer

Biasanya, Anda secara tidak sengaja menghapus sebuah file ataupun mungkin seseorang menghapus file yang mereka pikir Anda tidak perlukan atau inginkan. Sebenarnya file tersebut tidaklah benar-benar terhapus dan kemungkinan masih bisa diselamatkan.

Menyelamatkan File Yang Telah Terhapus di Komputer

Hal Yang Anda Butuhkan
  • Program file recovery
  • Waktu

Cara Pertama

1. Hindari modifikasi/perubahan lebih lanjut pada drive yang didalamnya terdapat file yang ingin Anda selamatkan. Ini artinya jangan melakukan save ataupun delete file apapun dari drive tersebut. Ini adalah satu-satunya kesempatan yang Anda miliki untuk mengembalikan file yang telah terhapus tersebut.

2. Carilah program file recovery yang bagus. Gunakan juga Google untuk mencarinya. Ketikkan, “program file recovery” pada pencarian Google dan seharusnya Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Beberapa program ini gratis, tetapi semuanya juga tergantung pada seberapa pentingnya informasi yang telah Anda hilangkan tersebut. Recuva bisa menjadi salah satu program pilihan Anda, karena program ini telah mendapatkan review yang cukup baik pada cnet.

3. Setelah Anda mengunduh dan memasang program file recovery, ikuti petunjuk program tersebut untuk melakukan pencarian pada drive yang didalamnya terdapat file yang telah Anda hapus sebelumnya. Tergantung juga sebarapa besar drive tersebut, pencarian ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Terlepas dari berapa lama waktu yang Anda butuhkan, Anda harus membolehkan program ini sebagaimana mestinya atau program ini tidak akan mendapatkan apa yang Anda coba selamatkan.

4. Setelah program tersebut selesai melakukan scan, seharusnya program ini membuat sebuah daftar file “terlantar”, ataupun file yang sejenisnya. Dalam daftar ini seharusnya ada nama file yang Anda cari. Pilihlah file yang ingin Anda selamatkan dan program tersebut akan mencoba mengembalikan file itu.

5. Ingatlah tidak ada jaminan bahwa file tersebut dapat kembali tetapi paling tidak Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkannya daripada tidak sama sekali. Anda bisa mencoba metode ini ataupun Anda juga bisa membayar seorang teknisi komputer untuk melakukan hal yang sama persis seperti ini.

Cara Kedua

cara kedua ini cukup mudah dan tidak banyak menyita waktu Anda, ya, jika sistem operasi komputer Anda menggunakan Windows 7,8,10, maka gunakan aplikasi bawaan Recycle Bin, Anda hanya perlu mengklik kanan file yang telah terhapus, lalu pilih Restore dan taraa file tsb akan kembali dapat Anda gunakan

Jadi ingatlah, jangan sekalipun melakukan perubahan pada drive segera setelah Anda sadar bahwa file Anda telah hilang.

Bersabarlah. Scan awal bisa memakan waktu yang sangat lama, tergantung seberapa besar ukuran drive Anda.

Namun perlu Anda ingat, bahwa tidak ada yang sempurna dan mungkin saja Anda tidak berhasil menyelamatkan file yang telah terhapus tersebut.

Jadi untuk jaga-jaga lakukan backup secara berkala, agar Anda bisa “kembali ke masa lalu” dan tidak perlu melakukan semua hal yang telah dijelaskan diatas.

Lebih berhati-hatilah pada file Anda. gunakan akun terpisah pada komputer Anda, dan jangan memberikan orang lain ADMINISTRATIVE RIGHTS. Karena permission ini bisa mengubah atau mengakses informasi yang disimpan oleh akun lainnya, terutama akun Anda.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menyelamatkan File Yang Telah Terhapus di Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel