Cara Memperbaiki Pin CPU Yang Bengkok

Apakah kamu pernah memasang CPU ke motherboard dan dengan tidak sengaja menekuk beberapa pin CPU tersebut. Sehingga Anda pikir CPU tsb rusak dan perlu membeli yang baru. Apakah ada cara untuk memperbaiki pin yang bengkok tadi tanpa harus membeli CPU yang baru, Untungnya Anda sedang membaca artikel Cara Memperbaiki Pin CPU Yang Bengkok. Dan pastinya bakalan KK jelaskan bagaimana caranya memperbaiki pin CPU yang bengkok tsb.


cara-memperbaiki-pin-cpu-yang-bengkok

1. Letakkan CPU Anda pada permukaan keras, dengan bagian atas menghadap kebawah dan pin menghadap keatas. Pastikan Anda menggunakan gelang antistatis dan untuk tidak menyentuh obyek logam untuk menghindari listrik statis.

2. Ambil dompet dan keluarkan kartu atm, kartu identitas, kartu bpjs, atau sejenisnya.

3. Cari barisan CPU yang memiliki pin yang masih utuh di barisan tersebut. Gunakan salah satu kartu yang Anda miliki, tegakkan kartu tersebut dan jalankan kartu tersebut melalui barisan pin. Jika kartu Anda tersebut memiliki ketebalan yang cocok, kartu tersebut seharusnya dapat melalui barisan pin dengan sedikit hambatan dan tanpa menekuk pin CPU Anda. jika kartu tersebut terlalu tipis, maka kartu tersebut akan melalui barisan pin dengan terlalu mudah, dan jika kartu Anda terlalu tebal, maka kartu tersebut tidak dapat melalui barisan pin tanpa merusak ataupun menekuk pin CPU Anda.

4. Setelah Anda mendapatkan kartu dengan ketebalan yang tepat, jalankan kartu tersebut pada beberapa baris dengan pin yang tertekuk, dalam 4 arah. Contohnya, jika ada satu pin yang tertekuk, jalankan kartu tersebut pada barisan yang mengelilingi pin CPU Anda. sama seperti simbol #, hal ini akan menekuk lurus pin pada tiap arah.

5. Beberapa pin akan benar-benar tertekuk sehingga pin tersebut menyentuh pin lainnya, ataupun tekukannya benar benar bengkok sehingga pin tersebut tidak diluruskan dengan benar. Untuk memperbaikinya, cobalah salah satu dari metode ini.

  • Ambillah jarum jahit dan selipkan jarum tersebut dibawah pin yang tertekuk, taruk keatas pin tersebut, sehingga pin yang tertekuk itu kembali pada posisi yang memungkinkan kartu plastik Anda dapat melaluinya.
  • Gunakan ujung pensil mekanik untuk meluruskan pin.
  • Gunakan tooth floss. Buatlah sebuah simpul dengan tooth floss, dan ikat simpul tersebut pada pin yang tertekuk (perbaiki satu pin dalam satu waktu) dan secara perlahan tariklah pin pada posisi yang benar.



6. Cobalah untuk kembali memasang CPU. Jika CPU Anda tidak terpasang dengan benar pada soket CPU, ulangi langkah-langkah yang telah Anda lakukan sebelumnya. jangan coba-coba memasang secara paksa CPU Anda.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Cara Memperbaiki Pin CPU Yang Bengkok"