Spesifikasi PC Warnet Umum Hingga Gaming

Kupaskomputer.com - Komputer warnet sudah mulai tersisihkan didaerah tertentu, akan tetapi pc warnet tetaplah bisa bersaing asalkan saja kamu bisa memaintenance dengan baik dan juga tidak asal membeli komputer.


https://www.kupaskomputer.com/2020/04/spesifikasi-pc-warnet-umum-hingga-gaming.html

Sebelum menentukan spesifikasi komputer warnet ada baiknya kamu memetakan target konsumen yang akan kamu prioritaskan, semakin tinggi prioritas kamu maka semakin besar pula budget yang harus kamu keluarkan.

Tips usaha warnet

  • Cek lingkungan tempat usaha apakah itu di perkampungan, perkotaan,  mahasiswa atau perumahan elit karena lokasi sangat menentukan segmentasi budget, apakah ada warnet terdekat dilokasi tersebut, dan tentukan juga apakah jam buka warnet 24 jam atau hanya sampai jam 10 malam.
  • Setelah ketemu segmentasi konsumennya sekarang kamu bisa menetukan budget, untuk lokasi seperti pelajar atau mahasiswa mungkin bisa dicoba dengan spek terendah dahulu karena kemungkinan untuk para mahasiswa mereka lebih suka browsing daripada bermain game.

Untuk mengetahui minat bagi yang budget mepet bisa dicoba dulu 4 pc untuk gaming dan 4 pc untuk non gaming dan lihatlah perkembangannya mana yang lebih ramai.

Tapi jika memang modal kamu cukup bisa langsung pakai pc gaming medium saja agar tidak perlu mengeluarkan modal lagi dimasa mendatang.

Untuk segmen perkampungan bisa langsung memakai spek medium saja, dan untuk perumahan elite sebaiknya kamu memakai spek high end dan VIP karena untuk segmen ini mereka berani bayar mahal demi kenyamaan bermain.

  • Belilah pc baru di toko yang bergaransi resmi dan mudah dalam proses klaim garansi, pc bekas memang lebih murah tapi dengan membeli pc bekas akan merepotkan kamu sendiri dimasa mendatang dengan segala perbaikan dan upgrade dari pc tersebut.

Umumnya pc baru warnet bisa balik modal dalam setahun dan masih bisa bertahan selama 5 tahunan asalkan maintenance tetap berjalan.

  • Rawatlah pc baik hardware ataupun software karena warnet yang terawat otomatis membuat nyaman para pelanggan, selalu update game rutin baik ada atau tidak ada yg memainkan game tersebut, sebagai pemilik warnet kamu sebaiknya belajar sedikit demi sedikit tentang perbaikan os seperti install ulang, install game, install billing, update game, hapus virus dan troubleshooting lainnya yang berhubungan dengan pc.

Selain software kamu juga harus dapat memperbaiki hardware minimal bisa bongkar pasang komputer atau rakti ulang komputer, semua ini demi menghemat pengeluaran kamu dimasa yang akan dating.

Jangan lupa untuk membersihkan atau mengecek isi casing jika ruangan tidak ber AC maka debu akan sangat banyak di dalam pc tersebut.

  • Jual aneka cemilan untuk tambahan dan juga buka layan jasa seperti pengetikan, fotocopy dan sejenisnya untuk menunjang penghasilan warnet
  • Pasanglah mikrotik atau alat pengatur bandwidth lainnya agar user gaming dan user download tidak bertengkar akibat koneksi yang terganggu, semua tips ini saya ketahui karena dulunya juga saya merupakan mantan op warnet selama beberapa tahun.
  • Cobalah mode dikless jika kamu memang ingin kemudahan dalam update dan penghematan listrik dan hardisk

Setelah mengetahui sekelumit usaha warnet sekarang kamu siap untuk membahas spesifikasi warung internet ini apa saja sesuai segmentasinya


KELAS WARNET NON GAMING

Ini hanya dikhusus kan untuk pasar non gaming karena saat ini gaming sudah banyak dilakukan di smartphone jadi kamu bisa menyasar segmen mahasiswa, pelajar atau karyawan yang mungkin lebih membutuhkan browsing serta printer.

  • Spek pc warnet non gaming bisa seperti berikut : (saya buat spek umum saja ya tanpa menyebut merk biar kamu bebas untuk bisa pilih merk sendiri)
  • Processor bisa core i3 seri brapa saja yang cocok dengan mobonya
  • Mobo socket 1150 karena mobo ini masih terbilang lebih bayak pilihan dari pada socket 1155 yang harganya mahal
  • Ram minimal 4 gb
  • Vga onboard bawaan motherboard saja karena targetnya bukan game, tapi spek ini juga sewaktu-waktu bisa berubah menjadi spek gaming asalkan kamu menambahkan vga card eksternal nantinya.
  • Hardisk 500 gb saja, karena garansi nya lebih terjamin dan asal kamu ketahui untuk saat ini hardisk yang bergaransi resmi itu minimal 500gb, untuk hardisk dibawah itu biasanya merupakan hardisk refurbish atau hanya bergaransi toko.
  • Monitor 19 inch wide standar
  • Casing standar aja akan tetapi diberi tambahan fan casing untuk sirkulasi udara apalagi jika warnetnya tidak memakai AC
  • Keyboard mouse standar saja minimal bergaransi resmi 1 tahun
  • Meja kursi standar aja cukup

KELAS WARNET GAMING MEDIUM

Disini targetnya adalah para gamer atau bisa juga bocil yang baru tahu gaming pc jadi mereka tidak terlalu mementingkan tampilan grafis dengan fps yang tinggi, bagi mereka yang penting bisa bermain, grafis medium dan jaringan yang stabil.

Untuk kelas ini kamu harus lebih rajin maintence dan memanjakan dengan update serta gaming terbaru agar mereka tidak cepat bosan.
Spek umum untuk warnet ini hampir mirip dengan warnet lainnya yaitu :

  • Processor bisa memakai AMD Ryzen yang sudah include VGA Radeo VEGA 8

(jangan menggunakan seri amd apu lama seperti A6 A4 A18 karena tipe tersebut sudah akan discontinue)

  • Untuk ram minimal 4 gb dual channel (2+2) karena seri amd lebih optimal menggunakan dual channel ram, klo ada budget lebih mending langsung 4+4 saja
  • Hardisk bisa 500GB
  • Casing Standar akan tetapi lebih bagus casing yang agak mahalan dikit karena pc gaming biasanya lebih sering dipakai jadi dengan casing bagus sirkulasi udara lebih bagus karena bisa ditambah banyak kipas tambahan
  • Untuk power supply usahakan bisa 80+ biar garansi lebih lama, power supply standar bawaan casing hanya bergaransi 1 tahun berbeda dengan psu yang bagus bisa sampai 3 tahun bahkan lebih.
  • Monitor minimal 21 inch wide
  • Keyboard mouse lebih bermerk atau tipe macro agar bisa di setting untuk game
  • Kursi diberi yang empuk biar betah

KELAS WARNET HIGH END

Untuk kelas ini sepertinya saya tidak perlu memberi spek karena pasti sudah pada tahu, intinya spek ini spek yang paling mahal dan biasanya sudah termasuk vga card external yang lumayan harganya.

Spek ini sama seperti spek gamer biasa lainnya yang memeringkan kepuasan bermain dengan grafis tingkat tinggi dan kenyamanan VIP seperti kursi gaming, mouse , keyboard dan segala berbau gamers.
Kalau mau tahu HARGA PC RAKITAN GAMING bisa coba lihat disini

Kesimpulan :

Spek pc untuk warnet sangat bervariasi tergantung target pasar dan juga budget yang dimiliki, semoga tips tentang warnet ini bisa bermanfaat bagi kamu.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Spesifikasi PC Warnet Umum Hingga Gaming"