Memasang OS Linux Pada Flash Drive Dan Aplikasi Versi Portabel Di Dalamnya

Anda bisa memasang sistem operasi portabel pada flash drive, yang bisa Anda jalankan pada komputer dimana saja Anda berada. Operasi sistem ini dikenal dengan nama Linux, juga mampu untuk menjalankan aplikasi versi portabel favorit Anda.


https://www.kupaskomputer.com/2020/04/memasang-os-linux-pada-flash-drive-dan-aplikasi-versi-portabel-di-dalamnya.html

Instruksi ini akan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan agar Anda dapat memasang Linux Ubuntu 19.04 pada flash drive Anda. Setelah Anda memasang Ubuntu, Saya akan menjelaskan dimana Anda dapat menemukan versi portabel program-program tertentu, dan bagaimana cara memasangnya.


Hal Yang Anda Butuhkan


  • Sebuah komputer, sebaiknya komputer dengan sistem operasi Windows.
  • Koneksi Internet untuk mendapatkan semua file yang akann diunduh.
  • Sebuah flash drive dengan kapasitas minimum 4 GB atau lebih.

Instruksi

1. Unduhlah siststem operasi Linux Ubuntu. Dengan komputer, Anda bisa pergi ke tautan di bawah ini dan mengunduh versi terbaru Ubuntu di https://www.ubuntu.com/download/ubuntu/download. Pilihlah start download yang berada pada kotak oranye di layar Anda. Pastikan dimana tempat untuk untuk menyimpan file tersebut. Waktu mengunduh dapat berbeda-beda tergantung pada kecepatan ISP Anda.

2. Unduhlah Pendrive installer. Setelah mengunduh sistem operasi Ubuntu, ikutilah tautan yang disediakan untuk mendapatkan installer USB untuk Ubuntu di  https://www.pendrivelinux.com/downloads/Universal-USB-Installer/.

Cari dan klik tombol unduh. Simpan file ini ditempat Anda menyimpan file pertama yang telah Anda unduh sebelumnya.

3. Sekarang, pasanglah flash drive Anda dan buatlah file backup yang berada dalam flash drive untuk berjaga-jaga jika nantinya tidak sengaja terhapus. Setelah Anda melakukan backup, cari file installer Ubuntu yang telah Anda unduh sebelumnya dan klik dua kali file tersebut untuk menjalankannya.

4. Perhatikan license agreement dan pilihlah I Agree..

5. Pertama-tama, pilihlah Ubuntu 19 dari menu drop-down versi distribusi. Kedua, klik Browse dan pilihlah file ISO yang telah Anda unduh sebelumnya. Ketiga, pilihlah drive letter dari flash drive Anda. setelah menyelesaikan langkah-langkah diatas, pilihlah Create.

6. Setelah installer selesai memasang Ubuntu, pilihlah close dan reboot komputer Anda.

7. Masuklah ke BIOS. Saat komputer Anda melakukan reboot, tekan tombol Delete ataupun F2 untuk masuk ke BIOS. Pada menu BIOS carilah boot order settings. Aturlah boot order komputer Anda untuk melakukan booting dari USB ataupun removeable device saat pertama kali komputer Anda dinyalakan. Setelah itu, pilihlah opsi Save and Exit pada BIOS.

8. Komputer Anda akan melakukan restart dan membawa Anda ke layar baru dengan opsi untuk menjalankan dan memasang Ubuntu. Karena kita telah memasang Ubuntu sebelumnya ke dalam flash drive, Anda bisa memilih opsi Run Ubuntu from this USB.

Jika Anda dapat melihat tampilan layar seperti dibawah ini, berarti Anda telah berhasil memasang Ubuntu versi 19.04. Selamat! Sekarang, Anda dapat memasang beberapa aplikasi. Cari dan pilihlah ikon Ubuntu Software Center pada bagian kiri toolbar di layar Anda.

9. Setelah pemasangan, pastikan Anda mengklik ikon Install Ubuntu jika Anda ingin memasang Linux secara permanen pada komputer Anda.

10. Pilihlah jenis aplikasi ataupun game yang ingin Anda pasang. Untuk mencari nama aplikasi tertentu, gunakan kotak pencarian yang berada pada bagian ujung kanan atas jendela Software Center. Lakukan pencarian dengan opsi application type juga bisa dilakukan pada menu yang berada di bagian kiri.

11. Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda pasang, Anda dapat dengan mudah mengklik aplikasi tersebut untuk memasangnya. Sekarang, Anda dapat menikmati versi gratis Ubuntu 19.04 dengan semua aplikasi favorit Anda.

Peringatan
Ingat, mengubah pengaturan tambahan pada BIOS dapat menyebabkan masalah hardware.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

0 Response to "Memasang OS Linux Pada Flash Drive Dan Aplikasi Versi Portabel Di Dalamnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel