Cara Memasang VGA Card Pada Komputer

Sebuah komputer personal dapat menampilkan grafis yang cukup layak denga chip yang terintegrasi pada motherboard. Jika Anda ingin memiliki kualitas grafis yang lebih baik saat aktifitas gaming, mengedit video ataupun desain grafis, Anda sebaiknya memasang kartu grafis atau vga add-on pada perangkat komputer kesayangan anda. Memasang kartu grafis cukup mudah, tetapi hal tersebut memakan waktu dan perhatian.

https://www.kupaskomputer.com/2020/04/cara-memasang-vga-card-pada-komputer.html

Hal Yang Anda Butuhkan


  • Kartu Grafis
  • Obeng kecil non-magnetis
  • Gelang tangan antistatis


Instruksi

1. Pastikan jenis slot ekspansi apakah yang dimiliki komputer Anda. ada beberapa macam jenis ekspansi slot yang dimiliki oleh komputer, seperti PCI, PCI-e, pci-e2.0 dan AGP. Anda bisa menentunkan jenis slot apakah yang digunakan komputer Anda dengan memperhatikan motherboard, ataupun membaca skema motherboard pada buku petunjuk komputer Anda. Anda juga bisa melakukan pencarian pada Google untuk mendapatkan petunjuk motherboard secara online.

2. Hapuslah driver kartu grafis lama Anda. untuk menghapus driver, carilah Windows Device Manager. Pada Device Manager, klik dua kali nama kartu grafis Anda untuk menampilkan jendela Properties. Klik pada tab Driver dan lalu tekan tombol untuk menghapus driver tersebut.

3. Matikan komputer Anda. Cabutlah kabel daya pada bagian belakang, atau cabut kabel tersebut dari colokan listrik. Jika komputer Anda berjalan cukup lama sebelum Anda mematikannya, Anda sebaiknya membiarkan komputer Anda menjadi lebih dingin terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan kartu grafis.

4. Bukalah penutup komputer.

5. Tetap menyentuh bagian logam dari penutup komputer atau gunakan gelang tangan antistatis. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kejutan listrik dan dari merusak komponen elektronik yang dikarenakan listrik statis oleh tubuh Anda.

6. Carilah slot kartu grafis Anda. Hal ini tergantung pada konfigurasi komputer dan motherboard Anda. Anda mungkin harus meletakkan karti grafis pada bagian sisi kartu grafis tersebut.

7. Cabutlah kartu grafis lama Anda. Pertama-tama Anda harus membuka sekrup kecil yang terdapat pada pelat belakang kartu grafis sebelum Anda mencabutnya.

8. Pasanglah kartu grafis baru Anda. tekanlah kartu grafis tersebut secara perlahan-lahan kedalam slot. Pastikan kartu grafis tersebut ditekan cukup rapat, atau komputer Anda tidak akan berjalan jika kartu grafis Anda tidak cukup rapat terpasang. Slot AGP sedikit lebih rumit daripada slot PCI. Dan pastikan Anda memasang kabel daya yang cocok dari suplai daya Anda jika karti grafis Anda membutuhkannya.

9. Pasang kembali sekrup pada bagian belakang pelat kartu grafis.

10. Pasang kembali penutup komputer. Dan colok kembali kabel daya ke colokan listrik.

11. Pasanglah driver kartu grafis baru Anda. jika Anda memasang kartu grafis Anda tersebut pada Windows 7 atau diatasnya, Windows akan secara otomatis mendeteksi keberadaan kartu grafis dan memasang driver baru tersebut untuk Anda, tetapi Anda jangan bergantung terhadap hal ini, semua kartu grafis biasanya memiliki CD driver. Masukkan CD tersebut untuk memasang driver dari CD untuk kartu grafis Anda.

12. Lakukan restart pada komputer Anda. Hal ini akan menyelesaikan proses konfigurasi driver dan membuat komputer Anda mengenali dan bekerja dengan kartu grafis baru Anda. Jika Anda mendengar suara dari komputer Anda, matikan komputer, buka penutupnya, cabut kartu grafis Anda dan bersihkan slot dengan udara yang dikompresi, lalu pasang kembali kartu grafis Anda. Jika masalah ini terus berlanjut, cobalah membawa komputer Anda ke tempat reparasi komputer.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memasang VGA Card Pada Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel