Cara Memasang Dua Kartu Grafis Dalam Satu Komputer

Memasang dua kartu grafis cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Hal itu juga tergantung pada sistem yang Anda gunakan untuk mempersiapkan penggunaan dua kartu grafis. Apakah Anda menggunakan SLI oleh NVIDIA, ataupun Crossfire oleh ATI. Instruksi dibawah ini akan menjelaskan penggunaan dua kartu grafis berdasarkan teknologi SLI oleh NVIDIA.

https://www.kupaskomputer.com/2020/04/cara-memasang-dua-kartu-grafis-dalam-satu-komputer.html

Instruksi

1. Pastikan motherboard Anda kompatibel dengan penggunaan dua kartu grafis. Entah itu dengan memeriksa buku petunjuk motherboard Anda, atau, Anda bisa mengeceknya pada situs web pabrikan motherboard Anda.

2. Matikan komputer Anda, dan cabut semua kabel daya komputer Anda.

3. Lepaskan penutup samping komputer Anda, atau seluruh penutup komputer. Tergantung bagaimana penutup komputer Anda itu diatur.

4. Carilah dua slot PCI Express, dimana nantinya Anda akan memasang kartu grafis Anda pada slot tersebut.

5. Tergantung pada jenis motherboard yang Anda gunakan, Anda bisa menekan tuas posisi Single/SLI Video Card ke posisi dua kartu grafis. Tuas ini terletak diantara dua slot PCI express untuk kartu grafis. Pada beberapa motherboard dengan model terbaru, tuas ini tidak diperlukan.

6. Masukkan kartu grafis satu-persatu dan tekan kartu grafis Anda tersebut dengan rapat pada posisinya.

7. Sambungkan bridge yang disuplai dengan motherboard Anda. Bridge tersebut menyambungkan dua sisi atas dari tiap kartu grafis. Bridge tersebut memiliki ukuran yang bermacam-macam. Jika salah satu ukuran termasuk pada motherboard Anda, ukuran tersebut adalah ukuran yang benar untuk direntangkan diantara dua kartu grafis.

8. Lagi, tergantung pada motherboard, Anda mungkin harus menyambungkan konektor molex PSU 4 pin, atau dapat disebut juga sebagai Easy Plug Molex. Konektor ini akan menambahkan daya tambahan yang berjalan pada kartu grafis Anda. Juga, tergantung  dengan kartu grafis yang Anda gunakan, Anda harus menyambungkan tiap kartu grafis pada suplai daya komputer Anda.

9. Setelah pemasangan fisik selesai, pasanglah driver kartu grafis Anda, dan lakukan reboot pada komputer Anda.

10. Anda seharusnya mendapatkan pesan dari control panel NVIDIA Anda, bahwa sistem Anda di konfigurasi untuk menggunakan banyak GPU. Klik untuk mengaktifkannya.

11. Anda harus mengaktifkan mode SLI agar dapat menggunakan dua kartu grafis. Setelah pengaturan ini, Anda mungkin harus melakukan booting pada komputer Anda.

Tips & Peringatan

Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu monitor dengan kartu grafis Anda, perhatikan bahwa jika mode SLI diaktifkan, hanya satu monitor yang dapat didukung. Anda harus menggunakan hardware tambahan agar bisa menggunakan dua monitor.

Dengan mode SLI oleh NVIDIA, Anda harus menyambungkan dua kartu grafis dengan chipset yang sama. Contohnya, 1 MSI 950 dan 1 INNO3D 950 bisa disambungkan.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Cara Memasang Dua Kartu Grafis Dalam Satu Komputer"