Cara Menambahkan RAM Pada Komputer Desktop Anda

Kita semua tahu bahwa perkembangan teknologi komputer semakin hari semakin cepat. Dan Anda mengharapkan banyak hal ketika membeli komputer desktop baru. Anda membayangkan saat kita pertama kali menyalakan komputer baru Anda tersebut, semuanya akan berjalan cepat dan lancar. Menjalankan aplikasi dan berpindah antara beberapa program tidak akan memakan banyak waktu sama sekali, dan menjalankan web browser Anda hanya membutuhkan beberapa saat.


https://www.kupaskomputer.com/2020/03/cara-menambahkan-ram-pada-komputer-desktop-anda.html

Pada awalnya, mungkin akan seperti itu. Tetapi lama kelamaan, dengan adanya aplikasi baru yang membutuhkan banyak tempat pada hard drive Anda, komputer Anda akan bereaksi lebih lambat. Terlebih lagi jika Anda suka mengedit dan mengatur foto digital. Jika iya, Anda mungkin mengisi hard drive Anda dengan gambar-gambar yang tidak terhitung banyaknya dari kartu memori Anda. Ataupun mengedit video, yang bahkan bisa membutuhkan ruang hard drive dan daya proses komputerAnda yang lebih besar.

Jadi, apakah yang Anda lakukan? Untungnya, ada cara mudah dan terjangkau untuk menyesuaikan komputer Anda dengan perkembangan dunia digital yang tampaknya tidak pernah melambat. Dengan menambahkan ataupun meng-upgrade RAM (random access memory), Anda dapat melihat perbedaan dalam performa processing komputer Anda.


Memilih RAM Untuk Komputer Anda

Jadi, jika komputer Anda terlalu terbebani banyak pekerjaan, berapa banyak RAM yang Anda butuhkan? Jika Anda menggunakan komputer Anda hanya untuk email dan mengetik, Anda tidak membutuhkan RAM terlalu banyak. 512 MB – 1 GB sepertinya sudah cukup. Dan Anda harus ingat, meskipun komputer Anda terbilang baru, terkadang komputer Anda itu tidak memiliki memori yang cukup untuk beroperasi bahkan untuk pekerjaan yang paling dasar sekalipun.

Makin banyak processing yang Anda butuhkan untuk komputer Anda, makin banyak RAM yang Anda butuhkan. Jika Anda menggunakan komputer Anda dengan menjalankan beberapa program secara terus menerus, seperti email, web browser, mengetik, ataupun program untuk presentasi, komputer Anda membutuhkan RAM kira-kira 1 – 2 GB. Dan para hardcore gamer serta pekerja desain grafis yang menggunakan program modelling 3D mungkin membutuhkan RAM 2 GB atau lebih.

Pastikan juga bahwa RAM yang akan Anda pilih nanti cocok dengan slot RAM pada motherboard Anda.


Menambahkan RAM Ke Komputer Anda

Setelah mendapatkan RAM yang Anda butuhkan, saatnya memasang modul RAM ke dalam komputer Anda. Sebelum memulai, pastikan komputer Anda telah dipadamkan dan colokannya dicabut dari sumber listrik. Anda juga sebaiknya berpijak pada permukaan logam ataupun menggunakan pengikat lengan antistatis. Hal ini menghindari listrik elektrostatis yang dapat menghasilkan percikan. Listrik statis dapat merusak peralatan komputer, dan melakukan hal yang telah disebutkan diatas dapat menjaga komponen sensitif komputer Anda. Setelah membuka tutup atas dan samping komputer Anda dengan obeng, carilah slot RAM yang terletak pada motherboard komputer Anda. biasanya dalam satu motherboard terdapat 2 slot RAM, dan beberapa lainnya memiliki lebih dari 2. Jika semua slot telah terisi dengan modul RAM, Anda bisa mengganti modul RAM yang kecil dengan yang lebih besar. Cukup dengan membuka ‘kunci’ RAM, mencabut RAM lama Anda, lalu memasang RAM baru Anda.

Setelah Anda memasang RAM dan memasang penutup komputer Anda dengan aman dan benar, Anda dapat menjalankan komputer Anda. BIOS dan sistem operasi Anda seharusnya dapat mendeteksi RAM baru Anda secara otomatis. Dan sekarang komputer Anda akan booting lebih cepat, menjalankan aplikasi dengan lebih efisien serta berpindah antara satu program ke program lain dengan lebih mudah.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

0 Response to "Cara Menambahkan RAM Pada Komputer Desktop Anda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel