Tips Memilih VGA Card Terbaik untuk PC Gaming

Saat ingin merakit PC gaming, salah satu hal yang biasanya membuat bingung untuk dipilih yaitu VGA Card. Sekarang ini, perang chipset antara nVidia dan juga AMD memang semakin gencar. Saat nVidia mengeluarkan GPU seri terbarunya, AMD pun memperkenalkan seri GPU terbarunya untuk bisa bersaing dengan brand hijau tersebut.


Cara Memilih VGA Card Terbaik untuk PC Gaming

Nah, pada artikel kali ini Saya akan membagikan mengenai tips dalam memilih VGA Card terbaik untuk PC gaming Anda dengan lebih bijak. Di sini Anda kesampingkan dulu ego Anda sebagai fans nVidia atau pun AMD. Karena, poin penting dari tips ini ada pada poin paling bawah. Jadi, pastikan Anda membaca dengan baik artikel ini sampai selesai ya!


Utamakan brand dan vendor GPU

Saat ini ada dua brand ternama dalam dunia chipset grafis (GPU) ternama untuk PC yaitu nVidia dan juga AMD. Kedua brand ini memang bisa dikatakan sebagai saingan terbaik untuk GPU. Kedua brand ini sebenarnya hanya menyediakan chipset saja, sedangkan untuk keseluruhan kartu grafis ini biasanya akan dilemparkan ke berbagai vendor hardware lainnya lagi untuk diolah agar bisa menjadi VGA Card secara keseluruhan. Walaupun memang ada yang dinamakan founders edition, tapi biasanya itu tidak terlalu laku di pasaran. Karena, para user biasanya lebih memilih VGA Card yang berasal dari vendor seperti ASUS, MSI, EVGA, dan lai sebagainya. Ini karena, harga VGA Card founder edition memang biasanya lebih mahal dibandingkan VGA Card vendor. Selain itu, VGA card yang dibuat dari vendor biasanya sudah mendapatkan fitur OC (Overclocking).

Masing-masing brand biasanya memiliki tingkat GPU yang bisa Anda lihat melalui spesifikasi yang diberikan atau software khusus. Yang perlu diperhatikan dalam memilih GPU ini adalah clock speednya. Sama seperti processor (CPU) juga, semakin tinggi clock speednya, maka GPU tersebut tentunya akan lebih cepat dalam proses rendering juga. Antara nVidia dan AMD, memang masing-masing memiliki kelebihan dalam dunia grafis, baik itu gaming atau pun editing video.


Perhatikan jumlah core VGA

Selain clock speed pada GPU, terdapat juga yang namanya core. Core ini tentunya sudah Anda kenal juga pada CPU. Jika GPU tersebut memiliki jumlah core yang banyak, maka proses atau tugas yang bisa dikerjakan itu pasti bisa lebih banyak atau besar. Dengan ini tentunya game-game dengan tampilan grafis yang tinggi dan banyak efek, pasti akan lebih mudah untuk dijalankan.

Sebagai contoh misalnya, GPU yang memiliki jumlah core sebanyak 6 tentu akan lebih cepat dibandingkan dengan GPU yang hanya 3 core. Di mana masing-masing GPU ini akan dihadapkan pada 6 proses sekaligus.


Pilih yang konsumsi powernya rendah

VGA dengan nilai TDP (Thermal Design Power) yang tinggi biasanya akan membuat VGA menjadi ribut karena, panas yang dihasilkan memang bisa berlebih. VGA dengan TDP tinggi ini biasanya akan mengambil banyak konsumsi listrik juga. Untuk itu, dalam memilih VGA Card terbaik untuk PC gaming Anda, maka sebaiknya Anda pilih yang konsumsi powernya itu rendah.

Selain panas dan suara bising dari fan VGA tersebut, Anda pasti tidak ingin lebih rugi lagi dengan adanya pembengkakan biaya listrik. Apalagi listrik sekarang sudah dinaikkan lagi tarifnya.


Perhatikan memori dan bandwith VGA

Memori pada VGA merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan saat memilih VGA Card gaming. Semakina besar kapasitas memori yang digunakan oleh VGA tersebut, maka pasti VGA Card tersebut juga akan lebih cepat. Selain itu, perhatikan pula tipe memorinya. Tipe memori VGA tertinggi sekarang itu adalah GDDR5X, yang saat ini hanya digunakan untuk VGA Card terbaru dan tertinggi saat ini. Kecepatan dari tipe VGA Card GDDR5X ini bisa dikatakan 2 kali lipat dibandingkan GDDR5.

Selain dari tipe dan kapasitas memorinya tersebut, Anda juga memperhatikan bandwith memori dari VGA Card tersebut. Bandwith ini memiliki pengertian seperti dengan bandwith internet, yang mana itu adalah lebar jalur data yang bisa dilalui. Nah, kalau bandwith dari VGA Card tersebut besar, maka kecepatan dalam pengiriman data dari memori ke GPU tentunya akan lebih cepat juga. Ini tentunya akan membuata proses rendering semakin cepat, dan kemungkinan untuk mengalami lag saat bermain game pasti bisa berkurang.


Cek budget

Sebenarnya VGA Card terbaik, tercepat, dan yang ter lainnya ini tetap akan dikembalikan kepada total budget yang Anda miliki. Saya pribadi yang sering memberikan saran untuk memilih hardware untuk merakit PC gaming sering mentok pada masalah yang satu ini. PC gaming Saya ini pun, semua hardwarenya baru bisa terbeli selama 10 bulan. Karena, budget perbulan yang Saya siapkan, hanya cukup untuk membeli satu sampai dua perangkat saja.

Seperti yang kita ketahui bersama, kalau harga sebuah VGA Card dengan tipe GDDR5X ini di atas Rp. 5 jutaan kan! Maka dari itu, kalau memang Anda memiliki budget yang berada di bawah angka tersebut, mau tidak mau menabung lagi atau kalau sudah kebelet, maka akan memilih GDDR5 saja. Semua aspek yang telah Saya jelaskan di atas akan kembali lagi diperhitungkan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Untungnya setiap vendor telah membuat beberapa tipe VGA Card beradasarkan budgetnya. Misalnya saja perbandingan antara GTX 750 dan GTX 750TI, biasanya terpaut nominal cukup jauh.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Saya berikan untuk Anda saat ingin membeli VGA Card terbaik untuk merakit PC gaming Anda. Ingat, semua hal tentang hardware komputer ini akan kembali lagi pada yang namanya budget. Jadi, kalau memang Anda adalah seorang gamer dan ingin mencoba mendapatkan penghasilan dari hobi bermain game Anda tersebut, maka sebaiknya Anda membaca artikel Saya sebelumnya yang berjudul cara dapatkan uang dari hobi main game.

Post a comment for "Tips Memilih VGA Card Terbaik untuk PC Gaming"