Tips Membeli Laptop Keren dan Canggih dengan Harga Murah

Laptop merupakan perangkat komputer yang bisa dikatakan juga sebagai PC portable, karena mudah untuk dibawa kemana saja. Perkembangan laptop tentunya mengikuti juga perkembangan perangkat PC (hardware) saat ini. Misalnya saja pada bagian processornya yang menggunakan Intel sudah pada generasi ke 7 (Kabylake) atau AMD yang baru-baru ini memperkenalkan generasi terbarunya yang diberi nama AMD Ryzen.


5 LAPTOP MURAH TERBAIK MULAI SATU JUTAAN

Laptop yang sudah menggunakan processor generasi tersebut tentunya bisa terbilang laptop yang canggih dan keren, karena hardware yang ada di dalamnya juga pasti sudah menggunakan hardware-hardware terbaru.

Tapi, kalau Anda masih bingung untuk menentukan tipe laptop yang keren dan canggih seperti yang Anda inginkan, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips Saya berikut ini.


1. Kesampingkan dulu merek atau brand

Banyak dari kita selalu membeli barang elektronik hanya melihat dari brand atau mereknya saja. Hal itu sebenarnya sudah tidak berlaku lagi di jaman sekarang ini. Kalau jaman dulu kala, memang brand atau merek itu merupakan hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Tapi, jaman sekarang yang mana teknologi semakin maju, sudah banyak vendor-vendor baru bermunculan dengan membawa brand dan merek yang kualitas perangkatnya itu cukup menjanjikan.

Kita ambil sampel antara laptop dengan inisial “T” yang dulu dikenal lebih tahan banting dari merek “A”. Kalau masalah tahan banting saja sih bukanlah hal yang lumrah untuk diperdebatkan saat memilih sebuah laptop. Pada perangkat komputer seperti laptop yang digunakan untuk bekerja, menyimpan data, bermain game, dan lain sebagainya, maka yang diperlukan itu adalah performanya. Kan, tidak mungkin Anda membeli laptop hanya untuk dibanting sana sini, buat apa?

Malah, nama besar sebuah brand biasanya akan mempengaruhi harganya yang juga semakin mahal, tapi performanya masih begitu-begitu saja dari dulu, hanya mengandalkan tahan banting saja. Kenapa tidak sekalian membali pelat baja kalau hanya mencari perangkat yang tahan banting!


2. Cek spesifikasi yang dibutuhkan

Untuk mendukung performa dari sebuah laptop tentunya hal yang perlu diperhatikan itu adalah spesifikasinya. Kini laptop sudah bermacam-macam juga bentuk, jenis, dan juga tipenya. Ada laptop yang memiliki mode sampai pada 6 in 1, ada laptop gaming, laptop office, laptop untuk pelajar, dan lain sebagainya. Setiap tipe laptop tersebut tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kebutuhan Anda.

Kalau Anda ini adalah seorang gamer, maka Anda jangan memilih laptop pelajar, karena spesifikasi dari laptop pelajar itu biasanya hanya untuk kebutuhan pengerjaan tugas makalah saja. Kalau Anda memang seorang pekerja kantoran yang cukup sibuk, maka Anda sebaiknya membeli laptop yang spesifikasi sedikit lebih tinggi dari laptop pelajar. Ini dikarenakan, laptop untuk office biasanya membutuhkan proses yang lebih cepat. Jadi, pilihlah laptop yang memiliki prosessor minimal Core i5 dengan RAM minimal 4GB, serta telah dilengkapi dengan GPU Intel HD 5000 tau 6000 series.

Akan tetapi, kalau Anda ini pekerja kantoran yang bekerja pada dunia editing atau desain grafis seperti editing gambar atau rendering video, maka Anda sebaiknya memilih laptop minimal spesifikasi gaming.


3. Cek garansi dan nilai jual kembali

Untuk masalah garansi dan juga harga jual kembali ini, sebenarnya dikembali lagi kepada laptop yang memiliki brand terkenal. Karena, seperti yang telah Saya bahas di atas, laptop dengan brand ternama memang memiliki cukup banyak peminat, walaupun itu dalam kondisi bekas. Garansi dari brand ternama juga biasanya lebih lama dan memiliki banyak cabang service centernya. Akan tetapi, itu sebenarnya dikembalikan lagi kepada Anda sebagai pengguna laptop tersebut. Apakah memang Anda menggunakan laptop itu sebagai tameng saat berperanga, karena iming-iming tahan banting, atau memang hanya mencari performa dari laptop.

Apalagi saat ini sudah banyak juga laptop yang hardwarenya itu bisa untuk dibongkar dan diganti seperti perangkat PC. Jadi, tentunya akan semakin mudah saat ingin melakukan pergantian hardware saat ada kerusakan. Selain itu, kalau Anda memang menyayangi laptop Anda, pastikan Anda merawat laptop dengan baik. Kalau Anda mengetahui cara merawat laptop dengan baik, maka klaim garansi pasti tidak akan Anda gunakan.


4. Cek budget Anda

Kembali lagi ke masalah budget. Di mana-mana saat Anda ingin membeli sebuah perangkat komputer baik itu laptop atau pun PC, pasti yang perlu diperhatikan di sini adalah budget. Semakin besar budget yang Anda sediakan, maka semakin bagus pula laptop yang bisa Anda dapatkan. Misalnya Anda memiliki budget sebesar Rp. 15 jutaan, maka Anda bisa mendapatkan sebuah laptop dengan tipe ASUS ROG (Republic Of Gaming) dengan RAM 8GB, dan VGA yang sudah GDDR5. Dan saya ingatkan kembali bahwa tidak ada "laptop murah terbaik mulai satu jutaan".

Tapi, kalau budget Anda tersebut hanya sekitar Rp. 4 jutaan dan berharap untuk bisa mendapatkan laptop gaming, maka Anda pasti akan mendapatkan laptop dengan performa gaming yang rendah. Saya sebelumnya pernah menuliskan artikel yang berjudul laptop gaming harga 4 jutaan untuk main game bola, yang mana ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang memiliki budget terbatas saat ingin membeli laptop gaming.


5. Laptop bekas sebagai alternatif

Kalau memang Anda mentok dengan masalah budget tersebut, tapi tetap gigih untuk bisa membeli laptop gaming, maka Anda bisa mempertimbangkan membeli laptop bekas saja sebagai alternatif. Anda bisa mencari toko yang memang menjual laptop bekas, atau bisa mencari dari berbagai forum dan sosial media yang menjual laptop bekas dengan spesifikasi gaming.

Nah, itulah 5 tips yang bisa Saya bagikan kepada Anda mengenai pemilihan laptop yang keren dan canggih atau yang terbaru saat ini. Semoga bisa membantu.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Tips Membeli Laptop Keren dan Canggih dengan Harga Murah"