Tips Agar Laptop Tidak Terserang Virus dan Trojan dari Internet

Menghindarkan laptop atau PC dari virus tentunya adalah hal yang cukup sulit. Apalagi bagi Anda yang masih awam untuk dunia komputer. Saya pribadi pernah menginstall ulang sebuah laptop dari 1 user 3 kali seminggu, hanya karena usernya memang masih baru mengenal komputer. Padahal sudah diberikan antivirus, tapi masih juga tetap terkena virus.


Tips Agar Laptop Tidak Terserang Virus dan Trojan dari Internet

Maka dari itu, Saya sendiri sudah mencoba mencari beberapa celah bagaimana agar virus tidak masuk ke laptop atau PC Anda. Tips yang akan Saya bagikan ini tentunya tidak akan membatasi Anda dalam menggunakan perangkat laptop atau pun ekternal lainnya. Mau tahu bagaimana tipsnya? Silahkan Anda simak di bawah ini.


1. Hindari situs yang tidak terpercaya

Situs-situs yang tidak terpercaya tentunya merupakan salah satu situr yang berpotensi menularkan virus atau trojan ke dalam komputer atau laptop Anda. Untuk bisa menemukan situs-situs yang berbahaya ini sebenarnya sudah sangat dipermudah dengan kecanggihan dari browser saat ini. Browser sudah memiliki kemampuan untuk mendeteksi situs-situs mana yang memang mengandung virus atau trojan tersebut.

Browser bahkan tidak akan menampilkan halaman dari situs tersebut, kalau di dalamnya dideteksi menyimpan virus atau trojan yang bisa menginfeksi komputer atau laptop Anda. Selain dari notifikasi browser, situs yang berbahaya ini pun biasanya berupa situs untuk download aplikasi atau software bajakan.


2. Cek pada add-on atau plugin browser

Browser memang bisa membantu dalam mendeteksi situs yang beresiko menyebarkan virus atau trojan. Tapi, sebuah browser bisa juga terinfeksi virus atau trojan melalui add-on atau plugin. Biasanya beberapa situs review atau download menyediakan beberapa opsi untuk mendownload file di dalamnya. Nah, saat Anda mengklik download, maka plugin atau add on trojan tersebut ikut terinstall di laptop atau komputer Anda. Untuk bisa mengatasi add-on atau plugin yang seperti ini, biasanya Saya menggunakan anti virus yang bisa melakukan scaning file internet sebelum download.


3. Scan flashdisk atau perangkat eksternal sebelum membukanya

Anti virus pada komputer memang sangatlah berguna untuk membantu dalam menghalangi kerja dari virus. Karena, biasanya anti virus tersebut akan langsung menghapus atau menon-aktifkan anti virus tersebut. Virus atau trojan yang biasanya banyak dari flashdisk atau perangkat eksternal pun bisa dihindari dengan melakukan scanning terlebih dahulu sebelum membuka isinya.

Satu trik juga dari Saya agar virus dari flashdisk atau perangkat eksternal tersebut tidak langsung masuk ke dalam komputer Anda yaitu, jangan pernah membuka melalui layar sebelah kanan. Selalu buka flashdisk atau perangkat eksternal melalui daftar drive yang ada di sebelah kiri layar eksplorer Windows Anda.


4. Backup sistem operasi

Tips lain yang bisa Anda manfaatkan agar terhindar dari virus atau trojan yang merusak data ini adalah dengan melakukan backup pada sistem operasi. Virus atau trojan ini tentunya bekerja menginfeksi sistem operasi Anda, lalu kemudian masuk pada setiap ekstensi file yang diperintahkan seperti dokumen, execution (program), video, musik, dan juga gambar. Virus atau trojan tersebut biasanya akan menyembunyikan file asli, dan lalu merubah dirinya menjadi nama dari file tersebut, agar virus ini bisa bekerja lebih dalam lagi pada komputer Anda. File yang duplikat dalam jumlah besar tentunya akan membuat komputer atau laptop Anda terasa berat. Maka dari itu, lakukan backup sistem operasi Anda, atau mengaktifkan fitur system restore point.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a comment for "Tips Agar Laptop Tidak Terserang Virus dan Trojan dari Internet"